6 Pemain Top yang Tak Dibawa Timnas Italia ke Euro 2024

Pemain senior luput dari amatan

Intinya Sih...

  • Luciano Spaletti umumkan skuad sementara Italia untuk Euro 2024
  • Ciro Immobile, Alessandro Florenzi, Manuel Locatelli, dan Marco Verratti tak masuk dalam daftar
  • Keputusan pemanggilan menimbulkan kontroversi terkait absennya pemain senior yang berpengalaman

Luciano Spaletti mengumumkan daftar pemain sementara yang akan Timnas Italia bawa ke Euro 2024. Skuad ini berisi 29 pemain yang kemudian diseleksi kembali menjadi 23 pemain. Jika dilihat secara terperinci, maka skuad ini lebih banyak dihuni pemain muda.

Keputusan Spaletti ini berdampak kepada absennya beberapa pemain senior dengan nama besar. Kebanyakan dari mereka adalah pahlawan Italia ketika menjadi juara Euro 2020. Berikut inilah enam pemain top yang tak dibawa Timnas Italia ke skuad sementara untuk Euro 2024.

1. Ciro Immobile tampil kurang maksimal pada 2023/2024

6 Pemain Top yang Tak Dibawa Timnas Italia ke Euro 2024Ciro Immobile (x.com/EURO2024)

Perlu diakui jika permainan Ciro Immobile mengalami penurunan yang drastis selama 2023/2024. Torehan statistik, terutama golnya bersama Lazio, sangat merosot dibandingkan beberapa musim sebelumnya. Oleh karena itu, Immobile tak lagi dilirik Luciano Spaletti untuk Euro 2024.

2. Alessandro Florenzi kalah saing dari pemain muda

6 Pemain Top yang Tak Dibawa Timnas Italia ke Euro 2024Alessandro Florenzi (x.com/EURO2024)

Alessandro Florenzi memiliki menit bermain yang cukup bersama AC Milan pada 2023/2024. Ia tampil sebagai pemain yang bisa menempati dua posisi bek sayap, yakni bek kanan dan bek kiri. Kendati demikian, Florenzi dinilai kalah saing dari sejumlah pemain muda Italia. Ini karena banyak bek Italia yang sangat berkembang pada musim ini.

3. Manuel Locatelli sebenarnya tampil baik di Juventus

6 Pemain Top yang Tak Dibawa Timnas Italia ke Euro 2024Manuel Locatelli (x.com/EURO2024)

Manuel Locatelli menjadi salah satu pemain penting Timnas Italia pada Euro 2020. Akan tetapi, Locatelli justru dilupakan dan tak dibawa untuk Euro 2024. Padahal, Locatelli menjalani musim yang sangat hebat bersama Juventus musim ini. Keputusan tak memanggil Locatelli ke Euro 2024 tampak seperti sebuah perjudian bagi Luciano Spaletti. Sebab, sang manajer lebih memilih beberapa pemain muda yang minim pengalaman untuk menjadi pengganti Locatelli.

Baca Juga: 4 Pemain PSG yang Dipanggil Timnas Portugal ke Euro 2024

4. Marco Verratti tak masuk radar Timnas Italia

6 Pemain Top yang Tak Dibawa Timnas Italia ke Euro 2024Marco Verratti (x.com/EURO2024)

Mantan pentolan Timnas Italia, Marco Verratti, bermain cukup baik bersama Al Arabi di Qatar Stars League 2023/2024. Ia menjadi top assist untuk timnya musim ini. Akan tetapi, Verratti tampaknya tak masuk ke dalam radar Timnas Italia. Sebab, gelandang tengah berusia 31 tahun ini bermain di liga non-Eropa yang kerap dipandang sebelah mata.

5. Leonardo Bonucci masih berharap untuk membela Timnas Italia di Euro 2024

6 Pemain Top yang Tak Dibawa Timnas Italia ke Euro 2024Leonardo Bonucci (twitter.com/EURO2024)

Bek Fenerbahce, Leonardo Bonucci, merupakan salah satu bintang penting yang membawa Timnas Italia juara Euro 2024. Mentalitas juara dan duetnya bersama Giorgio Chiellini benar-benar menyulitkan kala itu. Namun, perlu diakui jika Bonucci sudah tak lagi muda dan tak sehebat dahulu. Meski begitu, Bonucci mengaku jika dirinya sangat berharap bisa membela Timnas Italia di Euro 2024.

6. Lorenzo Insigne tak begitu gemilang di Major League Soccer

6 Pemain Top yang Tak Dibawa Timnas Italia ke Euro 2024Lorenzo Insigne (twitter.com/EURO2024)

Sejak pindah dari Napoli pada 2022, nama Lorenzo Insigne sudah jarang terdengar. Hal itu bisa terjadi karena Insigne bermain di Major League Soccer, Amerika Serikat. Selain itu, Insigne juga sudah tak setajam dahulu. Oleh karena itu, Insigne tak dibawa untuk memperkuat Italia di Euro 2024.

Pemanggilan salah satu pemain senior dalam daftar ini sebetulnya sudah cukup untuk membantu skuad Italia di Euro 2024. Sebab, keenam nama ini memiliki mentalitas yang kuat untuk menjadi juara. Mereka layak untuk membimbing para juniornya di Gli Azzurri.

Baca Juga: 4 Pemain Tajam EPL yang Tak Dibawa Inggris ke Euro 2024 

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya