7 Pemain Prancis Terakhir yang Berseragam Aston Villa sebelum Diaby

Tambahan amunisi untuk sisi sayap The Villans

Aston Villa semakin memperkuat skuadnya dengan mendatangkan deretan pemain baru. Setelah mendatangkan Youri Tielemans dan Pau Torres, kini The Villans mendatangkan Moussa Diaby dari Bayer Leverkusen, Minggu (23/7/2023). Uang sebesar 55 juta euro (Rp919 miliar) menjadi mahar dalam transfer kali ini.

Aston Villa bukan sekali kedatangan pesepak bola asal Prancis. Sebelum Diaby, terdapat 13 pesepak bola Prancis yang pernah berseragam Aston Villa. Sebagai gambaran, berikut ini ulasan mengenai tujuh yang pemain Prancis terakhir yang berseragam Aston Villa sebelum Moussa Diaby.

1. Aly Cissokho

7 Pemain Prancis Terakhir yang Berseragam Aston Villa sebelum DiabyAly Cissokho (avfc.co.uk)

Aly Cissokho merupakan bek berkebangsaan Prancis yang kerap berpindah tim. Bek keturunan Senegal ini pernah berseragam Aston Villa dari 2014 hingga 2017. Sayangnya, Cissokho hanya efektif bermain di Aston Villa selama 2 tahun dengan mencatatkan 58 pertandingan.

2. Jordan Veretout

7 Pemain Prancis Terakhir yang Berseragam Aston Villa sebelum DiabyJordan Veretout (ligue1.com)

Jordan Veretout bergabung dengan Aston Villa dari FC Nantes pada 2015. Namun, karier pemain yang berposisi sebagai gelandang ini tidak berjalan mulus. Dari 2 tahun (2015--2017) kebersamaannya di Aston Villa, ia hanya tampil dalam semusim (2015/2016). Oleh karena itu, Veretout hanya mencatat 29 laga dengan kreasi 5 assist. Sementara itu, satu musim sisanya Veretout jalani sebagai pemain pinjaman di Saint Etienne.

3. Jordan Amavi

7 Pemain Prancis Terakhir yang Berseragam Aston Villa sebelum DiabyJordan Amavi (avfc.co.uk)

Jordan Amavi menjadi bagian dari skuad Aston Villa selama 3 tahun. Momen tersebut terjadi saat ia pertama kali datang pada musim panas 2015 dari OGC Nice. Setelah menjalani 2 musim pertamanya (2015--2017), Amavi pun pindah ke Olympique Marseille. Permainan apiknya di Marseille membuatnya dipermanenkan dan akhirnya berpisah dengan Aston VIlla pada musim panas 2018.

Baca Juga: 10 Fakta Villa Park, Stadion yang Jadi Markas Aston Villa

4. Frederic Guilbert

7 Pemain Prancis Terakhir yang Berseragam Aston Villa sebelum DiabyFrederic Guilbert (avfc.co.uk)

Pada musim dingin 2019, Aston Villa pernah mendatangkan seorang bek kanan asal SM Caen bernama Frederic Guilbert. Bek kelahiran kota Valognes ini tak langsung bermain di Aston Villa. Namun, ia kembali dipinjamkan ke SM Caen hingga akhir musim 2018/2019. Saat berseragam Aston VIlla, Guilbert aktif bermain selama 2 musim (2019--2021). Namun sayang, ia tak begitu gemilang sehingga terus dipinjamkan ke RC Strasbourg. Ia pun akhirnya dilepas secara gratis pada musim dingin 2023.

5. Morgan Sanson

7 Pemain Prancis Terakhir yang Berseragam Aston Villa sebelum DiabyMorgan Sanson (avfc.co.uk)

Aston Villa cukup sering berhubungan dengan Olympique Marseille. Kedatangan Morgan Sanson pada musim dingin 2021 menjadi salah satu buktinya. Gelandang kelahiran Saint-Doulcard ini bermain cukup apik di Marseille, tapi tak begitu mentereng di Aston Villa. Sejak bergabung dengan Aston VIlla, Sanson kerap menjadi penghangat bangku cadangan. Bahkan, pada musim 2022/2023 lalu, Sanson dipinjamkan ke RC Strasbourg.

6. Lucas Digne

7 Pemain Prancis Terakhir yang Berseragam Aston Villa sebelum DiabyLucas Digne (avfc.co.uk)

Lucas Digne didatangkan pada musim dingin 2022 dari Everton. Mantan bek kiri AS Roma dan Barcelona ini memiliki performa yang cukup baik saat berseragam The Villans. Ia aktif dalam menyerang dan solid dalam bertahan. Namun sayang, penampilan apik Digne ini kerap terganggu karena cedera yang kerap ia derita.

7. Boubacar Kamara

7 Pemain Prancis Terakhir yang Berseragam Aston Villa sebelum DiabyBoubacar Kamara (avfc.co.uk)

Pemain Prancis terakhir yang bergabung dengan Aston Villa sebelum Moussa Diaby adalah Boubacar Kamara. Gelandang bertahan muda keturunan Senegal ini diboyong secara gratis pada musim panas 2022 lalu. Pada musim pertamanya, Kamara sempat mengalami kendala karena cedera. Namun, permainannya bisa jauh membaik ketika cederanya pulih.

 

Moussa Diaby akan menjadi tambahan tenaga yang signifikan untuk Aston Villa pada musim 2023/2024 mendatang. Terlebih lagi, jika Diaby mampu bermain apik layaknya kala ia berseragam Bayer Leverkusen. Pada musim lalu, Diaby mencetak 14 gol dan 10 assist dari 48 laga.

Baca Juga: 15 Potret Moussa Diaby, Winger Prancis Andalan Bayer Leverkusen

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya