6 Pemain Terbaik pada Leg Kedua Knock Out Liga Europa 2023/2024

Banyak kejadian seru terjadi pada babak ini

Leg kedua fase gugur Liga Europa 2023/2024 telah terlewati dengan menghadirkan deretan laga seru. Leg kedua ini merupakan laga penentuan bagi tiap tim peserta untuk menembus babak selanjutnya. Hasilnya, ada tim yang berhasil mempertahankan keunggulan, ada pula tim yang justru berbalik kalah.

Leg kedua fase gugur Liga Europa 2023/2024 menjadi momen bagi sejumlah pemain untuk bersinar. Mereka tampil hebat dalam membantu timnya meraih hasil positif. Akan tetapi, tak semuanya berhasil membawa timnya lolos ke babak 16 besar.

Dari ratusan pemain yang tampil pada leg kedua fase gugur Liga Europa 2023/2024, inilah enam pemain terbaik itu.

1. Brace Roland Sallai memberikan satu tiket ke babak berikutnya untuk SC Freiburg

6 Pemain Terbaik pada Leg Kedua Knock Out Liga Europa 2023/2024Roland Sallai (scfreiburg.com)

Bermain imbang pada leg pertama, kesempatan besar didapat SC Freiburg yang berstatus sebagai tuan rumah pada leg kedua. Kesempatan ini tentu dimanfaatkan dengan baik oleh SC Freiburg. Hasilnya, tim asal Bundesliga Jerman ini menang dengan skor 3-2 atas RC Lens.

Pahlawan dari kemenangan SC Freiburg ini adalah Roland Sallai. Ia mencetak dua gol saat itu. Brace yang dicetak Sallai merupakan dua gol penyama kedudukan yang dicetak pada waktu normal. Sedangkan, gol penentu kemenangan SC Freiburg atas RC Lens dicetak Michael Gregoritsch pada injury time.

2. Distribusi assist Bruma (Braga) terasa sia-sia

6 Pemain Terbaik pada Leg Kedua Knock Out Liga Europa 2023/2024Bruma (scbraga.pt)

Pada leg pertama fase gugur Liga Europa 2023/2024, Braga dikalahkan Qarabag dengan skor 2-4. Braga tentu bernafsu untuk membalas pada leg kedua. Hasilnya, Braga berhasil menyamakan skor berkat kemenangan 2-0 pada leg kedua. Dua gol tersebut merupakan buah dari kerja keras Bruma, gelandang Braga yang baru masuk pada menit ke-63.

Ia bermain sangat apik sehingga bisa mendistribusikan dua assist yang diberikan masing-masing kepada Roger Fernandes dan Alvaro Djalo. Sayangnya, mereka justru kalah saat waktu memasuki injury time. Hal itu memaksa agregat skor berubah menjadi 6-5 untuk kemenangan Qarabag.

3. Anatoliy Trubin berjibaku untuk meloloskan SL Benfica

6 Pemain Terbaik pada Leg Kedua Knock Out Liga Europa 2023/2024Anatoliy Trubin (instagram.com/anatoliytrubin81)

SL Benfica yang menang dengan skor 2-1 pada leg pertama hanya membutuhkan hasil imbang pada leg kedua. Hal tersebut akhirnya mereka dapatkan kala bertandang ke Stadiun de Toulouse yang menjadi markas dari FC Toulouse. Pada laga tersebut, skor 0-0 menjadi akhir pertandingan.

Sepanjang pertandingan, FC Toulouse memang bernafsu untuk mencetak gol. Namun, segala upaya Toulouse selalu gagal ketika menghadapi Anatoliy Trubin, kiper asal Ukraina yang mengawal gawang SL Benfica. Secara statistik, Trubin mencatat 6 penyelamatan, 2 clearence, dan 1 pukulan. 

Baca Juga: 6 Pemain Terbaik pada Leg Pertama 16 Besar Liga Champions 2023/2024

4. Hattrick Benjamin Bourigeaud bukan jaminan Stade Rennes untuk lolos

6 Pemain Terbaik pada Leg Kedua Knock Out Liga Europa 2023/2024Benjamin Bourigeaud (staderennais.com)

Benjamin Bourigeuad tampil sangat impresif pada leg kedua fase gugur Liga Europa 2023/2024. Gelandang asal Prancis itu mencetak tiga gol yang membuat timnya, Stade Rennes, menang dengan skor 3-2 atas AC Milan pada leg kedua. Hal tersebut tentu membuatnya terpilih sebagai Man of the Match.

Sayangnya, torehan hattrick yang dibuat Bourigeaud bukan jaminan untuk lolosnya Stade Rennes. Pasalnya, Rennes kalah telah pada leg pertama dengan skor 0-3. Alhasil, Stade Rennes pun kalah dari AC Milan dengan agregat 3-5.

5. Pierre-Emerick Aubameyang jadi faktor utama kemenangan Olympique Marseille

6 Pemain Terbaik pada Leg Kedua Knock Out Liga Europa 2023/2024Pierre Emerick Aubameyang (instagram.com/auba)

Olympique Marseille membutuhkan kemenangan pada leg kedua setelah mereka bermain imbang pada leg pertama. Hal ini tentu membuat Marseille bermain ngotot untuk mendapatkan kemenangan. Hasilnya, Marseille menang dengan skor 3-1 atas Shakhtar Donetsk.

Aktor dari kemenangan Marseille ini adalah Pierre-Emerick Aubameyang. Penyerang asal Gabon itu tampil tajam dengan mencetak 1 gol dan 1 assist. Itu sudah cukup untuk membawa Marseille lolos dengan agregat 5-3.

6. Indrit Tuci mengantar Sparta Praha comeback kekalahan

6 Pemain Terbaik pada Leg Kedua Knock Out Liga Europa 2023/2024Indrit Tuci (sparta.cz)

Pada leg pertama babak gugur Liga Europa 2023/2024, Sparta Praha dikalahkan Galatasaray dengan skor 2-3. Namun, itu bukan sinyal menyerah dari Sparta Praha. Sebab, tim asal Republik Ceko ini bekerja keras pada leg kedua.

Salah satu pemain yang tampil sangat mentereng untuk Sparta Praha adalah Indrit Tuci. Pemain yang baru masuk pada menit ke-66 ini langsung mengubah jalannya laga dengan mencatat 1 gol dan 1 assist. Berkatnya, Sparta Praha menang dengan skor 4-1 pada laga tersebut. Tuci juga membantu Sparta Praha unggul dengan agregat 6-4 atas Galatasaray.

Qarabag, AC Milan, SC Freiburg, SL Benfica, Sporting CP, Sparta Praha, Olympique Marseille, dan AS Roma menjadi deretan tim yang lolos ke babak 16 besar Liga Europa 2023/2024. Delapan tim tersebut akan menghadapi delapan juara grup Liga Europa musim ini. Mereka adalah West Ham United, Brighton & Hove Albion, Rangers FC, Atalanta Bergamo, Liverpool, Villarreal, Slavia Praha, dan Bayer Leverkusen.

Baca Juga: 3 Rekor Apik Bayer Leverkusen pada Fase Grup Liga Europa 2023/2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya