7 Pemain Swedia di EPL 2023/2024, Ada Alexander Isak

Victor Lindelof paling senior

Swedia memiliki talenta hebat dari masa ke masa. Di English Premier League sendiri, beberapa pemain Swedia, seperti Zlatan Ibrahimovic, Sebastian Larsson, Freddie Ljungberg, Henrik Larsson, dan Olof Mellberg, sanggup tampil mentereng. Hal itulah yang kini sedang coba dilanjutkan oleh beberapa penerus sepak bola mereka.

Pada 2023/2024, ada total tujuh pemain asal Swedia yang merumput bersama tim EPL. Akan tetapi, tak semuanya tampil gemilang dan mendapatkan menit bermain yang cukup.

Siapa sajakah pemain Swedia di EPL 2023/2024? Dua di antaranya Alexander Isak (Newcastle United) dan Victor Lindelof (Manchester United).

1. Alexander Isak tampil tajam bersama Newcastle United

7 Pemain Swedia di EPL 2023/2024, Ada Alexander IsakAlexander Isak (nufc.co.uk)

Musim 2023/2024 adalah musim kedua Alexander Isak berseragam Newcastle United di Premier League. Akan tetapi, Isak belum bisa meraih posisi penyerang utama Newcastle United sepenuhnya. Pasalnya, Eddie Howe masih sering merotasinya dengan Callum Wilson. Kendati demikian, Isak mampu tampil hebat dan sangat tajam. Hal ini terbukti dari 6 gol yang dicatat Isak dalam 7 laga dari 8 gameweek yang telah dijalani.

2. Emil Krafth harus puas duduk di bangku cadangan Newcastle United

7 Pemain Swedia di EPL 2023/2024, Ada Alexander IsakEmil Krafth (nufc.co.uk)

Emil Krafth berada di tim yang sama dengan Alexander Isak. Musim ini merupakan musim ketiga Krafth di Premier League. Namun, ia telah kehilangan posisi utama di sisi bek kanan Newcastle United akibat permainan apik Kieran Trippier. Alhasil, ia pun lebih sering berada di bangku cadangan. Bahkan, Krafth belum bermain semenit pun di EPL 2023/2024 ini.

3. Dejan Kulusevski akhirnya ditebus permanen Tottenham Hotspur

7 Pemain Swedia di EPL 2023/2024, Ada Alexander IsakDejan Kulusevski (kanan) (premierleague.com)

Setelah 1,5 musim berstatus sebagai pemain pinjaman, Dejan Kulusevski akhirnya ditebus secara permanen dari Juventus oleh Tottenham Hotspur. Seperti musim sebelumnya, Kulusevski masih mendapatkan jatah bermain, meski tak melulu tampil penuh selama 90 menit. Kendati demikian, Kulusevski mampu memberikan dampak yang baik bagi Tottenham Hotspur. Dari 8 laga yang ia mainkan, winger keturunan Makedonia Utara ini telah mencetak 2 gol pada 2023/2024.

Baca Juga: 6 Pemain Israel yang Pernah Bermain untuk Big Six Premier League 

4. Anthony Elanga bergeser ke Nottingham Forest pada 2023

7 Pemain Swedia di EPL 2023/2024, Ada Alexander IsakAnthony Elanga (twitter.com/AnthonyElanga)

Setelah membela Manchester United selama 1,5 musim, Anthony Elanga bergeser ke Nottingham Forest pada 2023/2024. Winger keturunan Kamerun ini mendapatkan menit bermain yang lebih baik ketika berseragam klub barunya. Hal ini cukup masuk akal karena persaingan di Nottingham Forest tak seketat di Manchester United. Sejauh ini, Elanga telah mencetak 1 gol dan 1 assist dari 8 laga di kancah tertinggi Liga Inggris 2023/2024.

5. Robin Olsen jadi pelapis Emiliano Martinez di Aston Villa

7 Pemain Swedia di EPL 2023/2024, Ada Alexander IsakRobin Olsen (avfc.co.uk)

Robin Olsen memang diproyeksikan sebagai kiper cadangan ketika didatangkan Aston Villa. Ia pun harus puas menjadi pelapis Emiliano Martinez. Secara kualitas, Olsen memang tertinggal. Oleh karena itu, ia baru mencatat satu laga di Premier League 2023/2024 ini.

6. Victor Lindelof menjalankan peran dengan baik di Manchester United

7 Pemain Swedia di EPL 2023/2024, Ada Alexander IsakVictor Lindelof (premierleague.com)

Victor Lindelof menjadi pemain Swedia paling senior di Premier League saat ini. Jika dijumlahkan, maka Lindelof telah mencatat 166 laga sejak bergabung dengan Manchester United pada 2017. Bicara soal performanya pada 2023/2024 ini, Lindelof masih bisa disebut bagus. Dari 8 laga yang dijalani Manchester United, Lindelof ikut serta dalam 7 laga. Namun, kemungkinan besar Lindelof akan tergeser jika Raphael Varane dan Lisandro Martinez bisa dimainkan bersamaan.

7. Hjalmar Ekdal masih absen bersama Burnley karena cedera

7 Pemain Swedia di EPL 2023/2024, Ada Alexander IsakHjalmar Ekdal (burnleyfootballclub.com)

Nama yang terakhir ialah Hjelmar Ekdal, bek berusia 24 tahun yang bergabung dengan Burnley pada awal tahun 2023. Musim ini merupakan kali pertama Ekdal tampil di Premier League. Sebab, pada musim lalu, ia masih membantu Burnley promosi dari EFL Championship ke EPL. Sayangnya, Ekdal belum memiliki kesempatan untuk tampil. Cedera lutut mengharuskannya absen terlebih dahulu.

Hanya Alexander Isak, Anthony Elanga, Dejan Kulusevski, dan Victor Lindelof yang telah memiliki menit bermain memuaskan. Sedangkan, sisanya masih harus berjuang. Menurutmu, siapa pemain Swedia yang akan tampil paling mengesankan di English Premier League musim ini? 

Baca Juga: 6 Pemain Senegal yang Berseragam Tim Premier League 2023/2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya