6 Pemain yang Pernah Didatangkan Porto dari Barcelona

Nico Gonzalez menjadi yang terbaru

Porto merupakan tim raksasa Liga Portugal yang kerap mendatangkan pemain berbakat dari klub-klub kecil. Akan tetapi, Porto pun tak jarang mendatangkan pemain dari klub besar. Salah satunya ialah Barcelona.

Terhitung ada enam pemain yang pernah didatangkan Porto dari Barcelona. Mereka datang dengan status yang berbeda-beda. Siapa sajakah keenam nama yang dimaksud? Berikut pemain yang pernah didatangkan Porto dari Barcelona.

1. Juan Carlos Heredia

6 Pemain yang Pernah Didatangkan Porto dari BarcelonaJuan Carlos Heredia (players.fcbarcelona.com)

Pemain pertama yang didatangkan Porto dari Barcelona adalah Juan Carlos Heredia. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini merupakan pemain berkebangsaan Spanyol yang bermain untuk klub asal Katalan tersebut selama 8 tahun. Di tengah masa baktinya yang panjang, Heredia pernah dipinjamkan ke Porto.

Momen tersebut terjadi pada 2 Juli 1972. Padahal, sehari sebelumnya, Heredia baru dibeli Barcelona dari klub Argentina, Rosario Central. Heredia sendiri bermain selama semusim untuk Porto sebelum mulai berkarier bersama Blaugrana.

2. Aloisio Pires

6 Pemain yang Pernah Didatangkan Porto dari BarcelonaAloisio Pires (fcbarcelona.com)

Aloisio Pires merupakan bek berkebangsaan Brasil yang bermain selama 2 tahun (1988--1990) untuk Barcelona. Setelah itu, Aloisio pindah ke Porto dengan banderol sebesar 900 ribu euro (Rp14 miliar) pada musim panas 1990. Kala itu, banderol tersebut cukup besar.

Aloisio sendiri berkarier cukup lama bersama Porto. Ia bertahan selama 11 tahun (1990--2001) sebelum akhirnya pensiun. Tercatat 141 pertandingan dengan torehan 2 gol Aloisio dapatkan selama bermain untuk tim asal Portugal tersebut.

3. Vitor Baia

6 Pemain yang Pernah Didatangkan Porto dari BarcelonaVitor Baia (twitter.com/fcporto)

Pada awalnya, Vitor Baia diboyong Barcelona dari Porto pada musim panas 1996. Baia sangat diandalkan pada musim pertamanya bersama Blaugrana. Namun, pada musim keduanya, Baia mulai dicadangkan karena tergeser Ruud Hesp.

Merasa tak betah, Baia pulang ke Porto secara gratis pada bursa transfer musim dingin 1999. Setelah itu, penampilan Baia kembali membaik hingga akhirnya menjadi legenda besar Porto. Baia sendiri pensiun pada akhir musim 2006/2007. Total 124 nirbobol dari 263 laga ditorehkan Baia untuk tim masa kecilnya ini.

Baca Juga: Capaian FC Porto di Liga Champions 5 Musim Terakhir, Naik Turun

4. Ricardo Quaresma

6 Pemain yang Pernah Didatangkan Porto dari BarcelonaRicardo Quaresma (facebook.com/FCPorto)

Serupa dengan Victor Baia, Ricardo Quaresma pun pindah dari Barcelona ke Porto karena tak betah di Camp Nou. Mantan pemain andalan Timnas Portugal ini gagal menemukan permainan terbaiknya saat berseragam Barcelona. Sebab, Quaresma masih muda dan masih minim pengalaman saat itu.

Untuk memperbaiki kariernya, Quaresma pulang ke Portugal untuk bergabung dengan Porto pada 2004. Ternyata, keputusan yang dibuat Quaresma tak salah. Sebab, permainannya kembali hebat dan berhasil meraih berbagai prestasi untuk Porto. Selama mengabdi untuk Porto, Quaresma mencatat 220 laga dengan kreasi 49 gol dan 60 assist.

5. Cristian Tello

6 Pemain yang Pernah Didatangkan Porto dari BarcelonaChristian Tello (fcbarcelona.com)

Cristian Tello merupakan produk La Masia yang pernah diorbitkan ke skuad utama Barcelona. Namun, Tello tak terlalu cemerlang di Barcelona. Pasalnya, pemain-pemain hebat, seperti Lionel Messi, Alexis Sanchez, Pedro Rodriguez, dan Neymar Jr menutup kiprahnya.

Oleh karena itu, Tello memutuskan untuk pindah ke Porto dengan status pinjaman pada musim panas 2014. Kala itu, Tello menjalani masa abdinya di Porto selama 1,5 tahun. Dalam kurun waktu tersebut, ia mencatat 10 gol dan 12 assist dari 57 laga.

6. Nico Gonzalez

6 Pemain yang Pernah Didatangkan Porto dari BarcelonaNico Gonzalez (twitter.com/FCPorto)

Pemain terbaru yang pindah dari Barcelona ke Porto adalah Nico Gonzalez. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini satu angkatan dengan Gavi, Pedri, dan Riqui Puig. Namun, seiring waktu, Nico tak terlalu bersinar.

Oleh karena itu, ia dijual ke Porto dengan banderol 8,4 juta euro (Rp189 miliar) pada Sabtu (29/7/2023). Pindahnya Nico Gonzalez ke Porto diharapkan bisa menjadi titik balik untuk kariernya. Porto sendiri berharap kontribusi besar dari gelandang berkebangsaan Spanyol ini.

Kebanyakan pemain yang pindah dari Barcelona ke Porto memperlihatkan kiprah yang cukup gemilang. Mereka bersinar setelah terkekang bersama tim raksasa seperti Barcelona. Semoga saja Nico Gonzalez bisa melakukan hal yang sama.

Baca Juga: Barcelona Bantu Real Madrid Laporkan Paris Saint-Germain

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya