Comscore Tracker

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama Barcelona

Sosok Carles Puyol sangat melegenda di Barcelona

Duet Xavi Hernandez dan Andreas Iniesta di lapangan tengah Barcelona memang sangat melegenda. Kombinasi kedua pemain asal Spanyol tersebut sukses membawa Lionel Messi meroket bersama Barcelona.

Namun, kedua pemain tersebut akhirnya meninggalkan Barcelona menjelang masa pensiun. Padahal, fans Barcelona sangat berharap kedua pemain tersebut bisa gantung sepatu di klub yang telah mereka sejak akademi ini.

Tak seperti Xavi dan Iniesta, sederet bintang ini punya kesempatan istimewa bisa pensiun di klub sebesar Blaugrana. Lalu, siapa sajakah lima pemain terakhir yang pensiun bersama Barcelona? Intip trivia sepak bola berikut ini, yuk!

1. Sergio Aguero

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama BarcelonaSergio Aguero (id.mancity.com)

Masalah jantung yang ia diderita membuat Sergio Aguero harus pensiun lebih cepat dari dugaannya. Mantan penyerang andalan Manchster City asal Argentina ini pensiun setelah setengah musim jadi bagian dari Barcelona.

Aguero memutuskan untuk pensiun pada 15 Desember 2021. Selama membela Barcelona, Aguero hanya mencatatkan 1 gol dari 5 laga resmi yang dijalani bersama Barcelona.  

2. Carles Puyol

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama BarcelonaCarles Puyol (fcbarcelona.com)

Carles Puyol merupakan sosok besar dan legenda bagi Barcelona. Total 15 tahun kariernya di sepak bola Puyol habiskan hanya untuk membela Barcelona yang juga merupakan klub masa kecilnya. Saat masih aktif bermain, Puyol dikenal sebagai bek tangguh.

Ia juga pernah menjabat sebagai kapten Barcelona yang dikenal sebagai sosok sangat bijaksana. Sebelum akhirnya pensiun pada akhir musim 2013/2014, Puyol telah sukses mencatatkan 593 laga dengan sumbangan 19 gol dan 13 assist sebagai seorang bek tengah.

Baca Juga: Sudah Bakar Duit, Nasib Barcelona di Liga Champions Bisa Lebih Baik?

3. Jose Manuel Pinto

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama BarcelonaJose Manuel Pinto (fcbarcelona.com)

Bersamaan dengan pensiunnya Carles Puyol dari dunia sepak bola, Jose Manuel Pinto juga melakukan hal serupa. Pinto merupakan sosok kiper pelapis yang bermain selama enam musim (2008—2014) untuk Barcelona.

Selama berseragam Blaugrana, Pinto adalah sosok kiper pelapis bagi Victor Valdes. Untuk Barcelona, ia sukses mencatatkan 89 penampilan dengan torehan 37 nirbobol. Selepas pensiun, Pinto banting setir menjadi seorang disc jockey (DJ).

4. Lillian Thuram

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama BarcelonaLilian Thuram (twitter.com/barcaotd)

Semasa masih aktif sebagai pesepak bola, Lilian Thuram dikenal sebagai bek tangguh yang bisa bermain sebagai bek tengah dan bek kanan sama baiknya. Thuram ikut membantu Timnas Prancis menjadi juara Piala Dunia 1998.

Menjelang akhir kariernya, Thuram pindah ke Barcelona pada awal musim 2006/2007. Dua musim berselang, Thuram akhirnya memutuskan untuk gantung sepatu. Torehan 58 pertandingan sukses ia catatkan di klub asal katalunya ini.

5. Demetrio Albertini

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama BarcelonaDemetrio Albertini (fcbarcelona.com)

Hampir seluruh karier Demetrio Albertini dihabiskan bersama klub-klub Italia. Namun, secara mengejutkan pada Januari 2005 Albertini memutuskan bergabung dengan Barcelona dari Atalanta Bergamo secara gratis.

Enam bulan setelah pindah ke Spanyol, Albertini justru gantung sepatu. Gelandang bertahan yang sukses membawa AC Milan juara 3 kali Liga Champions ini hanya mencatatkan 6 laga bersama Barcelona.

Di skuad Barcelona saat ini, Gerard Pique dan Sergio Busquets menjadi sosok paling ikonik dan senior. Akankah kedua pemain tersebut mengikuti jejak kelima nama di atas? Atau, mereka memilih untuk berkelana ke tim lain seperti Xavi Hernandez dan Andreas Iniesta?

Baca Juga: 5 Hasil Pertemuan Terakhir Barcelona vs. Bayern di Liga Champions

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya