5 Pemain Ternama yang Pernah Membela Venezia dalam 10 Tahun Terakhir

Ada Emil Audero

Venezia merupakan salah satu klub Serie B Italia yang sedang banyak dibicarakan. Selain karena dibela bek naturalisasi Indonesia, Jay Idzes, Venezia juga menjadi salah satu klub yang tampil gemilang di Serie B 2023/2024. Klub berjuluk I Lagunari bertengger di posisi ketiga hingga pekan ke-36 Serie B 2023/2024.

Hal tersebut membuka peluang bagi Venezia untuk promosi dan bermain di Serie A 2024/2025. Venezia sendiri tak begitu asing di telinga penggemar Serie A. Klub ini pernah bermain di kasta tertinggi dan pernah dibela beberapa pemain ternama. Setidaknya dalam 10 tahun terakhir, inilah 6 pemain ternama yang pernah berseragam Venezia.

1. Sergio Romero hanya bertahan semusim di Venezia

5 Pemain Ternama yang Pernah Membela Venezia dalam 10 Tahun TerakhirSergio Romero (premierleague.com)

Sergio Romero merupakan mantan kiper utama Timnas Argentina. Ia menjalani peran tersebut di berbagai ajang, termasuk Piala Dunia 2010 dan Piala Dunia 2014. Di level klub sendiri, Romero pernah membela beberapa klub ternama, seperti Sampdoria, AS Monaco, AZ Alkmaar, Boca Juniors, dan Manchester United.

Sebelum menjadi bagian dari skuad Boca Juniors pada 2022/2023, Romero pernah berseragam Venezia untuk 2021/2022. Kala itu, Venezia tampil di Serie A Italia. Namun, Romero bermain tak begitu baik dengan mencatat 3 nirbobol dari 16 laga dan kebobolan 33 gol.

2. Guglielmo Vicario berkembang bersama Venezia

5 Pemain Ternama yang Pernah Membela Venezia dalam 10 Tahun TerakhirGuglielmo Vicario (twitter.com/SpursOfficial)

Guglielmo Vicario mulai menjadi pemain top setelah ia dipilih sebagai kiper utama Tottenham Hotspur 2023/2024. Ia menggeser dominasi Hugo Lloris yang telah bertahan selama bertahun-tahun. Bicara soal penampilan, Vicario pun tak mengecewakan bersama Tottenham Hotspur.

Jauh sebelum itu, Vicario pernah 4 musim (2015--2019) berseragam Venezia. Mantan kiper Empoli dan Cagliari ini berkembang bersama klub tersebut. Bahkan, Venezia layak disebut sebagai tempat bagi Vicario untuk memperbaiki kariernya. Vicario sendiri mencatat 89 laga dengan torehan 26 nirbobol selama berseragam I Lagunari.

Baca Juga: 5 Klub yang Meraih Gelar Juara Serie A Italia di Sisa 5 Laga Terakhir

3. Emil Audero pernah dipinjamkan ke Venezia pada 2017/2018

5 Pemain Ternama yang Pernah Membela Venezia dalam 10 Tahun TerakhirEmil Audero (instagram.com/emil_audero)

Kiper Inter Milan yang lahir di Indonesia, Emil Audero, pernah berseragam Juventus dari 2015--2019. Akan tetapi, ia tak begitu gemilang bersama Si Nyonya Tua. Oleh karena itu, ia sering dibangkucadangkan, bahkan dipinjamkan kepada tim lain.

Salah satu destinasi peminjaman Audero kala berseragam Juventus adalah Venezia. Momen tersebut terjadi pada 2017/2018. Selama semusim berseragam Venezia, Audero tampil cukup gemilang dengan mencatat 39 laga dengan torehan 14 nirbobol di ajang Serie B Italia.

4. Luis Nani hanya setengah musim berseragam Venezia

5 Pemain Ternama yang Pernah Membela Venezia dalam 10 Tahun TerakhirLuis Nani (melbournevictory.com.au)

Kiprah Luis Nani sebagai pesepak bola cukup populer. Pemain asal Portugal ini pernah menjadi wonderkid kala berseragam Sporting CP dan Manchester United. Setalah hengkang dari Manchester United pada 2015, Nani menjadi pemain yang sangat sering berpindah-pindah tim.

Salah satu klub yang sempat ia bela adalah Venezia. Namun, ia hanya bertahan selama setengah musim pada paruh kedua 2021/2022. Misinya kala itu ialah mempertahankan Venezia dari zona degradasi. Sayangnya, Nani tak bisa berbuat banyak dan gagal menyelamatkan Venezia dari degradasi.

5. Venezia jadi klub non-Spanyol pertama yang dibela Denis Cheryshev

5 Pemain Ternama yang Pernah Membela Venezia dalam 10 Tahun TerakhirDenis Cheryshev (veneziafc.it)

Denis Cheryshev merupakan salah satu pemain berbakat asal Rusia yang pernah tampil untuk empat klub raksasa Spanyol. Pemain yang berposisi sebagai winger kiri ini sempat berseragam Real Madrid, Sevilla, Villarreal, dan Valencia. Namun, ia hanya tampil impresif untuk Valencia dan Villarreal.

Setelah berkelana di LaLiga Spanyol, Cheryshev pun memulai petualangannya di Italia bersama Venezia. Ia bergabung sejak 2022/2023. Hingga kini, Cheryshev masih menjadi bagian dari klub ini, tetapi kiprahnya tak begitu gemilang pada 2023/2024.

Selain keenam nama di atas, sebetulnya ada beberapa nama yang cukup akrab di telinga penggemar sepak bola, khususnya di Indonesia. Jay Idzes, Mattia Caldara, Michael Cuisance, Ethan Ampadu, dan Joel Pohjanpalo menjadi beberapa di antaranya. Mereka pernah membela Venezia dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Baca Juga: 3 Pemain Penting di Balik Sukses Inter Milan Juara Serie A

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya