5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama Brighton

Enock Mwepu jadi yang terbaru

Kabar mengejutkan datang dari Brighton & Hove Albion pada Senin (10/10/2022). Salah satu pemain mereka, Enock Mwepu, memutuskan untuk pensiun dini dari dunia sepak bola akibat masalah kesehatan jantung.

Itu artinya, gelandang asal Zambia ini pensiun di Brighton pada usia 24 tahun. Termasuk Enock Mwepu, inilah lima pemain terakhir yang memutuskan pensiun bersama Brighton.

1. Enock Mwepu

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama BrightonEnock Mwepu (brightonandhovealbion.com)

Enock Mwepu harus mengambil keputusan berat. Ia terpaksa pensiun karena alasan kesehatan. Dikutip akun Instagram resmi Brighton & Hove Albion, menurunnya kondisi jantung menjadi alasan utama Mwepu pensiun.

Gelandang asal Zambia ini baru bermain semusim bersama Brighton. Ia mencatatkan 3 gol dan 7 assist dari 27 penampilan sebelum pensiun pada Senin (10/10/2022).

2. Bruno Saltor

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama BrightonBruno Saltor (premierleague.com)

Nama selanjutnya ialah Bruno Saltor, bek kanan asal Spanyol yang bermain selama 7 musim untuk Brighton & Hove Albion. Ia merupakan salah satu pemain yang berjasa membawa The Seagulls promosi ke English Premier League (EPL) 2017/2018.

Selama berkarier bersama Brighton, Saltor pernah menjabat sebagai kapten tim dan sukses menorehkan 235 laga dengan catatan 6 gol serta 19 assist. Pria yang kini menjabat sebagai asisten pelatih Graham Potter di Chelsea ini pensiun pada akhir musim 2018/2019.

Baca Juga: 5 Pemain Baru yang Didatangkan Brighton pada Musim 2022/2023

3. Liam Rosenior

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama BrightonLiam Rosenior (premierleague.com)

Sama seperti Bruno Saltor, Liam Rosenior juga berprofesi sebagai asisten pelatih setelah pensiun. Saat ini, ia menjabat sebagai asisten pelatih Derby County. Jauh sebelum itu, Rosenior pernah 3 tahun bersama Brighton & Hove Albion.

Momen tersebut terjadi dari 2015 hingga akhirnya pensiun pada akhir musim 2017/2018. Ia mundur setelah membawa Brighton promosi. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini hanya mencatat 51 laga selama 3 musim bersama The Seagulls.

4. Steve Sidwell

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama BrightonSteve Sidwell (brightonandhovealbion.com)

Bersamaan dengan Liam Rosenior, Steve Sidwell juga pensiun di Brighton & Hove Albion pada akhir musim 2017/2018. Pria yang dulunya berposisi sebagai gelandang ini bermain selama 2,5 musim untuk Brighton.

Dalam kurun waktu tersebut, Sidwell berhasil mencatatkan 67 pertandingan dengan sumbangan 7 gol dan 1 assist. Setelah pensiun, ini kini bekerja sebagai pelatih tim muda Brighton.

5. Casper Ankergren

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama BrightonCasper Ankergren (brightonandhovealbion.com)

Casper Ankergren merupakan kiper berkebangsaan Denmark yang bermain untuk Brighton & Hove Albion selama 7 musim. Momen ini terjadi dari 2010 hingga memutuskan untuk pensiun pada akhir musim 2016/2017.

Ankergren tak pernah sekali pun bermain di EPL. Sebab, seluruh penampilannya bersama Brighton ia jalani di League One dan Championship. Saat ini, ia menjabat sebagai pelatih kiper Brondby IF.

Meskipun pensiun pada usia muda, Enock Mwepu bisa saja memiliki karier yang sempurna sebagai pelatih seperti para pendahulunya. Mungkin juga Brighton akan menawari posisi yang baik baginya.

Baca Juga: 5 Pemain yang Paling Diandalkan Graham Potter saat Melatih Brighton

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya