3 Pemain Valencia 2023/2024 yang Pernah Main di Premier League

Tak begitu mentereng di Inggris

Meski prestasinya dapat dikatakan menurun dalam 5 tahun terakhir, Valencia tetap layak disebut sebagai klub besar. Klub berlogo kelalawar ini selalu menjadi tempat singgahnya pemain berlabel bintang, baik saat masih muda maupun sudah berusia veteran. Hal tersebutlah yang membuat Valencia selalu kuat.

Valencia juga kerap mendatangkan deretan pemain berpengalaman, khususnya yang pernah bermain di English Premier League. Pada 2023/2024 saja, ada tiga eks pemain Premier League yang berseragam Los Che. Siapa sajakah ketiga nama yang dimaksud serta seperti apa kiprahnya di EPL dan Valencia saat ini?

1. Dimitri Foulquier bolak-balik dipinjamkan Watford

3 Pemain Valencia 2023/2024 yang Pernah Main di Premier LeagueDimitri Foulquier (valenciacf.com)

Dimitri Foulquier merupakan salah satu pemain rotasi yang paling sering dimainkan Valencia selama 2023/2024. Pria asal Guadeloupe ini memiliki menit bermain yang tak begitu merata. Foulquier sering bermain selama 90 menit laga dan tak jarang hanya bermain di sisa laga saja.

Kendati demikian, Foulquier sangat disukai karena mampu bermain di banyak posisi. Foulquier tercatat pernah menjalani peran sebagai bek kanan, bek kiri, sayap kanan, sayap kiri, dan penyerang kanan. Hingga pekan ke-33 LaLiga Primera Spanyol 2023/2024, Foulquier telah mencatat 28 laga.

Pemain yang berposisi asli sebagai bek kanan ini juga pernah bermain di Premier League bersama Watford. Namun, Foulquier kurang beruntung di Watford. Sebab, ia sangat sering dipinjamkan. Bahkan, ia hanya mampu mencatat 3 laga dengan rincian 58 menit di Premier League 2019/2020. 

2. Sergi Canos gagal bersama Liverpool, tetapi gemilang di Brentford

3 Pemain Valencia 2023/2024 yang Pernah Main di Premier LeagueSergi Canos (instagram.com/sergicanos)

Sergi Canos merupakan salah satu pemain jebolan akademi Liverpool yang gagal menembus tim utama. Winger kanan asal Spanyol ini hanya bisa mencatat satu laga bersama Liverpool di ajang Premier League. Momen tersebut terjadi selama 9 menit, tepatnya pada Premier League 2015/2016.

Setelah hengkang dari Liverpool, Canos sempat bermain untuk Norwich City dan Brentford. Bersama Brentford, Canos mampu mencatatkan 36 pertandingan lagi di ajang Premier League. Hal tersebut terjadi pada 2021/2022 dan 2022/2023. 

Setelah merantau keluar dari Spanyol dalam beberapa tahun, Canos pun pulang ke Spanyol pada awal musim 2023/2024 untuk bergabung dengan Valencia. Saat ini, Canos menjadi salah satu pemain reguler di skuad Valencia. Sayangnya, ia jarang bermain secara penuh. Sejauh ini saja, ia baru mencatat 1 gol dan 2 assist dari 22 laga di LaLiga 2023/2024.

3. Gabriel Paulista tersingkir dari skuad Arsenal

3 Pemain Valencia 2023/2024 yang Pernah Main di Premier LeagueGabriel Paulista (valenciacf.com)

Gabriel Paulista memang sangat erat dengan LaLiga Spanyol. Namun, bek asal Brasil ini juga pernah bermain di Premier League selama 1,5 tahun. Momen tersebut terjadi pada 2015--2017 ketika ia berseragam Arsenal.

Saat berseragam The Gunners, Paulista tampil cukup baik. Sayangnya, persaingan yang ketat membuat dirinya harus berbagi menit bermain. Oleh karena itu, Paulista hanya bertahan dalam kurun waktu singkat dengan catatan 46 laga dengan torehan 1 gol dan 1 assist.

Setelah hengkang dari Arsenal, Paulista pindah ke Valencia. Ia bermain di Los Che selama 6,5 tahun sebagai seorang bek utama. Ia juga sempat bermain selama 18 laga pada musim ini sebelum pindah ke Atletico Madrid pada bursa transfer musim dingin 2024.

Pada 2023/2024, skuad Valencia lebih didominasi oleh pemain muda yang potensial. Hal ini sebetulnya telah terjadi dalam beberapa tahun ke belakang di mana banyak pemain muda berkumpul di Valencia pada satu waktu. Namun, pada akhirnya, pemain-pemain ini dijual ke klub lain. Sebagai gantinya, datang pemain berpengalaman dari liga top Eropa lain, termasuk English Premier League.

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya