Comscore Tracker

5 Pemain Tertua yang Membela Klub Ligue 1 Musim 2021/2022

Siapa yang terbaik menurutmu?

Di antara lima liga top Eropa lain, popularitas Ligue 1 atau kasta tertinggi sepak bola Prancis ini memang sangatlah jauh. Bahkan pada tahun ini, posisi Ligue 1 sebagai liga top Eropa perlahan goyah dengan konsistensi yang ditunjukan oleh Liga Portugal.

Namun jika dilihat dari rataan umur dan bakat yang ada, Ligue 1 lebih banyak diisi oleh pemain muda dan pemain-pemain di usia matang. Jarang sekali ada pemain yang berumur di atas 35 tahun di liga ini.

Lantas, siapa sajakah pemain-pemain yang menjadi tertua di liga ini? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya, check this out!

1. Nicolas Penneteau

5 Pemain Tertua yang Membela Klub Ligue 1 Musim 2021/2022Nicolas Penneteau (playmakerstats.com)

Gelar pemain tertua Ligue 1 musim 2021/2022 jatuh kepada kiper ketiga Stade Reims, bernama Nicolas Penneteau. Saat ini, Penneteau menjadi satu-satunya pemain berumur 40 tahun di kompetisi Ligue 1.

Musim ini juga menjadi musim baru bagi Penneteau, setelah lama meninggalkan Ligue 1 untuk bergabung bersama RSC Charleroi di Jupiler Pro League, Belgia, sejak tahun 2014.

Jika dihitung dari awal kariernya, tahun ini merupakan musim ke-17 bagi Penneteau bermain di Ligue 1. Karena sebelumnya, Penneteau juga pernah membela SC Bastia dan Valenciennes FC.

2. Eiji Kawashima

5 Pemain Tertua yang Membela Klub Ligue 1 Musim 2021/2022Eiji Kawashima (theasiangame.net)

Jika Makoto Hasebe merupakan pemain asing tertua di Bundesliga, maka rekan senegaranya, Eiji Kawashima merupakan pemain asing tertua di Ligue 1 dengan usia 38 tahun. Kiper berkebangsaan Jepang ini mulai datang ke Ligue 1 di tahun 2016 untuk bergabung bersama FC Metz dari Dundee United, Skotlandia.

Dan pada tahun 2018, Kawashima akhirnya pindah ke RC Strasbourg dengan status free transfer. Pada musim lalu, Kawashima bermain sebanyak 24 pertandingan dan berstatus sebagai kiper utama. Namun seiring menungkatnya performa Matz Sels, peran Eiji Kawashima musim ini bergeser menjadi kiper cadangan.

Baca Juga: 6 Pemain Ligue 1 yang Berpotensi Meraih Penghargaan Golden Boy 2021

3. Dante Bonfim

5 Pemain Tertua yang Membela Klub Ligue 1 Musim 2021/2022Dante Bonfim (lookcharms.com)

Nama selanjutnya ialah mantan bek Bayern Munchen dan timnas Brazil, Dante Bonfim. Pemain kelahiran Salvador da Bahia 18 Oktober 1983 ini berstatus sebagai bek utama dan kapten tim OGC Nice, sejak pindah dari VfL Wolfsburg di tahun 2016.

Dalam karier Dante, Ligue 1 merupakan Liga Eropa pertama yang Ia datangi sejak merantau dari Liga Brasil. Tepatnya pada tahun 2004, saat ia bergabung dari LOSC Lille dari Esporte Juventude. Sejauh ini, Dante telah mengemas 6 gol dan 7 assists dari 165 laga untuk OGC Nice.

4. Jose Fonte

5 Pemain Tertua yang Membela Klub Ligue 1 Musim 2021/2022Jose Fonte (90min.com)

Sama seperti Dante Bonfim, Jose Fonte juga menjadi pemain paling tua dan kapten di timnya. Fonte lahir pada 22 Desember 1983, dan saat ini umurnya telah menginjak 37 tahun. Musim ini merupakan musim ketiga bagi Jose Fonte untuk membela LOSC Lille di kompetisi Ligue 1.

Sebelumnya, Fonte tidak pernah bermain di Ligue 1 sama sekali. Kariernya lebih lama Ia habiskan di Prmeier League dan Liga Portugal, walaupun sempat berkarier di Liga China sebelum pindah ke Lille.

Berdasarkan statistik, kariernya di Lille lebih baik ketimbang karer Fonte sebelum-sebelumnya. Karena sejauh ini, Fonte telah mengoleksi 8 gol dan 4 assists dari 122 pertandingan serta berhasil mengawinkan gelar juara domestik untuk LOSC Lille di musim lalu.

5. Romain Salin

5 Pemain Tertua yang Membela Klub Ligue 1 Musim 2021/2022Romain Salin (starswiki.net)

Setelah cukup lama berkarier di Liga Portugal, Romain Salin akhirnya kembali ke negaranya untuk bergabung bersama Stade Rennes pada jendela transfer musim panas 2019. Saat ini, Salin telah berusia 37 tahun dan berperan sebagai kiper kedua Stade Rennes.

Sebetulnya tidak banyak cerita mengenai Salin di kasta tertinggi sepak bola Prancis. Pasalnya sebelum berkarier di Liga Portugal, Salin hanya bermain untuk-tim-tim di kasta kedua Liga Prancis seperti Libourne, FC Lorient, dan FC Tours. Musim terbaiknya di Ligue 1 pun terjadi pada musim lalu ketika Ia berhasil mengoleksi 15 laga dengan torehan 5 cleansheets.

 

Itulah 5 pemain tertua yang membela klub Ligue 1 musim 2021/2022. Dengan fakta bahwa Ligue 1 lebih banyak diisi oleh pemain di usia matang, apakah Ligue 1 memang dikhususkan sebagai liga untuk para pemain muda atau bisa jadi menjadi surga bagi para pemain senior yang ingin menghabiskan sisa kariernya?

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Menjuarai Ligue 1 bersama Dua Klub Berbeda

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya