6 Pemain Terbaik pada Leg Pertama Semifinal Liga Europa 2023/2024

Bayer Leverkusen meraih modal penting

Liga Europa 2023/2024 masih berlangsung dan telah mencapai babak semifinal. Pada leg pertama yang kompak diadakan pada Jumat (3/5/2024) ini, terdapat dua laga seru yang terjadi. Laga antara Olympique Marseille dan Atalanta Bergamo berakhir tanpa pemenang. Sedangkan, Bayer Leverkusen berhasil mempermalukan AS Roma.

Pada dua laga leg pertama semifinal Liga Europa 2023/2024 ini juga sejumlah pemain tampil gemilang. Ada enam pemain yang layak untuk dibicarakan karena permainan dan kontribusinya yang menonjol pada babak ini. Untuk mengetahui ulasan performa keenam pemain tersebut, yuk, simak ulasan berikut!

1. Gianluca Scamacca tampil efektif untuk Atalanta Bergamo

6 Pemain Terbaik pada Leg Pertama Semifinal Liga Europa 2023/2024Gianluca Scamacca (instagram.com/iamscamacca)

Laga antara Olympique Marseille dan Atalanta Bergamo berakhir dengan skor 1-1. Pada laga ini, Atalanta memang mendominasi penguasaan bola. Akan tetapi, mereka memiliki peluang yang lebih sedikit untuk mencetak gol. Beruntung bagi mereka karena memiliki sosok pemain tajam seperti Gianluca Scamacca. Pasalnya, Scamacca tampil sangat efektif dengan mampu mencetak 1 gol dari 1 tembakan yang ia lakukan.

2. Giorgio Scalvini tampil disiplin di lini pertahanan Atalanta

6 Pemain Terbaik pada Leg Pertama Semifinal Liga Europa 2023/2024Giorgi Scalvini (atalanta.it}

Untuk lini pertahanan, Giorgi Scalvini menjadi pemain yang tampil paling gemilang untuk Atalanta. Bek tengah berusia 20 tahun tersebut sangat menyulitkan lawan sehingga Marseille kesulitan dalam mencetak gol. Pada pertandingan tersebut, Scalvini mencatat 6 clearence, 3 blok, 3 tekel, dan 80 persen kemenangan duel. Itu sudah cukup untuk menahan gempuran pemain Marseille yang sangat bernafsu mencetak gol di kandangnya sendiri.

3. Chancel Mbemba (Marseille) menjalankan peran ganda

6 Pemain Terbaik pada Leg Pertama Semifinal Liga Europa 2023/2024Chancel Mbemba (instagram.com/chancel22)

Chancel Mbemba merupakan pemain yang berposisi sebagai bek tengah di Olympique Marseille. Namun, pada laga melawan Atalanta pada leg pertama semifinal Liga Europa 2023/2024, Mbemba justru menjalani peran ganda. Ia berperan sebagai penjaga pertahanan sekaligus pencetak gol bagi Marseille. Sepanjang laga, bek asal Republik Demokratik Kongo ini mencatat 1 gol, 2 intersep, clearence, 1 blok, dan persentase kemenangan duel yang mencapai 50 persen.

Baca Juga: 6 Pemain Terbaik Leg Pertama Semifinal Liga Champions Eropa 2023/2024

4. Robert Andrich mendominasi lini tengah Bayer Leverkusen

6 Pemain Terbaik pada Leg Pertama Semifinal Liga Europa 2023/2024Robert Andrich (bayer04.de)

Robert Andrich layak diberikan penghargaan Man of the Match pada laga AS Roma vs Bayer Leverkusen. Gelandang Bayer Leverkusen ini tampil sangat dominan di lini tengah. Ia mencetak 1 gol, 2 umpan kunci, 2 tekel, serta mencatat 90 persen akurasi umpan dengan persentase 50 persen kemenangan duel. Kontribusi besar Andrich ini berhasil membuat Bayer Leverkusen menaklukkan AS Roma dengan skor 2-0 di Stadio Olimpico.

5. Alejandro Grimaldo catatkan statistik manis untuk Bayer Leverkusen

6 Pemain Terbaik pada Leg Pertama Semifinal Liga Europa 2023/2024Alejandro Grimaldo (bayer04.de)

Selain Robert Andrich, penampilan Alejandro Grimaldo pada laga melawan AS Roma juga layak untuk dibicarakan. Bek kiri asal Spanyol itu mencatatkan statistik yang sangat menarik. Bermain di sisi sayap, Grimaldo tampil sangat mobile dalam menyerang dan bertahan. Ia mencatat 1 assist, 4 umpan kunci, 3 clearence, 2 intersep, dan 4 tekel. Selain itu, Grimaldo juga mencatatkan 94 persen akurasi umpan dan memenangkan duel hingga 93 persen.

6. Paulo Dybala tampil menonjol untuk AS Roma

6 Pemain Terbaik pada Leg Pertama Semifinal Liga Europa 2023/2024Paulo Dybala (asroma.com)

Paulo Dybala tampaknya menjadi satu-satunya pemain AS Roma yang tampil menonjol pada laga melawan Bayer Leverkusen. Pemain asal Argentina ini memang tak mencetak gol maupun assist. Namun, ia sukses mendapat statistik yang baik. Sepanjang laga, Dybala mencatat 54 sentuhan, 2 umpan kunci, 92 persen akurasi umpan, dan 93 persen kemenangan duel. Sayangnya, itu tak cukup untuk menghindarkan AS Roma dari kekalahan 0-2 atas Bayer Leverkusen pada leg pertama semifinal Liga Europa 2023/2024.

Kemenangan yang diraih Bayer Leverkusen di Stadio Olimpico adalah modal bagus untuk menghadapi leg kedua. Namun, juara Bundesliga Jerman 2023/2024 tersebut juga harus waspada dengan kebangkitan AS Roma. Di sisi lain, pertandingan seru akan kembali terjadi di Gewiss Stadium saat Atalanta Bergamo menjamu Olympique Marseille pada leg kedua.

Baca Juga: 3 Fakta Usai AS Roma Tembus Semifinal Liga Europa

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya