7 Pemain Portugal yang Pernah Berseragam Everton sebelum Beto

Belum ada yang mencapai level bintang di Everton

Untuk memperkuat lini serang yang dinilai kurang tajam, Everton pun mendatangkan penyerang dari Udinese, Selasa (29/8/2023). Dia adalah Norberto Bercique Gomes Betuncal atau yang biasa dikenal dengan nama Beto. Penyerang asal Portugal ini didapatkan dengan biaya 25 juta euro (Rp413 miliar).

Beto bukan satu-satunya pesepak bola Portugal yang pernah berseragam Everton. Sebelum dirinya, pernah ada tujuh pemain asal Portugal yang pernah mencatatkan laga bersama klub asal kota Merseyside ini. Siapa sajakah mereka?

1. Abel Xavier menyebrang ke tim rival

7 Pemain Portugal yang Pernah Berseragam Everton sebelum BetoAbel Xavier (twitter.com/LFC)

Pesepak bola Portugal pertama yang bermain untuk Everton ialah Abel Xavier. Bek sayap yang terkenal dengan rambutnya yang nyentrik ini bergabung pada musim panas 1999 dari PSV Eindhoven. Xavier bermain tak begitu bagus selama 2,5 tahun (1999--2002) berseragam The Toffees dengan mencatatkan 45 penampilan saja. Saat pindah pada Januari 2002, Xavier justru menyebrang ke Liverpool, tim yang notabene merupakan rival dari Everton.

2. Nuno Valente bertahan hingga pensiun di Everton

7 Pemain Portugal yang Pernah Berseragam Everton sebelum BetoNuno Valente (evertonfc.com)

Bermain cukup menonjol ketika membawa FC Porto juara Liga Champions 2003/2004, Nuno Valente pun mulai dikenal publik. Setahun setelahnya, ia pun diboyong oleh Everton ke Goodison Park. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini bermain selama 4 tahun (2005--2009) dengan menorehkan 60 laga saja. Setelah membela Everton, Valente tak lagi pindah ke klub manapun. Sebab, ia memilih untuk pensiun.

3. Manuel Fernandes jalani masa yang singkat

7 Pemain Portugal yang Pernah Berseragam Everton sebelum BetoManuel Fernandes (evertonfc.com)

Manuel Fernandes pernah 2 kali berseragam Everton sebagai pemain pinjaman dari 2 klub berbeda. Pada kesempatan pertama atau tepatnya pada paruh kedua musim 2006/2007, Fernandes dipinjamkan oleh SL Benfica selama setengah musim. Pada momen itu, Fernandes mencatat 9 laga dengan torehan 2 gol dan 1 assist. Sedangkan, masa keduanya terjadi pada paruh kedua musim 2007/2008 di mana Fernandes dipinjam dari Valencia. Pada kesempatan ini, Fernandes mencatat 15 laga dengan sumbangan 3 assist.

Baca Juga: Bruno Fernandes Jadi Kapten MU, Apa Alasannya?

4. Andre Gomes masih berseragam Everton hingga sekarang

7 Pemain Portugal yang Pernah Berseragam Everton sebelum BetoAndre Gomes (premierleague.com)

Saat pertama kali didatangkan pada musim 2018/2019, Andre Gomes datang sebagai pemain pinjaman dari Barcelona. Setelah itu, ia pun dipermanenkan dengan biaya 25 juta euro (Rp413 miliar) karena permainannya yang memuaskan. Selama berseragam Everton, penampilan Gomes cukup memuaskan di lini serang. Hingga sekarang, Gomes masih berseragam Everton.

5. Joao Virginia harus puas jadi penghangat bangku cadangan

7 Pemain Portugal yang Pernah Berseragam Everton sebelum BetoJoao Virginia (evertonfc.com)

Joao Virginia merupakan kiper asal Portugal yang promosi ke tim utama Everton pada 2019. Akan tetapi, ia jarang bermain di tim utama karena lebih sering dipinjamkan. Reading (2019/2020), Sporting CP (2020/2021), dan SC Cambuur (2022/2023), pernah menjadi destinasi peminjamannya. Saat ini, ia masih berseragam Everton, tapi ia harus puas menjalani peran sebagai kiper cadangan. Sebab, Virginia dinilai kalah menonjol dari Jordan Pickford dalam beberapa musim terakhir.

6. Ruben Vinagre hanya hadir semusim

7 Pemain Portugal yang Pernah Berseragam Everton sebelum BetoRuben Vinagre (evertonfc.com)

Pada musim 2022/2023 lalu, Everton pernah meminjam pemain Portugal dari Sporting CP. Sosok tersebut adalah Ruben Vinagre, bek kiri yang sebelumnya pernah bermain untuk Wolverhampton Wanderers. Saat berseragam Everton, penampilan Vinagre tak begitu mengesankan. Ia hanya mencatat empat laga yang membuatnya tak jadi dipermanenkan.

7. Youssef Ramalho Chermiti baru didatangkan dari Sporting CP

7 Pemain Portugal yang Pernah Berseragam Everton sebelum BetoChermiti (evertonfc.com)

Youssef Ramalho Chermiti merupakan penyerang muda asal Portugal yang memiliki darah Tunisia. Sebetulnya, Chermiti baru bergabung dengan Sporting CP pada 11 Agustus 2023 lalu. Sebagai pemain muda, Chermiti harus bekerja keras untuk mendapatkan menit bermain yang lebih leluasa. Hingga pekan ketiga English Premier League 2023/2024 ini, Chermiti baru mencatatkan 1 laga dengan rincian 24 menit bermain.

Dengan uang besar yang dikeluarkan Everton, kehadiran Beto tentu sangat diharapkan untuk memberikan dobrakan di lini serang The Toffees. Untuk mendapatkan posisi utama, Beto harus bersaing dengan Dominic Calvert Lewin, Neal Maupay, dan Youssef Ramalho Chermiti. Meski harus bersaing, penampilan apiknya saat masih membela Udinese dua musim terakhir, tampaknya membuat Beto unggul.

Baca Juga: Wolves Permalukan Everton di Kandangnya

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya