6 Pemain EPL 2023/2024 yang Dibawa Timnas Senegal ke Piala Afrika 2023

Siap mempertahankan gelar juara!

Berstatus sebagai juara bertahan, Timnas Senegal tentu siap untuk mempertahankan gelar juara pada Piala Afrika 2023. Untuk berhasil meraih hal tersebut, Aliou Cisse memanggil deretan pemain terbaik Senegal yang tersebar di liga-liga seluruh dunia. Pemain-pemain English Premier League (EPL) pun tak luput dari pemanggilan.

Dari enam pemain Senegal yang bermain di EPL, seluruhnya berhasil mendapatkan tempat di skuad Lions of Teranga untuk Piala Afrika 2023. Siapa sajakah keenam nama tersebut? Yuk, simak ulasannya berikut!

1. Cheikhou Kouyate tetap dibutuhkan Senegal meski minim menit bermain di Nottingham Forest

6 Pemain EPL 2023/2024 yang Dibawa Timnas Senegal ke Piala Afrika 2023Cheikhou Kouyate (nottinghamforest.co.uk)

Cheikhou Kouyate menjalani peran yang tak begitu baik di Nottingham Forest. Pada usia 34 tahun, Kouyate hanya berperan sebagai pelapis di skuad The Tricky Trees. Kendati demikian, Timnas Senegal masih membutuhkan peran Kouyate di Piala Afrika 2023. Kouyate adalah pemain senior yang memiliki segudang pengalaman. Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini juga dinilai sebagai seorang pemimpin di skuad Lions of Teranga.

Baca Juga: 3 Klub EPL yang Paling Terdampak Piala Asia dan Piala Afrika 2023

2. Moussa Niakhate (Nottingham Forest) siap menjadi bek utama Senegal di Piala Afrika 2023

6 Pemain EPL 2023/2024 yang Dibawa Timnas Senegal ke Piala Afrika 2023Moussa Niakhate (twitter.com/moussa_nkt)

Moussa Niakhate memiliki peran vital di lini pertahanan Nottingham Forest dalam 2 tahun terakhir. Peran yang sama juga akan ia dapatkan kala bermain di Piala Afrika bersama Timnas Senegal. Pria berusia 27 tahun ini memang baru memiliki 5 caps di Timnas Senegal. Namun, tampaknya kali ini ia sudah siap untuk menjadi duet utama Kalidou Koulibaly di posisi bek tengah.

3. Fode Ballo Toure jarang bermain bersama Fulham

6 Pemain EPL 2023/2024 yang Dibawa Timnas Senegal ke Piala Afrika 2023Fode Ballo-Toure (fulhamfc.com)

Fode Ballo-Toure merupakan pemain yang dipinjam Fulham dari AC Milan untuk musim 2023/2024. Akan tetapi, Ballo-Toure jarang dimainkan Fulham karena kalah saing dari Antonee Robinson di posisi bek kiri. Meski begitu, Ballo-Toure tetap mendapatkan satu tempat di skuad Senegal. Pada Piala Afrika nanti, Ballo-Toure tampaknya harus bersaing dengan Ismail Jakobs untuk mendapatkan posisi utama.

4. Pape Matar Sarr sedang panas bersama Tottenham Hotspur musim ini

6 Pemain EPL 2023/2024 yang Dibawa Timnas Senegal ke Piala Afrika 2023Pape Matar Sarr (premierleague.com)

Pape Matar Sarr menjadi salah satu pemain Senegal yang sedang tampil panas di English Premier League 2023/2024. Penampilannya bersama Tottenham Hotspur sukses menarik perhatian. Dengan performa yang tengah impresif itu, Aliou Cisse pun tak mau melewatkan kesempatan untuk menyertakan potensi gelandang berusia 21 tahun ini di dalam skuad. Sarr sendiri diprediksi bakal menjadi gelandang utama Timnas Senegal di Piala Afrika 2023. 

5. Nicolas Jackson (Chelsea) siap bertarung di Piala Afrika 2023

6 Pemain EPL 2023/2024 yang Dibawa Timnas Senegal ke Piala Afrika 2023Nicolas Jackson (chelseafc.com)

Nicolas Jackson baru mencatat 3 caps tanpa 1 pun gol bersama Timnas Senegal. Pada Piala Afrika 2023, tampaknya Jackson sudah siap untuk bertarung dan mencetak gol pertamanya untuk Senegal. Dengan performa yang ia tunjukkan bersama Chelsea, bukan hal yang tidak mungkin jika Jackson akan tampil panas. Ia memiliki peluang besar untuk menjadi penyerang utama Timnas Senegal pada ajang ini.

6. Idrissa Gana Gueye (Everton) memiliki satu tempat di lini tengah Senegal

6 Pemain EPL 2023/2024 yang Dibawa Timnas Senegal ke Piala Afrika 2023Idrissa Gana Gueye (twitter.com/IGanaGueye)

Idrissa Gana Gueye tampaknya telah memiliki satu tempat di lini tengah Senegal. Dalam beberapa tahun terakhir, Gueye selalu menjadi pemain andalan Aliou Cisse di lini tengah. Hal ini juga sejalan dengan performa apiknya bersama Everton pada musim 2023/2024. Gelandang berusia 34 tahun ini terkenal memiliki daya jelajah serta juang tinggi. Besar kemungkinan Aliou Cisse bakal masih memercayakan satu tempat di lini tengah padanya di Piala Afrika 2023.

Keenam pemain ini tentu akan berjuang mati-matian agar Senegal mampu mempertahankan gelar juara Piala Afrika. Bermodalkan deretan pemain berkualitas, Timnas Senegal tentu berada di atas angin. Mampukah Senegal memenuhi target tersebut?

Baca Juga: 6 Penggawa Klub Eropa yang Dibawa Timnas Mesir ke Piala Afrika 2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya