5 Pemain Tertua yang Tampil dalam Sejarah Gelaran Piala Dunia

Telah melewati kepala empat

Piala Dunia bak sebuah turnamen perang bintang. Para pemain muda yang sedang naik daun dan para pemain terbaik di usia emas datang untuk mengharumkan nama negaranya masing-masing demi sebuah gengsi dan kebanggaan.

Tak hanya itu, pemain veteran dengan kualitas dengan segudang pengalaman juga ikut serta dalam turnamen ini. Beberapa pemain berusia kepala empat sering ikut meramaikan. Berikut ini kami rangkum lima pemain tertua yang tampil dalam sejarah gelaran Piala Dunia.

1. Essam El Hadary

5 Pemain Tertua yang Tampil dalam Sejarah Gelaran Piala DuniaEssam El Hadary (twitter.com/fifaworldcup)

Rekor pemain tertua yang sempat bertahan empat tahun akhirnya pecah pada laga Mesir kontra Arab Saud pada Piala Dunia 2018. Pada laga tersebut, Essam El Hadary sukses mencatatkan rekor sebagai pemain tertua yang tampil di Piala Dunia.

Kala itu El Hadary bermain pada usia 45 tahun, 5 bulan, dan 10 hari. Kiper Timnas Mesir tersebut bermain selama 90 menit pada laga yang berakhir dengan kemenangan Arab Saudi tersebut.

2. Faryd Mondragon

5 Pemain Tertua yang Tampil dalam Sejarah Gelaran Piala DuniaFaryd Mondragon (twitter.com/FarydMondragon)

Empat tahun sebelumnya, Faryd Mondragon sukses memecahkan rekor pemain tertua di Piala Dunia yang bertahan sangat lama. Kiper asal Kolombia ini bermain kala Kolombia menghancurkan Jepang pada fase grup Piala Dunia 2014.

Faryd Mondragon bermain selama 5 menit kala itu untuk menggantikan David Ospina. Catatan tersebut cukup untuk menggeser rekor Roger Milla yang kala itu bertahan sangat lama. Faryd sendiri bermain pada usia 43 tahun 3 hari.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik Prancis di Piala Dunia 2018, Juara Dunia!

3. Roger Milla

5 Pemain Tertua yang Tampil dalam Sejarah Gelaran Piala DuniaRoger Milla (twitter.com/fifaworldcup)

Roger Milla menjadi satu-satunya pemain yang bukan berposisi sebagai kiper dalam daftar ini. Penyerang Timnas Kamerun ini pernah memegang lama rekor sebagai pemain tertua yang tampil di Piala Dunia.

Roger Milla mencatatkan rekor tersebut kala Kamerun kalah dari Rusia dengan skor 6-1 pada Piala Dunia 1994. Hebatnya lagi, Roger Milla mencetak gol pada laga tersebut yang membuat ia menjadi pencetak gol tertua di Piala Dunia dengan usia 42 tahun, 1 bulan, dan 8 hari.

4. Pat Jennings

5 Pemain Tertua yang Tampil dalam Sejarah Gelaran Piala DuniaPat Jennings (arsenal.com)

Tepat pada usia 41 tahun, Pat Jennings sukses catatkan penampilan tertua di Piala Dunia hingga edisi 1986. Kiper Timnas Irlandia Utara ini bermain selama 90 menit kala negaranya kalah dari Brasil pada babak fase grup.

Rekor tersebut bertahan selama delapan tahun hingga akhirnya dipecahkan oleh Roger Milla pada Piala Dunia 1994. Pertandingan tersebut juga mnenjadi laga terakhirnya sebagai pesepak bola profesional.

5. Peter Shilton

5 Pemain Tertua yang Tampil dalam Sejarah Gelaran Piala DuniaPeter Shilton (lcfc.com)

Kiper legendaris Inggris, Peter Shilton, juga termasuk sebagai pemain tertua yang tampil di ajang Piala Dunia. Peter Shilton mencatatkan rekor ini pada Juli 1990 ketika Inggris dikalahkan Italia pada perebutan juara ketiga.

Pada laga tersebut, Peter Shilton berusia 40 tahun, 9 bulan, dan 19 hari. Pertandingan tersebut merupakan laga terakhir Shilton bersama Timnas Inggris, namun bukan laga terakhirnya sebagai pesepak bola profesional.

 

Jika diperhatikan secara saksama, pemain-pemain yang berposisi sebagai kiper menjadi yang paling mendominasi dalam daftar ini. Ketahanan fisik, kualitas, dan pengalaman jadi kunci para pemain ini bisa mencatatkan rekor yang membanggakan.

Baca Juga: 8 Fakta Peter Shilton, Kiper yang Dibobol Gol 'Tangan Tuhan' Maradona

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya