5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama Juventus

Nedved setia bersama Juventus meski terdegradasi

Meski pernah terdegradasi ke Serie B, Juventus masih menjadi salah satu klub besar di Italia. Apalagi Juventus merupakan klub dengan jumlah gelar juara Serie A terbanyak dalam sejarah sepak bola Italia.

Dengan statusnya sebagai klub raksasa dan penuh prestasi, tak mengherankan jika Si Nyonya Tua memiliki banyak penggemar. Para pemain sepak bola juga tidak segan memiliki mimpi untuk bermain di klub ini, bahkan senang jika bisa pensiun dan dianggap sebagai legenda klub.

Dalam sejarahnya, terdapat 61 pemain yang pernah pensiun di klub ini. Berikut pemain terakhir yang memutuskan pensiun bersama Juventus.

1. Andrea Barzagli

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama JuventusAndrea Barzagli (juventus.com)

Pemain terakhir yang memutuskan untuk pensiun di Juventus adalah Andrea Barzagli. Kiprah Barzagli di Juventus sangatlah baik dan tersohor karena sukses membangun fondasi pertahanan yang sangat kokoh bersama Leandro Bonucci dan Giorgio Chiellini.

Setelah 8,5 musim membela Juventus, Barzagli memutuskan untuk pensiun pada akhir musim 2018/2019. Saat membela Juventus, Barzagli sukses menorehkan 281 pertandingan dengan torehan 2 gol dan 6 assist.

2. Vincenzo Iaquinta

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama JuventusVincenzo Iaquinta (skysports.com)

Vincenzo Iaquinta merupakan salah satu penyerang yang membawa Timnas Italia menjadi juara Piala Dunia 2006. Iaquinta bergabung dengan Juventus pada awal musim 2007/2008 dari Udinese. Secara keseluruhan, Iaquinta bermain sangat apik untuk Juventus.

Seiring berjalannya waktu, posisinya di lini serang Juventus tergeser oleh penyerang-penyerang baru, seperti Amauri, Luca Toni, dan Fabio Quagliarella. Sempat dipinjamkan ke Cesena selama setengah musim pada 2011/2012, Iaquinta pun pensiun bersama Juventus pada akhir musim tersebut.

Baca Juga: 6 Pemain Juventus yang Berasal dari Amerika Latin Musim 2022/2023

3. Antonio Chimenti

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama JuventusAntonio Chimenti (juvefc.com)

Sangat sulit untuk menggeser posisi Gianluigi Buffon ketika berada pada masa jayanya bersama Juventus. Hal tersebutlah yang dialami oleh Antonio Chimenti. Bermain selama 2 musim (2008—2010), Chimenti hanya mencatat 3 pertandingan untuk Juventus.

Chimenti sendiri akhirnya memutuskan untuk pensiun sebagai pemain sepak bola bersama Juventus pada akhir musim 2009/2010. Saat ini, ia berkarier sebagai staf kepelatihan di SPAL.

4. Pavel Nedved

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama JuventusPavel Nedved (juventus.com)

Penggemar Juventus pasti sangat setuju jika menyebut Pavel Nedved sebagai legenda klub. Pria asal Republik Ceko ini terkenal memiliki kemampuan hebat sebagai pemain sepak bola. Nedved juga sangat setia bersama Juventus.

Pada 2003, Nedved sukses menyabet gelar Ballon d’Or. Banyak klub yang mendekatinya kala itu, tetapi sang pemain setia bersama Juventus. Ujian selanjutnya terjadi pada 2006, ketika Juventus harus terdegradasi ke Serie B akibat calciopoli.

Lagi-lagi Pavel Nedved memilih untuk setia. Ia lebih ingin membawa Juventus kembali  ke Serie A.

Setelah mencatatkan 327 laga dengan sumbangan 65 gol dan 84 assist, Nedved pun pensiun pada akhir musim 2008/2009. Saat ini, ia masih bersama Juventus dengan jabatan wakil presiden klub.

5. Jorge Andrade

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama JuventusJorge Andrade (marca.com)

Bersamaan dengan pensiunnya Pavel Nedved, terdapat pemain lain yang juga pensiun di Juventus. Dia adalah Jorge Andrade, bek berkebangsaan Portugal yang cukup bersinar kala membela Deportivo La Coruna.

Sayangnya, ia tak begitu bersinar kala membela Juventus. Pasalnya, ia hanya mencatat 5 laga dengan sumbangan 1 assist. Bahkan, Juventus memilih untuk mengakhiri kontrak Andrade lebih cepat pada 2008/2009. Oleh karena itu, Andrade pensiun pada April 2009.

Banyak sekali pemain legenda yang pensiun bersama Juventus, khusunya para pemain sepak bola asal Italia. Antonio Conte, Gianluca Pesotto, dan Ciro Ferrara merupakan beberapa di antaranya.

Baca Juga: 6 Pewaris Nomor Punggung 11 Peninggalan Pavel Nedved di Juventus

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya