5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Fulham

Pemain-pemain besar pernah bermain di klub ini

Fulham merupakan salah satu klub yang cukup familier di sepak bola Inggris. Tim asal London ini kerap menghuni English Premier League meski tak jarang juga mengisi Divisi Championship. Bicara soal performa, Fulham bisa jadi tim kuda hitam. Namun, mereka juga bisa jadi pesakitan.

Dilihat dari materi permain yang pernah mereka miliki, Fulham beberapa kali diisi pemain ternama. Andre Schurrle, Bobby Moore, Clint Dempsey, Dimitar Berbatov, dan Edwin van der Sar pernah berseragam Fulham. Namun, nama-nama tersebut tak mengakhiri kariernya bersama mereka.

Lalu, siapa sajakah pemain yang memutuskan pensiun bersama The Cottagers? Dari 92 nama yang telah pensiun di klub ini, berikut ulasan performa lima pemain terakhir yang pensiun di sana.

1. Scott Parker diangkat sebagai pelatih setelah pensiun bersama Fulham pada 2017

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama FulhamScott Parker (premierleague.com)

Scott Parker pensiun pada akhir musim 2016/2017. Pria yang dahulunya berposisi sebagai gelandang ini bermain bersama Fulham selama 4 tahun (2013--2017). Dalam kurun waktu tersebut, Parker mencatat 128 penampilan dengan sumbangan 6 gol dan 6 assist.

Selepas pensiun, Parker pun masuk ke jajaran pelatih Fulham. Ia pertama kali diangkat sebagai asisten pelatih Claudio Ranieri pada awal musim, Juni 2018. Barulah pada Februari 2019, Parker dipromosikan sebagaI manajer. Sayangnya, Parker hanya bertahan selama 2,5 tahun sebagai pelatih Fulham.

2. Pasang surut Mahamadou Diarra di Fulham hingga pensiunnya pada 2014

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama FulhamMahamadou Diarra (fulhamfc.com)

Mahamadou Diarra mengalami pasang surut karier selama berseragam Fulham. Gelandang asal Mali ini pertama kali datang pada Februari 2012 dengan status bebas transfer. Dilepas pada Juli 2013, Diarra justru kembali ke pelukan Fulham pada Maret 2014.

Barulah pada Juli 2014, Diarra memutuskan pensiun bersama Fulham. Selama berseragam The Cottagers, Diarra sendiri gagal tampil bersinar. Ia hanya mencatat 23 penampilan dengan sumbangan 1 gol dan 2 assist.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Manchester United dan Fulham

3. Georgios Karagounis pensiun bersama Mahamadou Diarra

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama FulhamGeorgios Karagounis (fulhamfc.com)

Legenda Yunani, Georgios Karagounis, pensiun bersamaan dengan Mahamadou Diarra. Namun, jika dibandingkan, karier Karagounis justru lebih hebat ketimbang Diarra di Fulham. Pasalnya, Karagounis mampu berbuat banyak dengan memberikan kontribusi yang cukup vital.

Karagounis mencetak total 3 gol dan 3 assist dari 47 laga selama 2 tahun (2012--2014). Saat ini, Karagounis telah ikut berkarier di dunia kepelatihan. Jabatan direktur olahraga di Timnas Yunani menjadi jabatan terakhirnya sejauh ini.

4. Simon Davies menjadi nama besar di Fulham, lalu pensiun pada 2013

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama FulhamSimon Davies (twitter.com/FulhamFC)

Simon Davies bergabung dengan Fulham dari Everton pada Januari 2007. Pemain sayap asal Wales ini perlahan menunjukkan penampilan dan kontribusi terbaik untuk Fulham. Seiring waktu, ia pun mulai dicintai penggemar Fulham, sehingga mampu menjadi nama besar.

Dalam beberapa musim, Davies tampil sangat gemilang bersama Fulham dan menjadi pemain kunci. Setelah mencetak 17 gol dan 26 assist dari 168 laga, Davies pun pensiun pada akhir musim 2012/2013. Kini, Davies berkarier sebagai asisten pelatih Crawley Town.

5. Zdenek Grygera bertahan 1,5 musim di Fulham dan pensiun pada pertengahan 2012/2013

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama FulhamZdenek Grygera (twitter.com/juventusfc)

Nama terakhir dalam daftar ini adalah Zdenek Grygera. Bek asal Republik Ceko ini pernah tampil sangat gemilang bersama Slavia Praha, Ajax Amsterdam, dan Juventus. Namun pada Agustus 2011, Gryegera memilih untuk pindah ke Fulham.

Di klub ini, Grygera sebetulnya gagal tampil bersinar. Hal inilah yang mungkin menjadi alasan Grygera pensiun pada pertengahan musim 2012/2013. Secara keseluruhan, Grygera pun hanya mencatat tujuh penampilan di Fulham.

Secara keseluruhan, ada 92 pemain yang pernah pensiun di klub ini. Angka tersebut terhitung sangat banyak dibandingkan tim-tim EPL lain. Ini menandakan jika Fulham adalah tim yang ideal bagi banyak pemain untuk mengakhiri kariernya.

Baca Juga: Kontribusi 3 Bek Baru Fulham pada Awal 2023/2024, Ada Timothy Castagne

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya