6 Pemain yang Paling Diandalkan Stefano Pioli selama Melatih AC Milan

Sukses memutus puasa gelar

Intinya Sih...

  • Stefano Pioli berpisah dengan AC Milan karena performa buruk timnya menjelang akhir musim 2023/2024.
  • Pioli sukses memutus puasa gelar AC Milan setelah 11 tahun dengan meraih gelar juara Serie A Italia 2021/2022.
  • Pemain andalan yang paling sering dimainkan oleh Pioli antara lain Theo Hernandez, Rafael Leao, dan Davide Calabria.

Kebersamaan Stefano Pioli dan AC Milan yang telah berjalan hampir 4 tahun harus berakhir menjelang akhir musim 2023/2024. Sang manajer berpisah dengan AC Milan karena performa buruk timnya. Pioli akan resmi berpisah setelah AC Milan menjalani laga terakhir musim ini pada Minggu (26/5/2024).

Selama membesut AC Milan, Pioli terhitung cukup gemilang. Ia sukses meraih trofi pertama dalam kariernya sebagai seorang manajer sepak bola, yakni gelar juara Serie A Italia 2021/2022. Trofi tersebut juga memutus puasa gelar AC Milan selama 11 tahun.

Untuk meraih performa yang gemilang di AC Milan, Pioli patut berterima kasih kepada beberapa pemain andalannya, terutama enam pemain ini yang paling sering ia mainkan. Siapa sajakah pemain yang dimaksud?

1. Theo Hernandez (208 laga) tampil sebagai bek sayap yang garang dalam menyerang

6 Pemain yang Paling Diandalkan Stefano Pioli selama Melatih AC MilanTheo Hernandez (acmilan.com)

Stefano Pioli semakin memperkuat potensi Theo Hernandez sebagai seorang bek sayap jempolan. Pria asal Prancis ini tampil sangat produktif, meski memiliki fungsi utama sebagai pemain bertahan. Hal tersebut membuat Hernandez makin populer karena diandalkan Pioli. Torehan 28 gol dan 40 assist dari 208 pertandingan hingga pekan ke-37 Serie A Italia 2023/2024 menjadi bukti kehebatan Hernandez di bawah arahan Pioli.

2. Rafael Leao (204 laga) tampil sangat produktif

6 Pemain yang Paling Diandalkan Stefano Pioli selama Melatih AC MilanRafael Leao (acmilan.com)

Pemain AC Milan paling produktif selama Stefano Pioli melatih ialah Rafael Leao. Pemain asal Portugal ini memang memiliki kemampuan hebat sebagai seorang winger. Ia cepat, menusuk, dan memiliki tendangan keras yang menyulitkan pertahanan lawan. Total 56 gol dan 49 assist dari 204 laga membuat Leao menjadi pemain paling produktif dibandingkan ratusan pemain yang pernah Pioli coba di AC Milan.

3. Davide Calabria ditunjuk Stefano Pioli sebagai kapten

6 Pemain yang Paling Diandalkan Stefano Pioli selama Melatih AC MilanDavide Calabria (acmilan.com)

Selepas kepergian Alessio Romagnoli ke Lazio, Davide Calabria pun ditunjuk Stefano Pioli sebagai kapten AC Milan. Bek asal Italia itu pun menjalankan peran yang dipercayakan dengan baik. Selain itu, Calabria juga seorang pemain yang hebat. Oleh karena itu, Pioli memainkannya dalam 166 laga. Dalam kurun waktu tersebut, Calabria mencetak 6 gol dan 15 assist.

Baca Juga: AC Milan dan Stefano Pioli Resmi Pisah Jalan, Diganti De Zerbi?

4. Ismael Bennacer (165 laga) makin berkembang pada era Stefano Pioli

6 Pemain yang Paling Diandalkan Stefano Pioli selama Melatih AC MilanIsmael Bennacer (acmilan.com)

Ismael Bennacer sangat berkembang ketika dilatih Stefano Pioli. Gelandang bertahan asal Aljazair ini tampak makin matang dengan performa yang ia tunjukkan. Bahkan, Bennacer sulit untuk tergantikan di posisi favoritnya itu meski ada sejumlah nama besar yang pernah menjadi saingannya. Bennacer sendiri menorehkan 165 laga dengan sumbangan 8 gol dan 11 assist di bawah Pioli.

5. Fikayo Tomori dimainkan sebanyak 141 laga

6 Pemain yang Paling Diandalkan Stefano Pioli selama Melatih AC MilanFikayo Tomori (twitter.com/fikayotomori_)

Cukup banyak opsi bek tengah yang dimiliki oleh AC Milan pada era kepelatihan Stefano Pioli. Namun, untuk yang paling diandalkan ialah Fikayo Tomori. Bek asal Inggris ini memang memiliki gaya bermain yang disukai banyak manajer. Tomori dikenal kuat, tegas, dan mampu membaca serangan lawan dengan baik. Tak heran jika 141 laga dengan sumbangan 7 gol dan 1 assist sukses Tomori cetak pada era Pioli.

6. Alexis Saelemaekers (140 laga) kerap jadi pemecah kebuntuan

6 Pemain yang Paling Diandalkan Stefano Pioli selama Melatih AC MilanAlexis Saelemaekers (acmilan.com)

Alexis Saelemaekers difungsikan sebagai pemain rotasi pada era Stefano Pioli. Kendati demikian, Saelemaekers mampu melakoni banyak laga. Pria asal Belgia itu mencatat 140 laga dengan torehan 10 gol dan 14 assist di bawah arahan Pioli. Saelemaekers bisa diandalkan karena ia kerap menjadi pemecah kebuntuan bagi Rossoneri.

Selain Alexis Saelemaekers, lima pemain lain masih mampu menambah torehan statistiknya di bawah arahan Stefano Pioli. Sebab, AC Milan dan Pioli masih memiliki satu laga tersisa pada pekan terakhir Serie A Italia 2023/2024 yang digelar, Minggu (26/5/2024). Di sisi lain, Saelemaekers juga sedang dipinjamkan ke Bologna FC.

Baca Juga: 3 Striker AC Milan 35 Tahun Lebih Tersubur di Serie A

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya