6 Pemain yang Tampil Impresif pada Babak 16 Besar Piala Afrika 2023

Banyak menghasilkan kejutan dan kartu merah

Intinya Sih...

  • Banyak kejutan pada babak 16 besar Piala Afrika 2023, dengan negara unggulan seperti Kamerun, Senegal, Burkina Faso, dan Maroko mengalami kekalahan.
  • Fredy Ribeiro membantu Angola menang 3-0 atas Namibia dengan berperan dalam dua gol awal, tetapi Gelson Dala menjadi bintang utama dengan 2 gol dan 1 assist.
  • Nigeria mengalahkan Kamerun 2-0 berkat penampilan impresif Ademola Lookman, sementara Mali menang tipis atas Burkina Faso dan Mohamed Bayo mencetak gol dramatis untuk Guinea.

Piala Afrika 2023 telah melewati babak 16 besar. Pada babak ini terjadi banyak kejutan. Beberapa negara unggulan justru berguguran akibat menelan kekalahan. Kamerun, Senegal, Burkina Faso, dan Maroko menjadi beberapa di antaranya.

Pada babak yang sama, sejumlah pemain juga berhasil tampil bersinar karena permainan impresif yang ia tunjukkan. Ia membawa timnya meraih hasil positif dan lolos ke babak selanjutnya. Kiprah mereka layak disorot dan diperbincangkan.

1. Fredy Ribeiro distribusikan dua assist untuk kemenangan Angola

6 Pemain yang Tampil Impresif pada Babak 16 Besar Piala Afrika 2023Fredy (kanan) (instagram.com/fredyribeiro_16)

Pertandingan pertama babak 16 besar Piala Afrika 2023 mempertemukan Angola sebagai juara grup D dan Namibia sebagai peringkat tiga terbaik. Pada laga ini, Angola menunjukkan kualitasnya dengan menang telak atas Namibia dengan skor 3-0. Fredy Ribeiro menjadi salah satu pemain yang tampil gemilang pada laga tersebut. Kapten Timnas Angola ini berperan dalam terciptanya dua gol awal Angola. Ia mendistribusikan umpan yang berhasil dituntaskan Gelson Dala dengan baik.

2. Gelson Dala jadi bintang utama lolosnya Angola

6 Pemain yang Tampil Impresif pada Babak 16 Besar Piala Afrika 2023Gelson Dala (instagram.com/gelson_dalla_)

Meski tampil impresif, Fredy Ribeiro bukanlah bintang utama dalam kemenangan Angola atas Namibia. Sebab, peran tersebut lebih pantas disandang oleh Gelson Dala yang mencetak 2 gol dan 1 assist. Oleh karena itu, ia sukses meraih penghargaan Man of the Match. Penampilan apiknya bersama Timnas Angola ini telah Dala tunjukkan sejak fase grup.

3. Ademola Lookman borong dua gol kemenangan Nigeria

6 Pemain yang Tampil Impresif pada Babak 16 Besar Piala Afrika 2023Ademola Lookman (instagram.com/molalookman)

Pertandingan antara dua raksasa sepak bola Afrika, Nigeria dan Kamerun, terjadi pada babak 16 besar. Pada pertemuan kali ini, Nigeria keluar sebagai pemenang setelah mengalahkan Kamerun dengan skor 2-0. Masyarakat Nigeria patutnya berterima kasih kepada Ademola Lookman yang tampil impresif pada laga tersebut. Pemain Atalanta Bergamo ini memborong dua gol yang membawanya meraih penghargaan Man of the Match.

Baca Juga: 6 Pelatih yang Dipecat setelah Fase Grup Piala Afrika 2023

4. Lassine Sinayoko tampil gemilang untuk Mali

6 Pemain yang Tampil Impresif pada Babak 16 Besar Piala Afrika 2023Lassine Sinayoko (instagram.com/sinayoko_25)

Mali berhasil mengunci satu tiket ke babak 16 besar setelah mengalahkan Burkina Faso dengan skor tipis, 2-1. Pada laga ini, Lassine Sinayoko patut mendapatkan credit point karena penampilan impresif yang ia tunjukkan. Sinayoko menyumbang satu gol untuk Mali. Selain itu, ia juga mencatat persentase umpan yang mencapai 75 persen serta persentase kemenangan duel sebesar 50 persen. Penampilan apiknya ini sangat menyulitkan Burkina Faso.

5. Gol menit akhir Mohamed Bayo bawa Guinea lolos ke delapan besar

6 Pemain yang Tampil Impresif pada Babak 16 Besar Piala Afrika 2023Mohamed Bayo (instagram.com/mohamedbayo27)

Mohamed Bayo hadir sebagai pembeda saat Guinea bertemu Guinea Khatulistiwa pada babak 16 besar. Penyerang yang membela Le Harve ini menjadi satu-satunya pencetak gol pada laga tersebut. Gol tersebut juga membawa timnya, Guinea, menang dengan skor 1-0. Istimewanya lagi, gol tersebut dicetak secara dramatis oleh Bayo. Pasalnya, gol tersebut baru tercipta pada menit 90+8.

6. Teboho Mokoena (Afrika Selatan) sulitkan Maroko

6 Pemain yang Tampil Impresif pada Babak 16 Besar Piala Afrika 2023Teboho Mokoena (.instagram.com/mokoena_28)

Kejutan besar terjadi ketika tim unggulan juara, Maroko, dikalahkan oleh Afrika Selatan dengan skor 0-2. Teboho Mokoena menjadi pemain terbaik pada pertandingan ini. Gelandang berusia 27 tahun ini menampilkan statistik yang cukup menakjubkan dengan mencatat 85 persen akurasi uman, 50 persen kemenangan duel, serta mencetak 1 gol. Dengan penampilannya ini, Mokoena berhak meraih penghargaan Man of the Match.

Selain tersingkirnya deretan tim raksasa, babak 16 besar Piala Afrika 2023 juga menghadirkan permainan yang keras. Pasalnya, ada lima kartu merah yang tercipta pada fase ini. Kartu merah tersebut didapat oleh Neblu (Angola), Lubeni Haukongo (Namibia), Mohamed Hamdi (Mesir), Federico Bikoro (Guinea Khatulistiwa), dan Sofyan Amrabat (Maroko).

Baca Juga: Kongo, Tim Penuh Hoki di Piala Afrika 2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya