5 Pemain Terakhir yang Pensiun Bareng Athletic Bilbao

Raul Garcia menyusul!

Wakil kapten Athletic Bilbao, Raul Garcia, memutuskan akan pensiun pada akhir musim 2023/2024. Keputusan tersebut diambil Garcia pada, Selasa (16/4/2024). Ini akan menjadi sebuah perpisahan yang menyedihkan bagi Garcia, penggemar Athletic Bilbao, maupun penggemar LaLiga Spanyol.

Meski bukan jebolan akademi Athletic Bilbao, klub asal Basque ini menjadi tempat yang cocok bagi Garcia untuk pensiun. Pasalnya, Athletic Bilbao merupakan klub legendaris Spanyol yang memiliki sejarah dan ideologi panjang di sepak bola. Banyak pemain yang juga memutuskan pensiun bersama klub ini.

Sebelum Raul Garcia, sudah ada 86 pemain yang gantung sepatu bersama Athletic Bilbao. Mereka terdiri dari pemain besar yang jadi legenda klub dan juga pemain medioker yang hanya numpang lewat. Untuk mengetahui gambarannya, berikut ini ulasan lima pemain terakhir yang pensiun di Athletic Bilbao.

1. Meski datang dan pergi, Aritz Aduriz telah dianggap sebagai legenda

5 Pemain Terakhir yang Pensiun Bareng Athletic BilbaoAritz Aduriz (athletic-club.eus)

Aritz Aduriz merupakan salah satu penyerang berkualitas yang pernah dimiliki oleh Timnas Spanyol. Aduriz lahir dari tim akademi Athletic Bilbao dan promosi pada 2002. Namun, setahun kemudian, ia telah hengkang.

Aduriz kembali lagi ke Athletic Bilbao pada 2006--2008. Sempat bermain untuk RCD Mallorca dan Valencia, Aduriz kembali lagi ke tim masa kecilnya pada 2012 sebelum akhirnya pensiun pada 2020. Jika dijumlahkan, maka Aduriz membela Athletic Bilbao selama 11 tahun.

Dalam kurun waktu tersebut, Aduriz bermain sangat baik. ia dikenal sebagai penyerang yang tajam dan aktif dalam mencetak gol. Torehan 170 gol dan 50 assist dari 405 laga selama berseragam Athletic Bilbao menjadi buktinya.

Baca Juga: 5 Kandidat Peraih Top Skor LaLiga Spanyol 2023/2024 per Maret 2024

2. Carlos Gurpegui pensiun setelah 14 tahun mengabdi

5 Pemain Terakhir yang Pensiun Bareng Athletic BilbaoCarlos Gurpegui (athletic-club.eus)

Carlos Gurpegui pertama kali promosi ke tim utama Athletic Bilbao pada 2002. Kala itu, Gurpegui tak langsung menjadi pilihan utama di skuad Athletic Bilbao. Kendati demikian, ia langsung melesat pada musim 2003/2004.

Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini langsung mengisi posisi utama sebagai bek utama Athletic Bilbao. Peran itu ia jalani selama bertahun-tahun hingga akhirnya pensiun pada akhir musim 2015/2016. Dalam kurun waktu 14 tahun, Gurpegui mencatat 390 penampilan dengan sumbangan 22 gol dan 2 assist.

3. Aitor Ocio punya dua masa membela Athletic Bilbao

5 Pemain Terakhir yang Pensiun Bareng Athletic BilbaoAitor Ocio (athletic-club.eus)

Aitor Ocio memiliki dua masa berbeda dalam membela Athletic Bilbao. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini pertama kali berseragam Athletic Bilbao pada 2001--2003. Namun, ia sempat hengkang ke Sevilla dan menetap di klub itu selama 4 tahun.

Pada 2007, Ocio kembali berseragam Athletic Bilbao dan bertahan hingga pensiun pada akhir musim 2011/2012. Ocio sendiri merupakan seorang bek tangguh yang cukup diandalkan. Ia mampu mencatat 118 pertandingan dengan torehan 2 gol kala berseragam tim asal Basque ini.

4. Joseba Etxeberria adalah legenda besar Athletic Bilbao

5 Pemain Terakhir yang Pensiun Bareng Athletic BilbaoJoseba Etxeberria (athletic-club.eus)

Joseba Etxeberria pernah menjadi representasi besar dari Athletic Bilbao dan Basque. Ia menjadi salah satu pemain asal Basque yang tampil gemilang di Timnas Spanyol. Bahkan, saat ia pensiun, Etxeberria dianggap sebagai seorang legenda besar.

Pemain yang dulu berposisi sebagai winger kanan ini membela Athletic Bilbao selama 15 tahun (1995--2010). Dalam kurun waktu tersebut, Etxeberria pernah memegang jabatan sebagai kapten tim sekaligus pemain andalan. Tak heran jika Etxeberria bisa mencatat  501 penampilan dengan catatan 96 gol dan 33 assist.

5. Armando Ribeiro berperan sebagai kiper cadangan selama 2,5 musim

5 Pemain Terakhir yang Pensiun Bareng Athletic BilbaoArmando Ribeiro (cadizcf.com)

Armando Ribeiro didatangkan pada pertengahan musim 2007/2008 dari Cadiz pada usia 37 tahun. Kedatangannya itu difungsikan untuk melapisi Gorka Iraizoz yang cedera kala itu. Oleh karena itu, Ribeiro sempat bermain dalam 16 pertandingan pada paruh kedua musim 2007/2008.

Namun, pada 2 musim setelahnya, Ribeiro kembali ke peran awalnya sebagai pemain pelapis. Ia hanya bisa mencatat 5 laga selama 2 musim. Pada usia 39 tahun yang jatuh pada akhir musim 2009/2010, Ribeiro pun pensiun.

Raul Garcia sendiri merupakan nama besar di Athletic Bilbao. Penyerang berusia 37 tahun itu telah membela klub ini selama 9 tahun, tepatnya sejak 2015. Tentu, sosoknya bakal dianggap sebagai legenda ketika pensiun pada akhir musim 2023/2024 nanti.

Baca Juga: 3 Manajer Barcelona Paling Sering Menang Tipis 1-0 di LaLiga Spanyol

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya