5 Pemain Terakhir yang Pensiun bersama Celtic FC

Joe Hart akan jadi nama selanjutnya

Joe Hart telah mengumumkan bahwa dirinya akan pensiun pada akhir musim 2023/2024. Dengan demikian, mantan kiper andalan Timnas Inggris ini akan menjadi pemain ke-31 yang pensiun bersama Celtic FC. Hal ini bisa terjadi karena saat ini Joe Hart bermain di klub asal Skotlandia tersebut.

Celtic FC memang menjadi tempat yang cocok bagi Joe Hart mengakhiri kariernya. Klub ini adalah klub besar dengan sejarah dan ideologi sepak bola yang panjang. Sebelum dirinya, ada sejumlah nama besar yang pernah pensiun di Celtic FC. Dua di antaranya masuk ke dalam daftar lima pemain terakhir yang pensiun di Celtic FC.

1. Aaron Mooy memutuskan pensiun meski masih dibutuhkan tim

5 Pemain Terakhir yang Pensiun bersama Celtic FCAaron Mooy (twitter.com/CelticFC)

Aoron Mooy bergabung dengan Celtic FC pada awal musim 2022/2023 dari Shanghai Port. Ia bermain selama semusim dengan mencatat 7 gol dan 11 assist dari 42 laga sebagai seorang gelandang. Angka tersebut tampak sangat baik dan memperlihatkan dirinya sebagai seorang pemain andalan.

Akan tetapi, keputusan mengejutkan Mooy lakukan pada akhir musim tersebut. Pemain asal Australia ini memutuskan pensiun pada usia 32 tahun. Padahal, Mooy masih bisa bertahan lebih lama di sepak bola dan masih dibutuhkan oleh Celtic FC.

2. Dorus de Vries 3 tahun berseragam Celtic FC sebagai kiper cadangan

5 Pemain Terakhir yang Pensiun bersama Celtic FCDorus de Vries (twitter.com/CelticFC)

Dorus de Vries merupakan kiper berkebangsaan Belanda yang menghabiskan kariernya bersama klub asal Skotlandia dan Inggris. Salah satu tim yang ia bela ialah Celtic FC. Klub tersebut juga menjadi klub terakhirnya sebagai seorang pesepak bola profesional.

De Vries memutuskan gantung sepatu pada akhir musim 2018/2019 setelah 3 tahun bermain untuk Celtic. Semasa bermain untuk klub Skotlandia itu, De Vries hanya berperan sebagai kiper cadangan dari Craig Gordon. Tak heran dirinya hanya mencatat 15 laga selama membela Celtic FC.

Baca Juga: Rapor 3 Rekrutan Baru Celtic asal Asia pada Awal 2023/2024, Ada Iwata!

3. Kolo Toure langsung diangkat sebagai staff kepelatihan

5 Pemain Terakhir yang Pensiun bersama Celtic FCKolo Toure (twitter.com/CelticFC)

Kolo Toure bergabung dengan Celtic FC pada awal musim 2016/2017 dengan sisa tenaga yang ia miliki. Bek asal Pantai Gading ini sangat bekerja keras kala bermain di English Premier League. Akan tetapi, permainan Toure tampak loyo ketika semusim membela Celtic FC.

Toure hanya mampu mencatat 17 pertandingan dengan rincian 1072 menit bermain. Toure tampaknya lebih tertarik dengan dunia kepelatihan ketimbang bertahan menjadi seorang pesepak bola kala itu. Oleh karena itu, ia memilih untuk pensiun pada 10 Agustus 2017. Uniknya, Toure langsung diangkat sebagai staff kepelatihan oleh Celtic FC pada 15 September 2017.

4. Kris Commons pensiun pada usia 32 tahun

5 Pemain Terakhir yang Pensiun bersama Celtic FCKris Commons (celticfc.com)

Selain Kolo Toure, Celtic FC juga kehilangan Kris Commons yang pensiun pada akhir musim 2016/2017. Commons memiliki masa bakti yang cukup lama bersama Celtic FC. Ia bergabung pada pada musim dingin 2011 dan bertahan selama 6,5 tahun.

Dalam kurun waktu tersebut, Commons mencatat 89 gol dan 72 assist dari 225 laga sebagai seorang gelandang serang. Angka tersebut sebetulnya masih bisa bertambah jika Commons melanjutkan kariernya. Pasalnya, ia pensiun pada usia 32 tahun.

5. Derk Boerrigter gagal bersinar kala membela Celtic FC

5 Pemain Terakhir yang Pensiun bersama Celtic FCDerk Boerrigter (kanan) (celticfc.com)

Derk Boerrigter merupakan seorang winger kiri yang pernah membela Celtic FC selama 2 musim. Ia bergabung pada awal musim 2013/2014 dan memutuskan untuk pensiun pada akhir musim 2015/2016. Keputusan Boerrigter untuk pensiun mungkin ditengarai oleh permainannya yang sudah tak lagi bagus.

Pasalnya, Boerrigter gagal bersinar kala membela Celtic FC. Sebagai seorang winger, Boerrigter dinilai kurang produktif. Ia hanya mencatat 1 gol dan 2 assist dari 26 laga yang ia jalani bersama klub ini.

Kris Commons dan Dorus de Vries diketahui mendapatkan perpisahan yang baik dari penggemar Celtic FC pada akhir musim. Hal tersebut yang mungkin akan didapat Joe Hart pada akhir musim 2023/2024. Meski hanya 3 tahun membela Celtic FC, Joe Hart tetaplah nama besar yang punya kontribusi masif di klub ini.

Baca Juga: 5 Kiper Top yang Kini Berkarier di Luar Liga Top Eropa, Ada Joe Hart

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya