5 Pemain Terakhir yang Gantung Sepatu Bersama Real Sociedad

David Silva terpaksa pensiun karena cedera parah!

Real Sociedad salah satu tim Spanyol yang kerap menjadi kuda hitam di LaLiga. Pada 2022/2023 saja, Real Sociedad berhasil menembus peringkat empat besar. Oleh karena itu, mereka berhak tampil di Liga Champions Eropa 2023/2024 mendatang.

Kehebatan tim asal Basque ini dipengaruhi pemain-pemain hebat yang pernah mereka miliki. Tak hanya singgah untuk bermain, beberapa di antaranya bahkan pensiun di tim ini. Terbaru ialah David Silva, yang memutuskan gantung sepatu pada Sabtu (22/7/2023). Termasuk David Silva, berikut inilah lima pemain terakhir yang pensiun bersama Real Sociedad.

1. David Silva

5 Pemain Terakhir yang Gantung Sepatu Bersama Real SociedadDavid Silva (twitter.com/EURO2024)

David Silva pindah ke Real Sociedad pada musim panas 2020 setelah 10 tahun mengabdi untuk Manchester City. Datang sebagai pemain bintang, Silva tentu diandalkan Real Sociedad. Ia tampil sangat hebat dalam 3 tahun (2020--2023).

Torehan 7 gol dan 18 assist dari 93 pertandingan menjadi bukti kehebatan pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini. Sebetulnya, kontrak Silva akan berakhir pada musim panas 2024. Namun, ia mengakhirinya lebih cepat dan memutuskan untuk pensiun pada musim panas 2023 karena cedera ACL yang dideritanya.

2. Nacho Monreal

5 Pemain Terakhir yang Gantung Sepatu Bersama Real SociedadNacho Monreal (realsociedad.eus)

Sama seperti David Silva, Nacho Monreal pun didatangkan dari klub Liga Inggris oleh Real Sociedad. Nacho bergabung dengan Real Sociedad dari Arsenal pada musim panas 2019. Selama berseragam Real Sociedad, Nacho cukup diandalkan. Namun, rentetan cedera membuatnya sering absen.

Puncaknya terjadi pada awal musim 2021/2022 di mana Nacho mengalami cedera panjang yang mengharuskannya absen lama. Pada akhirnya, ia memutuskan pensiun pada awal musim 2022/2023. Bek kiri berkebangsaan Spanyol ini mencatatkan 4 gol dan 1 assist dari 69 laga selama berseragam Txuri-Urdinak, julukan Real Sociedad.

Baca Juga: Melihat Perjalanan Karier David Silva, Layak Disebut Legenda!

3. Miguel Angel Moya

5 Pemain Terakhir yang Gantung Sepatu Bersama Real SociedadMiguel Angel Moya (realsociedad.eus)

Miguel Angel Moya memutuskan gantung sepatu bersama Real Sociedad pada akhir musim 2020/2021. Moya sendiri datang dari Atletico Madrid pada musim dingin 2018. Itu artinya, Moya mengabdi untuk Real Sociedad 3,5 tahun.

Datang sebagai kiper veteran, Moya bukanlah pilihan utama di skuad Real Sociedad. Dirinya hanya berfungsi sebagai kiper pelapis Geronimo Rulli dan Alex Remiro. Oleh karena itu, Moya hanya bisa mencatat 37 laga selama 3,5 tahun berseragam Real Sociedad.

4. David Zurutuza

5 Pemain Terakhir yang Gantung Sepatu Bersama Real SociedadDavid Zurutuza (realsociedad.eus)

Semusim sebelum Miguel Angel Moya pensiun, David Zurutuza terlebih dahulu gantung sepatu di Real Sociedad. Zurutuza merupakan pemain jebolan akademi Real Sociedad yang tak pernah pindah secara permanen dari klub ini sejak 2008. Zurutuza sendiri bermain selama 12 tahun (2008--2020) untuk Real Sociedad.

Perannya di dalam tim pun cukup bagus. Zurutuza cukup sering dimainkan dan beberapa kali memimpin klub sebagai kapten. Selama membela Real Sociedad, Zurutuza mencatat 303 laga dengan torehan 22 gol dan 22 assist sebagai seorang gelandang.

5. Imanol Agirretxe

5 Pemain Terakhir yang Gantung Sepatu Bersama Real SociedadImanol Agirretxe (realsociedad.eus)

Tak jauh berbeda dengan David Zurutuza, Imanol Agirretxe pun mengabdi sangat lama dan tak pernah pindah dari Real Sociedad secara permanen. Imanol bermain selama 10,5 tahun bersama tim senior Real Sociedad. Momen tersebut terjadi ketika ia kembali dari masa pinjaman di Castellanos pada 2010 hingga pensiun pada akhir musim 2017/2018.

Selama beberapa tahun membela Real Sociedad, Imanol terus menjadi mesin gol. Itu dilakukan di kasta tertinggi maupun kasta kedua. Torehan 78 gol dan 16 assist dari 271 laga menjadi buktinya.

Pemain-pemain yang pensiun bersama Real Sociedad kebanyakan berasal dari Spanyol. Sebab, Real Sociedad dianggap sebagai klub tradisional yang memanfaatkan talenta pesepak bola lokal. Hal tersebut tak jauh berbeda dengan tetangganya, Athletic Bilbao.

Baca Juga: 5 Klub yang Pernah Dibela David Silva, Manchester City Paling Lama!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya