5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama Lazio

Miroslav Klose juga mengakhiri karier di Ibu Kota Italia, lho!

Lazio merupakan salah satu klub klasik Serie A yang pernah dihuni oleh banyak pemain bintang. Meski tak bergelimang gelar, Lazio layak disebut sebagai klub besar berkat sejarah dan prestasinya.

Tak heran jika Lazio sangat disegani di Italia. Hampir sama seperti sang rival, AS Roma, Lazio juga memiliki banyak penggemar, termasuk dari kalangan pemain. Banyak dari mereka yang ingin pensiun di Lazio.

Hingga tahun 2022, terdapat 108 nama pemain sepak bola yang pernah pensiun di Lazio. Berikut penulis sajikan daftar dan ulasan lima pemain terakhir yang pensiun bersama Lazio.

1. Marco Parolo

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama LazioMarco Parolo (twitter.com/officialsslazio)

Setelah tujuh tahun membela Lazio, Marco Parolo akhirnya memutuskan pensiun pada akhir musim 2020/2021. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini didatangkan dari Parma pada awal musim 2014/2015.

Parolo pernah menjabat sebagai kapten dari tim asal Ibu Kota Italia ini. Selama membela Lazio, Parolo sukses menghadirkan tiga gelar juara, yakni 1 Coppa Italia dan 2 Italian Super Cup dari 256 laga serta sumbangan 39 gol dan 19 assist.

2. Senad Lulic

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama LazioSenad Lulic (thelaziali.com)

Lazio juga kehilangan legenda lain yang pensiun bersamaan dengan Marco Parolo. Dia adalah Senad Lulic, pemain sayap asal Bosnia-Herzegovina yang pensiun pada akhir musim 2020/2021. Lulic telah berada di Lazio sejak awal musim 2011/2012.

Itu artinya, Lulic menghabiskan sepuluh musim terakhir dalam kariernya membela Lazio. Selama di Lazio, Lulic sukses menghadirkan empat gelar juara. Torehan tersebut ia catatkan dari 34 gol dan 49 assist yang dicetak melalui 371 pertandingan.

Baca Juga: Dibeli Murah, 5 Pemain yang Dilepas Lazio dengan Harga Mahal

3. Silvio Proto

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama LazioSilvio Proto (thelaziali.com)

Beberapa bulan sebelum Marco Parolo dan Senad Lulic pensiun, Silvio Proto justru memutuskan untuk pensiun terlebih dahulu. Kiper berkebangsaan Belgia ini pensiun pada Februari 2021 setelah lebih dari 2,5 musim bermain di Lazio.

Saat berseragam Lazio, Proto memang tak banyak mencatatkan pertandingan. Perannya hanya sebagai pelapis dari Thomas Strakosha. Dalam kurun waktu 2,5 musim, Proto hanya mencatat 9 pertandingan dengan torehan 2 cleansheet.

4. Dusan Basta

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama LazioSergei Milinkovic Savic dan Dusan Basta (twitter.com/officialsslazio)

Diboyong dari Udinese pada 2014, Dusan Basta sempat menjadi bek andalan Lazio dalam tiga musim. Penampilannya mulai tergantikan saat Basta memasuki musim keempat dan kelimanya bersama Lazio.

Dari keseluruhan lima musim membela Lazio, Dusan Basta sukses mencatatkan 116 laga dengan torehan 2 gol dan 7 assist sebagai bek tengah. Ia pun memutuskan untuk pensiun pada akhir musim 2018/2019.

5. Miroslav Klose

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama LazioMiroslav Klose (dfb.de)

Kejutan datang dari Miroslav Klose yang memilih suasana baru untuk keluar dari Bundesliga pada musim 2011/2012. Penyerang tajam asal Jerman ini akhirnya bergabung dengan Lazio, tim yang ia bela selama lima musim.

Sepatutnya penyerang tajam dan legendaris, Klose tampil sangat impresif bersama Lazio meski di usia yang tak lagi muda. Selama itu ia sukses mencetak 63 gol dan 35 assist dari 171 laga sebelum pensiun pada akhir musim 2015/2016.

Sebelum kelima pemain terakhir yang memutuskan pensiun bersama Lazio di atas, banyak juga deretan pemain legenda yang juga memutuskan pensiun bersama Lazio. Angelo Peruzzi, Simone Inzaghi, dan Julio Cruz merupakan beberapa nama di antaranya.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi SS Lazio yang Pernah Bermain di EPL

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya