4 Pemain Saudi Pro League yang Membela Senegal di Piala Afrika 2023

Deretan pemain senior dan tulang punggung tim

Saudi Pro League benar-benar meningkatkan kualitas kompetisi dengan deretan pemain jempolan yang mereka miliki. Pada bursa transfer musim panas 2023 lalu, banyak klub Arab Saudi yang mendatangkan pemain top dari liga-liga di Eropa. Hal ini membuat Saudi Pro League menjadi sorotan dunia.

Bahkan, tak sedikit pemain Saudi Pro League yang menjadi langganan tim nasional. Seperti empat pemain ini yang pada Piala Afrika 2023 akan membela Timnas Senegal. Mayoritas dari mereka adalah pemain berkualitas yang menjadi penopang Lions of Teranga. Siapa sajakah nama yang dimaksud?

1. Habib Diallo (Al Shahab) disiapkan untuk memberi kejutan

4 Pemain Saudi Pro League yang Membela Senegal di Piala Afrika 2023Habib Diallo (instagram.com/h_ina_diallo_20)

Habib Diallo menjadi salah satu penyerang yang ikut serta membawa Timnas Senegal juara pada Piala Afrika 2022. Akan tetapi, Diallo gagal tampil gemilang pada turnamen tersebut. Ia mendapatkan kesempatan tampil sebanyak tiga kali di fase grup, tetapi gagal mencetak satu gol pun.

Hal tersebut sempat berimbas kepada kiprahnya di timnas di mana ia tak dibawa pada Piala Dunia 2022. Kini, penyerang andalan Al Shahab ini telah kembali ke Timnas Senegal sebagai salah satu penyerang yang dibawa Aliou Cisse. Ia tampaknya siap bersaing untuk mendapatkan posisi penyerang utama yang kemungkinan akan diisi Nicolas Jackson atau Boulaye Dia.

Baca Juga: 3 Penggawa Klub EPL yang Dibawa Timnas Ghana ke Piala Afrika 2023

2. Kalidou Koulibaly (Al Hilal) tampil sebagai kapten dan bek utama

4 Pemain Saudi Pro League yang Membela Senegal di Piala Afrika 2023Kalidou Koulibaly (instagram.com/kkoulibaly26)

Kalidou Koulibaly adalah sosok pemain penting di skuad Timnas Senegal saat ini. Selain terkenal sebagai bek yang tangguh, Koulibaly juga memiliki peran sebagai kapten tim. Dengan hal ini, besar kemungkinan jika Koulibaly akan mengisi posisi utama di pos bek tengah.

Fakta tersebut juga didukung dengan performa apiknya bersama Al Hilal pada 2023/2024. Meski baru di klub asal Arab Saudi tersebut, Koulibaly sudah bisa tampil klop. Ia diprediksi akan melakukan hal yang sama dan lebih baik jika bermain bersama negaranya di Piala Afrika 2023.

3. Edouard Mendy (Al Ahli) kembali mengisi posisi kiper utama Senegal

4 Pemain Saudi Pro League yang Membela Senegal di Piala Afrika 2023Edouard Mendy (.instagram.com/edou_mendy)

Edouard Mendy masih dipercaya sebagai kunci di bawah mistar gawang Senegal pada Piala Afrika 2023. Mendy tampaknya sangat siap untuk melanjutkan kegemilangannya kala bermain pada Piala Afrika 2022. Kala itu, Mendy tampil sebagai pemain utama dan menjadi pahlawan kala Senegal menang di babak final melalui adu penalti.

Edouard Mendy merupakan sosok pemain yang hebat dan sangat layak untuk diandalkan. Meski bermain di Saudi Pro League bersama Al Ahli, Mendy masih sangat hebat. Untuk turnamen kali ini, ia tetap akan menjadi nomor satu di atas Seny Dieng dan Mory Diaw.

4. Sadio Mane (Al Nassr) akan sangat mengancam lawan dari sisi sayap

4 Pemain Saudi Pro League yang Membela Senegal di Piala Afrika 2023Sadio Mane (instagram.com/sadiomaneofficiel)

Dalam beberapa turnamen terakhir, Sadio Mane selalu menjadi bintang utama Timnas Senegal. Ia pun akan melakukan yang sama di Piala Afrika 2023. Meski tak lagi bermain di Eropa, Mane tetap akan sangat mengancam bagi lawan dari sisi sayap.

Pergerakannya yang cepat ditambah tembakan yang mengejutkan membuat Mane layak diandalkan. Kemampuan tersebut juga ia tunjukkan kala bermain di klub barunya, Al Nassr. Per awal Januari 2024, Mane sudah membuktikan diri sebagai seorang pemain tajam dengan torehan 12 gol dan 6 assist dari 28 laga.

Faktanya, Saudi Pro League menjadi salah satu pemasok pemain terbanyak di skuad Senegal pada Piala Afrika 2023. Jumlah empat pemain dari Saudi Pro League hanya kalah dari Ligue 1 yang menyumbang 11 pemain dan English Premier League yang memberikan 6 pemain. Bahkan, 3 dari 4 pemain dalam daftar ini pun merupakan tulang punggung Lions of Teranga.

Baca Juga: 3 Klub EPL yang Paling Terdampak Piala Asia dan Piala Afrika 2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya