6 Pemain yang Paling Sering Dimainkan Jose Mourinho di AS Roma

Jose Mourinho dan AS Roma sepakat hentikan kerja sama

Jose Mourinho resmi lengser dari posisinya sebagai manajer AS Roma. Keputusan ini didapat setelah kedua belah pihak setuju untuk menyelesaikan kerja samanya lebih dini pada Selasa (16/1/2024). Hasil kurang baik yang didapat AS Roma dalam beberapa minggu terakhir menjadi alasan utama lengsernya The Special One.

Saat melatih AS Roma, Jose Mourinho memiliki sejumlah nama yang telah ia anggap sebagai andalan. Pemain-pemain ini merupakan deretan pesepak bola yang memiliki jumlah permainan paling banyak di antara yang lain. Siapa sajakah pemain yang dimaksud?

1. Bryan Cristante menjadi pemain andalan Jose Mourinho di AS Roma (131 laga)

6 Pemain yang Paling Sering Dimainkan Jose Mourinho di AS RomaBryan Cristante (asroma.com)

Bryan Cristante menjadi salah satu nama yang melonjak performanya di bawah asuhan Jose Mourinho. Hal ini bisa terjadi karena Cristante memang menjadi pemain yang paling diandalkan Mourinho selama membesut AS Roma. Gelandang bertahan asal Italia ini mencatat 131 laga dengan torehan 6 gol dan 8 assist. Berkat Mourinho, kini Cristante menjabat sebagai wakil kapten skuad I Giallorossi.

2. Jose Mourinho percayakan 125 kali gawang AS Roma kepada Rui Patricio

6 Pemain yang Paling Sering Dimainkan Jose Mourinho di AS RomaRui Patricio (asroma.com)

Untuk posisi penjaga gawang, Jose Mourinho sangat memercayakan hal tersebut kepada Rui Patricio. Kiper asal Portugal ini mencatat 125 laga selama dilatih The Special One. Faktanya, Patricio merupakan pemain pertama yang didatangkan Mourinho ketika melatih AS Roma. Hal ini membuktikan bahwa Mourinho paham betul dengan kondisi tim yang akan dilatihnya.

3. Gianluca Mancini yang mencatat 122 laga sulit untuk tergantikan

6 Pemain yang Paling Sering Dimainkan Jose Mourinho di AS RomaGianluca Mancini (asroma.com)

Perkembangan Gianluca Mancini amat cepat ketika dilatih oleh Jose Mourinho. Bek muda asal Italia ini menjelma sebagai bek tangguh dan sulit untuk dilewati lawan. Tak heran Mourinho sangat gemar memainkan Mancini sebagai bek utama. Selama dilatih Mourinho, Mancini mencatat 122 penampilan dengan sumbangan 4 gol dan 5 assist.

Baca Juga: 10 Potret Gianluca Mancini, Bek Tangguh Andalan AS Roma

4. Tammy Abraham menorehkan 107 pertandingan sebelum cedera panjang

6 Pemain yang Paling Sering Dimainkan Jose Mourinho di AS RomaTammy Abraham (asroma.com)

Selain Rui Patricio, Tammy Abraham juga menjadi pemain yang didatangkan Jose Mourinho ketika awal melatih AS Roma. Penyerang asal Inggris ini dipercaya untuk menjadi ujung tombak andalan dalam 107 pertandingan. Dalam kurun waktu tersebut, Abraham mencetak 36 gol dan 13 assist. Pada Juni 2023, Abraham mengalami cedera ligamen yang membuatnya harus absen lama. Jika Abraham tak cedera, mungkin dirinya bisa menambah laga lebih banyak lagi.

5. Lorenzo Pellegrini (105 laga) memimpin laga sebagai kapten AS Roma

6 Pemain yang Paling Sering Dimainkan Jose Mourinho di AS RomaLorenzo Pellegrini (asroma.com)

Dengan statusnya sebagai kapten tim, Lorenzo Pellegrini tentu mendapatkan tempat tersendiri dalam benak Jose Mourinho. Selain memiliki peran besar, Pellegrini juga memiliki kemampuan hebat sebagai seorang gelandang dan pemain sayap. Ia merupakan pemain yang tangguh, kreatif, dan memiliki daya juang tinggi. Di bawah arahan Mourinho, Pellegrini mencatat 25 gol dan 19 assist dari 105 laga.

6. Stephan El Shaarawy dimainkan sebagai pemain rotasi dalam 103 laga

6 Pemain yang Paling Sering Dimainkan Jose Mourinho di AS RomaStephan El Shaarawy (asroma.com)

Stephan El Shaarawy mencatatkan 103 laga dengan torehan 18 gol dan 8 assist di bawah arahan Jose Mourinho di AS Roma. Akan tetapi, El Shaarawy jarang tampil dalam waktu penuh ketika dilatih The Special One. Pasalnya, pemain keturunan Mesir ini hanya diposisikan sebagai pemain rotasi. Ia kerap bermain sebagai starter dan tak jarang bermain sebagai pemain cadangan. Kendati demikian, El Shaarawy tetap memiliki kepercayaan tersendiri.

Setelah Jose Mourinho lengser, AS Roma kabarnya sedang membujuk Daniele De Rossi untuk mengisi posisi yang kosong. Legenda AS Roma itu dipercaya untuk mengisi posisi Mourinho karena memiliki hubungan yang kuat dengan suporter dan telah memiliki sedikit pengalaman dalam melatih. Sementara itu, Mourinho tampaknya akan menganggur terlebih dahulu sebelum menerima pinangan tim lain.

Baca Juga: 10 Potret Stephan El Shaarawy, Winger AS Roma yang Kece Abis!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya