6 Pemain St. Louis City 2023/2024 yang Pernah Main di Liga Top Eropa

Mayoritas pernah bermain di Bundesliga

St. Louis City merupakan peserta termuda di kompetisi Major League Soccer (MLS) 2023/2024. Klub asal negara bagian Missouri ini baru bergabung sebagai anggota MLS pada 2023. Itu artinya, musim ini merupakan musim pertama bagi St. Louis City.

Meski berstatus debutan, St. Louis City sukses menunjukkan performa terbaiknya. Hal ini terbukti dari peringkat klasemen MLS bagian barat. St. Louis City berada di posisi pertama. Ini tentu menjadi prestasi tersendiri bagi mereka.

Kehebatan ini ternyata telah direncanakan secara matang oleh tim St. Louis City. Pasalnya, manajemen St. Louis City turut membawa enam pemain yang berpengalaman bermain di liga top Eropa. Keenam nama tersebut mampu meningkatkan moral tim serta membawa tim berprestasi. Lalu, siapa sajakah keenam nama yang dimaksud?

1. Joakim Nilsson tampil dua musim di Bundesliga

6 Pemain St. Louis City 2023/2024 yang Pernah Main di Liga Top EropaJoakim Nilsson (stlcitysc.com)

Tepat sebelum bergabung dengan St. Louis City SC, Joakim Nilsson pernah 2 musim (2019--2022) bermain bersama Ariminia Bielefeld. Kala itu ia pernah tampil di Bundesliga Jerman dengan menit bermain yang cukup memuaskan dalam 2 musim, yakni pada 2020/2021 dan 2021/2022. Bahkan, Nilsson menjadi salah satu bek kunci dari Ariminia Bielefeld. Sayangnya, Nilsson gagal menghindarkan Ariminia Bielefeld dari zona degradasi untuk musim 2021/2022.

2. Eduard Lowen pernah membela tim medioker Bundesliga

6 Pemain St. Louis City 2023/2024 yang Pernah Main di Liga Top EropaEduard Lowen (mlssoccer.com)

Eduard Lowen merupakan seorang gelandang asal Jerman yang kini jadi motor serangan St. Louis City. Sebelum bergabung dengan St. Louis, Lowen pernah membela FC Nurnberg (2018/2019), Hertha Berlin (2019). FC Augsburg (2020), dan VfL Bochum (2021/2022). Permainannya kala itu cukup bagus dan menarik perhatian. Namun, ia tak bisa beranjak dari level tim medioker.

3. Catatan menit yang sedikit dari Tomas Ostrak

6 Pemain St. Louis City 2023/2024 yang Pernah Main di Liga Top EropaTomas Ostrak (mlssoccer.com)

Tomas Ostrak besar dari tim akademi FC Koeln. Sayangnya, ia tak bisa berkembang pesat karena menit bermain yang sangat sedikit. Jika ditotal, gelandang asal Republik Ceko ini hanya mencatatkan 5 laga di Bundesliga dengan rincian 26 menit. Itu Ostrak jalani pada musim 2021/2022. Untuk memperbaiki karier, ia pun pindah ke MLS untuk bergabung dengan St. Louis City SC.

Baca Juga: 5 Pemain Nottingham Forest yang Dilepas ke Klub MLS, Siapa Saja?

4. Roman Burki jadi kapten pertama St. Louis City

6 Pemain St. Louis City 2023/2024 yang Pernah Main di Liga Top EropaRoman Burki (mlssoccer.com)

Roman Burki adalah seorang kiper berpengalaman. Ia pernah memiliki karier yang cukup baik di Bundesliga, tepatnya bersama SC Freiburg (2014/2015) dan Borussia Dortmund (2015--2022). Bersama kedua tim tersebut, Burki menjalani peran sebagai kiper utama. Namun, kini ia datang ke MLS sebagai salah satu pemain jempolan. Bahkan, St. Louis City mempercayakan jabatan kapten kepadanya.

5. Joao Klauss gagal di TSG Hoffenheim

6 Pemain St. Louis City 2023/2024 yang Pernah Main di Liga Top EropaJoao Klauss (mlssoccer.com)

Joao Klauss adalah penyerang utama sekaligus penyerang paling produktif St. Louis City saat ini. Ia sangat tajam dan kuat sebagai seorang penyerang yang memiliki keuntungan dalam hal postur tubuh. Namun, hal tersebut tampaknya tak berguna kala ia bermain di Bundesliga bersama Hertha Berlin. Tepatnya pada musim (2020/2021), Klauss hanya mampu mencatatkan 4 laga dengan rincian 46 menit tanpa mencetak satu pun gol maupun assist.

6. Nicholas Gioacchini hanya jadi cadangan di Montpellier

6 Pemain St. Louis City 2023/2024 yang Pernah Main di Liga Top EropaNicholas Gioacchini (mlssoccer.com)

Selain Joao Klauss, St. Louis City SC pun memiliki Nicholas Gioacchini di lini serang. Ia pun tak kalah tajam dengan Klauss yang sama-sama telah mencetak sepuluh gol. Serupa dengan Klauss, Gioacchini juga gagal di Eropa, tepatnya di Ligue 1 Prancis. Pada musim 2021/2022, Klauss bermain untuk Montpellier dengan catata 28 laga, namun gagal cetak satu pun gol.

Skuad St. Louis City SC tampaknya sangat kental dengan aroma Bundesliga. Hal ini terbukti dari lima mantan pemain Bundesliga yang sekarang membela klub ini. Meski tak berada dalam satu tim dulunya, kini mereka saling membantu untuk membawa St. Louis City berprestasi di musim pertamanya.

Baca Juga: 4 Pemenang Ballon d'Or yang Pernah Bermain di MLS, Termasuk Messi

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya