6 Pemain Terakhir yang Diboyong Permanen AS Monaco dari Klub Inggris

Mohamed Salisu menjadi nama terbaru!

Klub-klub Liga Inggris kerap menggunakan kualitas pemain terbaik untuk melengkapi skuadnya. Tak heran jika eks pemain dari klub-klub Inggris diminati tim di luar Britania Raya. Salah satu yang meminatinya adalah AS Monaco.

Tim asal Ligue 1 Prancis ini terhitung cukup sering mendatangkan pemain dari klub Inggris. Mereka didatangkan dengan berbagai cara. Baru-baru ini, mereka mendatangkan Mohamed Salisu dari Southampton. Termasuk pemain asal Ghana tersebut, berikut ini enam pemain terakhir yang diboyong secara permanen oleh AS Monaco dari klub Inggris.

1. Rony Lopes

6 Pemain Terakhir yang Diboyong Permanen AS Monaco dari Klub InggrisRony Lopes (asmonaco.com)

Setahun setelah promosi dari tim akademi Manchester City, Rony Lopes pun dijual ke AS Monaco pada musim panas 2015 dengan banderol sebesar 12 juta euro (Rp198 miliar). Saat berseragam AS Monaco, Lopes sempat kesulitan pada setengah musim awal. Oleh karena itu, ia sempat dipinjamkan ke LOSC Lille selama 1,5 musim (2016--2017). Namun, ia mampu bangkit memasuki musim ketiganya sebagai anggota AS Monaco. Oleh karena itu, ia mampu mencatat 21 gol dan 14 assist dari 82 laga sebelum pindah ke Sevilla pada musim panas 2019.

2. Nacer Chadli

6 Pemain Terakhir yang Diboyong Permanen AS Monaco dari Klub InggrisNacer Chadli (asmonaco.com)

Nama selanjutnya ialah Nacer Chadli yang diboyong AS Monaco dari West Bromwich Albion pada musim panas 2018. Winger asal Belgia ini memiliki karier yang tak cemerlang bersama AS Monaco. Sebab, ia hanya efektif bermain selama semusim di sana. Sedangkan, semusim lainnya ia jalani sebagai pemain pinjaman di Anderlecht. Selama membela AS Monaco, Chadli hanya mencatat 22 laga tanpa sumbangan gol maupun assist.

3. Cesc Fabregas

6 Pemain Terakhir yang Diboyong Permanen AS Monaco dari Klub InggrisCesc Fabregas (asmonaco.com)

Cesc Fabregas yang mulai tersingkir dari skuad utama akhirnya pindah dari Chelsea pada musim dingin 2019. Gelandang asal Spanyol ini bergabung dengan AS Monaco setelah klub Prancis tersebut menebusnya dengan banderol sebesar 9 juta euro (Rp149 miliar). Ketika berseragam AS Monaco, Fabregas menjadi sosok pemain senior yang mengomando pemain muda di lini tengah. Namun, kiprahnya di Prancis justru sering terganggu cedera. Oleh karena itu, Fabregas hanya mampu mencatat 69 laga dengan torehan 4 gol dan 9 assist selama 3,5 tahun.

Baca Juga: Mengenal Youssouf Fofana, Gelandang Serbabisa Andalan AS Monaco

4. Vito Mannone

6 Pemain Terakhir yang Diboyong Permanen AS Monaco dari Klub InggrisVito Mannone (asmonaco.com)

Vito Mannone merupakan kiper asal Italia yang saat ini bermain untuk FC Lorient. Ia pernah bermain untuk AS Monaco dari 2020--2022. Dalam kurun waktu tersebut, Mannone yang berstatus sebagai pemain cadangan, hanya mencatat 11 laga dengan torehan 3 nirbobol. Mannone sendiri didatangkan oleh AS Monaco dari Reading secara gratis.

5. Takumi Minamino

6 Pemain Terakhir yang Diboyong Permanen AS Monaco dari Klub InggrisTakumi Minamino (asmonaco.com)

Takumi Minamino yang bosan menjadi pemain cadangan di Liverpool, akhirnya hengkang ke AS Monaco pada musim panas 2022. Winger berkebangsaan Jepang ini dibeli dengan biaya sebesar 15 juta euro (Rp249 miliar) oleh AS Monaco. Pada musim pertamanya di AS Monaco, Minamino tak terlalu tampil cemerlang. Ia kerap terkena rotasi sehingga hanya mencatat 25 laga dengan kreasi 1 gol dan 4 assist.

6. Mohamed Salisu

6 Pemain Terakhir yang Diboyong Permanen AS Monaco dari Klub InggrisMohamed Salisu (asmonaco.com)

Pemain terbaru yang didatangkan oleh AS Monaco dari klub Liga Inggris adalah Mohamed Salisu. Bek berkebangsaan Ghana ini dibeli dari Southampton yang pada musim 2023/2024 mendatang akan bermain di EFL Championship. Salisu sendiri merupakan pemain muda hebat yang sempat diincar oleh banyak klub besar karena kemampuannya. Namun, AS Monaco beruntung bisa mendapatkan Salisu dengan harga 15 juta euro (Rp249 miliar).

Selain mendatangkan pemain secara permanen, AS Monaco juga cukup sering meminjam pemain dari klub-klub Inggris. Malang Sarr, Tiemoue Bakayoko, dan Mario Pasalic dari Chelsea, Adrien Silva dari Leicestter City, dan Georges-Kevin N'Koudou dari Tottenham Hotspur merupakan beberapa di antaranya. Hal ini dilakukan AS Monaco karena mereka percaya dengan kualitas pemain yang pernah bermain di Negeri Raja Charles.

Baca Juga: 5 Pemain Muda Potensial yang Pernah Berseragam AS Monaco

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya