5 Pemain yang Jadi Tumpuan Vicente Del Bosque saat Melatih Real Madrid

Vicente Del Bosque adalah legenda Real Madrid

Selain disebut sebagai legenda Spanyol, Vicente Del Bosque juga pantas disebut sebagai legenda di Real Madrid. Pria berusia 73 tahun ini benar-benar mengabdi bagi Real Madrid, baik sebagai pemain maupun manajer. Bahkan, saat menjadi manajer, Del Bosque pernah menangani Real Madrid dari tim akademi, Castilla, hingga tim senior.

Del Bosque sendiri menjabat sebagai manajer tim senior Real Madrid dari 1999--2003. Dalam kurun waktu tersebut, Del Bosque mampu meraih 2 gelar juara UEFA Champions League (UCL), 2 gelar juara LaLiga Spanyol, dan 1 Copa Del Rey. Hal itu bisa ia dapatkan karena materi pemain hebat Real Madrid yang diracik oleh taktik Del Bosque.

Saat melatih Real Madrid, Del Bosque dikelilingi deretan pemain ternama. Sejumlah pemain bahkan dimainkan Del Bosque berulang sehingga termasuk sebagai pemain andalan. Dari puluhan pemain yang pernah dimainkan Del Bosque di Real Madrid, inilah lima pemain yang paling diandalkannya.

1. Roberto Carlos menjalani masa kejayaannya di bawah arahan Vicente Del Bosque dalam 201 laga

5 Pemain yang Jadi Tumpuan Vicente Del Bosque saat Melatih Real MadridRoberto Carlos (fifa.com)

Bukan lagi menjadi rahasia masa emas Roberto Carlos di sepak bola terjadi ketika ia membela Real Madrid. Vicente Del Bosque tentu tak melewatkan kesempatan dalam mengeksploitasi kehebatan bek kiri asal Brasil. Dengan kemampuan bertahan yang kuat, umpan yang jitu, lari yang cepat, serta tembakan yang keras, Carlos jelas sangat unggul. Tak heran Del Bosque menurunkan Carlos sebanyak 201 laga. Dalam kurun waktu tersebut, Carlos mencetak 29 gol dan 44 assist.

2. Raul Gonzalez menjadi yang paling tajam dalam 195 laga

5 Pemain yang Jadi Tumpuan Vicente Del Bosque saat Melatih Real MadridRaul Gonzalez (realmadrid.com)

Kualitas Raul Gonzalez di Real Madrid telah terlihat sejak ia masih muda. Pria yang dijuluki sebagai Pangeran Madrid ini adalah kunci sukses dari kehebatan Vicente Del Bosque kala melatih Real Madrid. Saat dilatih Del Bosque, Raul tampil menggila dengan torehan 108 gol dan 46 assist dari 195 laga. Catatan itu merupakan yang paling produktif dibandingkan puluhan pemain lain yang pernah dimainkan Del Bosque di Real Madrid.

Baca Juga: 5 Pemain Spanyol Terakhir yang Tajam bersama Real Madrid, Ada Joselu

3. Ivan Helguera mengawal posisi bek tengah sebanyak 185 laga

5 Pemain yang Jadi Tumpuan Vicente Del Bosque saat Melatih Real MadridIvan Helguera (realmadrid.com)

Untuk posisi bek tengah, Vicente Del Bosque secara konsisten mengandalkan Ivan Helguera. Pria kelahiran Santander ini terkenal kuat dan jago dalam bola udara. Tak hanya itu, Helguera juga gemar membantu penyerangan untuk mencetak gol. Oleh karena itu, Helguera bisa mencatat 23 gol dan 11 assist selama dilatih Del Bosque. Torehan tersebut ia catatkan dalam 185 pertandingan.

4. Iker Casillas mendapatkan tempat utama ketika dilatih Vicente Del Bosque

5 Pemain yang Jadi Tumpuan Vicente Del Bosque saat Melatih Real MadridIker Casillas (realmadrid.com)

Iker Casillas harus berterima kasih kepada jasa besar Vicente Del Bosque. Pasalnya, Del Bosque merupakan orang yang berperan dalam mempromosikan Casillas ke tim utama Real Madrid. Selain itu, Del Bosque juga menjadi sosok yang mempercayai Casillas untuk mengisi posisi utama kiper Real Madrid dan Timnas Spanyol dalam beberapa tahun. Casillas sendiri mencatat 184 laga selama dilatih Del Bosque di Real Madrid.

5. Michel Salgado yang serba bisa mencatat 183 laga

5 Pemain yang Jadi Tumpuan Vicente Del Bosque saat Melatih Real MadridMichel Salgado (instagram.com/threalsalgado)

Michel Salgado adalah sosok pemain bertahan yang serba bisa. Pria kelahiran As Neves itu mampu bermain apik sebagai seorang bek tengah dan bek kanan. Oleh karena itu, Vicente Del Bosque gemar memainkannya. Di bawah arahan Del Bosque, Salgado mencatat 183 laga dengan torehan 2 gol dan 15 assist.

Selain kelima nama di atas, Vicente Del Bosque juga pernah menangani pemain-pemain dengan status mega bintang di Real Madrid. Luis Figo, Zinedine Zidane, Ronaldo, Nazario, dan Fernando Hierro menjadi beberapa di antaranya. Dengan materi pemain berlimpah, tak heran Vicente Del Bosque bisa meraih banyak prestasi.

Baca Juga: Alphonso Davies dan Legenda Bek Sayap Real Madrid

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya