5 Pemain yang Pernah Didatangkan AS Roma dari PSG

Leandro Paredes dan Renato Sanches terbaru!

Roma dan Paris merupakan dua ibu kota negara di Eropa yang jaraknya relatif tak terlalu jauh. Kota-kota ini memilki klub kebanggaan yang menjadi representasi besarnya kota tersebut. Roma memiliki AS Roma sebagai klub kebanggaan, sedangkan Paris memiliki Paris Saint-Germain (PSG) yang menjadi tim paling menonjol di ibu kota Prancis.

Kedua klub cukup sering bekerja sama dalam urusan transfer pemain. Baru-baru ini, AS Roma mendatangkan dua pemain dari PSG. Jika dihitung beserta 2 pemain tersebut, AS Roma pernah mendatangkan 5 pemain dari PSG. Siapa sajakah kelima pemain yang dimaksud?

1. Lucas Digne menjadi pemain pinjaman yang memukau

5 Pemain yang Pernah Didatangkan AS Roma dari PSGLucas Digne (asroma.com)

Lucas Digne menjadi pemain yang pertama kali datang dari PSG ke AS Roma. Pemain berposisi bek kiri ini bergabung dengan AS Roma sebagai pemain pinjaman dengan durasi setahun pada 2015/2016. Meski terhitung singkat, performa Digne cukup menarik perhatian.

Digne bermain sangat apik sebagai pemain bertahan yang cukup sering membantu penyerangan. Torehan 3 gol dan 4 assist menjadi bukti kehebatan sang pemain di AS Roma. Sayangnya, AS Roma gagal memermanenkan Digne. Ia justru dijual PSG ke Barcelona pada musim panas 2016.

2. Javier Pastore gagal bersinar di ibu kota Italia

5 Pemain yang Pernah Didatangkan AS Roma dari PSGJavier Pastore (asroma.com)

Javier Pastore yang mulai tergeser karena kedatangan deretan pemain bintang di PSG akhirnya hengkang pada musim panas 2018. Gelandang serang asal Argentina ini pun dijual ke AS Roma. Saat bermain di tim ibu kota Italia ini, Pastore justru gagal bersinar.

Pasalnya, ia mengalami serangkaian cedera parah yang membuatnya absen dalam banyak laga. Padahal, Pastore diharapkan untuk bersinar di Serie A, persis seperti apa yang ia lakukan kala berseragam Palermo. Dari 3 tahun (2018--2021) masa baktinya di AS Roma, Pastore hanya bisa mencatat 37 laga dengan torehan 4 gol dan 3 assist.

Baca Juga: Suka dan Duka Jose Mourinho Jadi Manajer AS Roma

3. Cedera membuat Georginio Wijnaldum gagal tampil maksimal

5 Pemain yang Pernah Didatangkan AS Roma dari PSGGeorginio Wijnaldum (en.psg.fr

Serupa dengan Javier Pastore, Georginio Wijnaldum pun gagal bersinar bersama AS Roma karena cedera. Momen tersebut terjadi pada 2022/2023 lalu ketika Wijnaldum dipinjam AS Roma. Pada 2023/2024, ia telah kembali ke PSG.

Bicara soal penampilannya di AS Roma, performa Wijnaldum jelas terganggu karena cedera yang dialaminya. Wakil kapten Timnas Belanda ini hanya bisa mencatat 23 pertandingan dengan sumbangan 2 gol dan 1 assist. Catatan pertandingan itu lebih banyak Wijnaldum jalani sebagai pemain rotasi.

4. Renato Sanches diharapkan tampil maksimal

5 Pemain yang Pernah Didatangkan AS Roma dari PSGRenato Sanches (asroma.com)

Pada Rabu (16/8/2023), AS Roma mendatangkan dua pemain dari PSG secara berbarengan. Salah satunya ialah Renato Sanches, pemain asal Portugal yang pernah meraih Golden Boy Award pada 2016. Renato berlabuh ke AS Roma sebagai pemain pinjaman.

Jika permainannya apik, maka Renato kemungkinan besar akan dipermanenkan. Oleh karena itu, ia mesti bekerja keras dan bersaing dengan Edoardo Bove, Lorenzo Pellegrini, dan Houssem Aouar untuk mampu menarik perhatian. Kepindahannya ke AS Roma pun menjadi jalan bagi Renato untuk memperbaiki kariernya.

5. Leandro Paredes reuni dengan AS Roma

5 Pemain yang Pernah Didatangkan AS Roma dari PSGLeandro Paredes (en.psg.fr)

Bersamaan dengan datangnya Renato Sanches, AS Roma mendatangkan Leandro Paredes dari PSG. Sebetulnya, Paredes bukanlah orang yang asing bagi tifosi Roma. Pasalnya, Paredes pernah berseragam AS Roma (2014--2017) sebelum pindah ke PSG.

Ini adalah momen reuni yang baik bagi Paredes dan AS Roma. Leandro Paredes sendiri datang sebagai pemain permanen yang dibeli dengan harga 2,5 juta euro (Rp41 miliar). Ia akan bermain di posisi gelandang bertahan dan bersaing dengan Bryan Cristante untuk mendapat tempat utama.

Kehadiran dua pemain baru AS Roma yang didatangkan dari PSG tentu diharapkan akan berpengaruh kepada tim. Penampilan apiknya menjadi yang diharapkan dalam hal ini. Semoga saja kedua pemain ini bisa memenuhi harapan dengan baik.

Baca Juga: 5 Pemain Pinjaman AS Roma dari Klub Inggris, Jadi Andalan?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya