6 Pemain yang Tampil Gemilang pada Ronde Pertama Piala Afrika 2023

Menghadirkan kejutan

Ronde pertama Piala Afrika 2023 yang digelar pada 14--18 Januari 2024 telah terlewati. Pada ronde ini, cukup banyak kejutan terjadi. Tim-tim unggulan juara justru tertahan. Nigeria, Mesir, Kamerun, Aljazair, dan RD Kongo mendapat hasil imbang. Sedangkan, Ghana dan Tunisia justru kalah pada laga pertama.

Ronde pertama Piala Afrika 2023 juga menjadi momen bagi sejumlah pemain untuk tampil gemilang. Ada yang berhasil membawa kemenangan, ada pula yang hanya menyelamatkan timnya dari kekalahan. Dari ratusan pemain yang berlaga dalam 12 pertandingan berbeda, berikut ulasan performa 6 pemain terbaik dari ronde pertama Piala Afrika 2023.

1. Djigui Diarra tampil sigap di bawah mistar Mali

6 Pemain yang Tampil Gemilang pada Ronde Pertama Piala Afrika 2023Djigui Diarra (instagram.com/djiguidiarraofficial)

Mali menang dengan skor 2-0 atas Afrika Selatan pada ronde pertama Grup E. Dua gol Mali dicetak Hamari Traore pada menit ke-60 dan Lassine Sinayoko pada menit ke-66. Namun, penghargaan Man of the Match pada laga tersebut jatuh kepada Djigui Diarra yang tampil sigap di bawah mistar Mali. Selama laga, Diarra mencatat 1 tangkapan bola udara dan 6 penyelamatan yang 3 di antaranya merupakan tembakan dalam kotak penalti.

2. Lamine Camara mengejutkan publik dan membawa Senegal menang

6 Pemain yang Tampil Gemilang pada Ronde Pertama Piala Afrika 2023Lamine Camara (instagram.com/lamine_camara_5)

Lamine Camara mendadak menjadi pembicaraan publik karena bermain gemilang dan membawa Senegal menang pada ronde pertama. Gelandang berusia 20 tahun ini diberi kesempatan oleh Aliou Cisse untuk mengisi posisi yang biasa dihuni Pape Matar Sarr. Hebatnya, Camara sukses menjawab kepercayaan tersebut dengan mencetak dua gol. Berkat kontribusi besarnya, Senegal menang dengan skor 3-0 atas Gambia di Grup C.

3. Gol menit akhir Garry Rodrigues memenangkan Cape Verde

6 Pemain yang Tampil Gemilang pada Ronde Pertama Piala Afrika 2023Garry Rodrigues (twitter.com/7GRodrigues)

Cape Verde yang berstatus sebagai underdog justru mampu membalikkan prediksi dengan mengalahkan Ghana yang punya pamor besar sebagai tim raksasa Afrika. Cape Verde melakukan kejutan dengan mempermalukan Ghana dengan skor 2-1 pada ronde pertama Grup B. Pada pertandingan tersebut, Garry Rodrigues dari Cape Verde patut mendapatkan credit point. Pasalnya, gol yang ia cetak pada menit ke-90+2 benar-benar mengubah keadaan dan membawa Cape Verde menang.

4. Mohamed Salah menyelamatkan Mesir dari kekalahan

6 Pemain yang Tampil Gemilang pada Ronde Pertama Piala Afrika 2023Mohamed Salah (liverpoolfc.com)

Mohamed Salah benar-benar menunjukkan peran besarnya sebagai pentolan Timnas Mesir. Pada laga kontra Mozambik di Grup B, Salah hadir sebagai penyelamat tim dari kekalahan. Golnya pada menit ke-90+7 memaksa laga berakhir dengan skor 2-2. Selain mencetak 1 gol, Salah juga mencetak 1 assist untuk gol Mostafa Mohamed pada menit ke-2.

5. Azzedine Ounahi jadi otak kemenangan Maroko

6 Pemain yang Tampil Gemilang pada Ronde Pertama Piala Afrika 2023Azzedine Ounahi (fifa.com)

Azzedine Ounahi benar-benar menjadi otak permainan Timnas Maroko. Gelandang Olympique Marseille ini sangat mendominasi di lini tengah dengan kekuatan dan kreativitasnya. Sepanjang laga, Ounahi mencatat 1 gol, 91 persen akurasi umpan, dan 85 persen kemenangan duel. Kontribusinya ini membawa Maroko menang atas Tanzania dengan skor 3-0. Dengan hasil ini, Maroko berada di puncak klasemen Grup F dengan koleksi tiga poin.

6. Usaha Yoane Wissa belum bisa membawa RD Kongo menang

6 Pemain yang Tampil Gemilang pada Ronde Pertama Piala Afrika 2023Yoane Wissa (premierleague.com)

Republik Demokratik Kongo (RD Kongo) bertemu dengan Zambia di laga pertama Grup F Piala Afrika 2023. Pada laga ini, skor 1-1 menjadi akhir pertandingan. Salah satu pemain yang layak mendapatkan sorotan di pertandingan ini adalah Yoane Wissa dari RD Kongo. Ia benar-benar berusaha keras dengan mencetak 1 gol, 87 persen akurasi umpan, serta menciptakan 2 peluang. Sayangnya, usaha pemain Brentford FC ini belum bisa membawa RD Kongo menang.

Piala Afrika 2023 baru melewati satu ronde. Itu artinya, masih banyak laga yang bisa dinikmati para pencinta sepak bola. Piala Afrika sebetulnya bisa menjadi daya tarik tersendiri karena banyak tim kuda hitam yang melakukan kejutan pada turnamen ini.

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya