6 Pemain Paling Sering Dimainkan Roy Hodgson di Crystal Palace

Oliver Glasner bersiap gantikan Roy Hodgson

Performa yang tak konsisten membuat Roy Hodgson harus berpisah untuk kedua kalinya dengan Crystal Palace. Manajer veteran berkebangsaan Inggris ini dipecat setelah hanya bertahan selama 11 bulan pada periode keduanya melatih The Eagles. Kesempatan ini mungkin menjadi kali terakhir bagi Roy Hodgson dalam melatih sebuah tim sepak bola.

Roy Hodgson sendiri pernah melatih Crystal Palace dalam dua periode berbeda. Periode pertama berjalan selama 4 tahun (2017--2021). Sementara itu, periode kedua Hodgson hanya dijalani selama kurang dari setahun (2023--2024).

Dalam dua kali kesempatannya melatih Crystal Palace, Hodgson tentu memiliki sejumlah pemain andalan. Pemain-pemain ini adalah deretan pesepak bola yang sering ia mainkan untuk meraih kemenangan. Siapa saja? Yuk, simak ulasan berikut ini! 

1. Luka Milivojevic menjadi pemain terlama yang memegang ban kapten

6 Pemain Paling Sering Dimainkan Roy Hodgson di Crystal PalaceLuka Milivojevic (premierleague.com)

Pemain yang paling sering diturunkan Roy Hodgson selama dua periode melatih Crystal Palace adalah Luka Milivojevic. Pemain asal Serbia ini memang dianggap sebagai seorang gelandang yang tangguh dan bisa memimpin skuad. Tak heran Milivojevic dipercaya sebagai kapten selama Roy Hodgson melatih Crystal Palace pada periode pertama.

Milivojevic juga sering dipercaya mengeksekusi tendangan penalti. Oleh karena itu, Milivojevic bisa mencetak 26 gol dan 6 assist dari 145 laga sebagai seorang gelandang bertahan.

2. Andros Townsend memainkan 140 laga selama periode pertama

6 Pemain Paling Sering Dimainkan Roy Hodgson di Crystal PalaceAndros Townsend (premierleague.com)

Andros Townsend merasakan masa penuh periode pertama (2017--2021) Roy Hodgson melatih Crystal Palace. Townsend juga menjadi pemain andalan Hodgson terutama untuk menyisir posisi sayap.

Townsend sering mengejutkan lawan sehingga Hodgson kerap memainkannya. Jika dihitung, Townsend memainkan 140 laga dengan torehan 13 gol dan 21 assist selama dilatih Roy Hodgson di Crystal Palace.

3. Roy Hodgson berperan besar mendongkrak nama Wilfried Zaha

6 Pemain Paling Sering Dimainkan Roy Hodgson di Crystal PalaceWilfried Zaha (premierleague.com)

Perlu diakui bahwa Wilfried Zaha mulai dikenal publik karena permainan apiknya selama berseragam Crystal Palace. Roy Hodgson menjadi sosok yang paling berperan dalam mendongkrak nama dan performa Zaha bersama The Eagles.

Pemain berkebangsaan Pantai Gading ini tampil tajam sebagai seorang pemain yang serba bisa. Total, ada 138 laga, 35 gol, dan 21 assist yang diciptakan Zaha selama dilatih Hodgson. Namun, Hodgson sendiri yang melepas Zaha secara gratis pada musim panas 2023.

Baca Juga: Wilfried Zaha, Mantan yang Sempat Sakiti Manchester United

4. Jeffrey Schlupp jadi pemain rotasi yang paling sering dimainkan Roy Hodgson

6 Pemain Paling Sering Dimainkan Roy Hodgson di Crystal PalaceJeffrey Schlupp (twitter.com/Jeffrey_Schlupp)

Jeffrey Schlupp memainkan 137 laga dengan sumbangan 12 gol dan 12 assist selama dilatih Roy Hodgson di Crystal Palace. Catatan tersebut membuat Schlupp berada di posisi keempat sebagai pemain andalan Roy Hodgson.

Akan tetapi, banyaknya laga yang dimainkan Schlupp tak berbanding lurus dengan peran yang ia jalani. Pasalnya, pemain asal Ghana ini lebih sering menjadi pemain rotasi. Ia kerap datang dari bangku cadangan dan tak jarang memainkan laga sebagai starter, namun digantikan pada pertengahan laga.

5. Jordan Ayew 133 kali dipercaya oleh Roy Hodgson

6 Pemain Paling Sering Dimainkan Roy Hodgson di Crystal PalaceJordan Ayew (premierleague.com)

Jordan Ayew merupakan salah satu pemain yang diboyong oleh Crystal Palace ketika dilatih Roy Hodgson. Penyerang asal Ghana ini sangat diandalkan sebagai seorang penyerang. Meski tak rajin mencetak gol, Ayew dinilai bisa beradaptasi dengan baik dan menyesuaikan permainan. Tak heran Hodgson mempercayainya hingga 133 kali. Dalam kurun waktu tersebut, Ayew mencetak 17 gol dan 15 assist.

6. James McArthur pensiun pada periode kedua Roy Hodgson melatih Crystal Palace

6 Pemain Paling Sering Dimainkan Roy Hodgson di Crystal PalaceJames McArthur (twitter.com/CPFC)

James McArthur kerap menemani Luka Milivojevic mengawal lini tengah Crystal Palace. Pemain asal Skotlandia ini dikenal sebagai seorang gelandang yang disiplin dan mampu mengatur alur permainan.

Dengan demikian, Hodgson memainkannya dalam 130 laga. McArthur sendiri mencatat 8 gol dan 13 assist dalam kurun waktu tersebut. McArthur sendiri telah pensiun pada akhir musim 2022/2023 kala Hodgson melatih Crystal Palace untuk kedua kalinya.

Untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan Roy Hodgson, Crystal Palace telah menunjuk Oliver Glasner. Pria asal Austria ini memang cukup mentereng kala melatih VfL Wolfsburg dan Eintracht Frankfurt di Bundesliga Jerman. Oleh karena itu, The Eagles tak segan memilih Glasner dan mengontraknya hingga 2026.

Baca Juga: Bek Crystal Palace Jairo Riedewald Bersedia Bela Timnas Indonesia

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya