6 Pemain yang Tampil Mentereng pada Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Tim unggulan lolos ke delapan besar

Menyusul Piala Afrika 2023, turnamen Piala Asia 2023 juga telah melewati babak 16 besar. Pada babak ini, tim-tim unggulan semacam Korea Selatan, Iran, Australia, dan Jepang sukses melenggang ke babak delapan besar karena menang. Sedangkan, tim-tim kuda hitam yang sempat menjadi perbincangan terpaksa terhenti pada babak 16 besar.

Pada babak 16 besar Piala Asia 2023, ada sejumlah nama yang berhasil tampil mentereng. Mereka tak selalu datang dari starter, tetapi datang dari pemain cadangan. Dari ratusan pemain yang berlaga pada babak 16 besar Piala Asia 2023, berikut inilah enam pemain yang paling mentereng.

1. Craig Goodwin (Australia) sanggup mencetak 1 gol dan 1 assist dalam 8 menit

6 Pemain yang Tampil Mentereng pada Babak 16 Besar Piala Asia 2023Craig Goodwin (instagram.com/craiggoodwin16)

Australia sempat kesulitan saat menghadapi Indonesia pada babak pertama. Namun, Indonesia mulai lengah pada akhir laga dan akhirnya kalah dengan skor 0-4. Pemain yang berhasil mengeksploitasi sisa tenaga pemain Timnas Indonesia pada laga tersebut adalah Craig Goodwin. Pemain Al Wehda ini baru datang pada menit ke-87 dan hanya bermain selama 8 menit. Meski singkat, Goodwin mampu memanfaatkan momen dan menciptakan 1 gol serta 1 assist untuk Timnas Australia.

2. Rustam Yatimov jadi penyelamat gawang Tajikistan

6 Pemain yang Tampil Mentereng pada Babak 16 Besar Piala Asia 2023Rustam Yatimov (instagram.com/yatimov.rustam)

Tajikistan menjadi satu-satunya tim debutan Piala Asia 2023 yang berhasil lolos ke babak delapan besar. Kepastian tersebut didapat setelah Tajikistan menang dengan skor 5-3 lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1 kontra Uni Emirat Arab. Tajikistan patut berterima kasih kepada kiper mereka, Rustam Yatimov, yang berhasil mengamankan gawang. Pada waktu normal, Yatimov sukses mengemas 5 save, 3 punch, dan 1 high claim. Sedangkan, saat adu penalti, ia berhasil mengamankan tendangan Caio Canedo dari Uni Emirat Arab.

3. Yazan Alarab tampil produktif sebagai seorang bek untuk Yordania

6 Pemain yang Tampil Mentereng pada Babak 16 Besar Piala Asia 2023Yazan Alarab (instagram.com/yazanalarab5)

Yazan Alarab menjadi salah satu bek yang paling produktif sepanjang gelaran Piala Asia 2023. Bek berusia 28 tahun ini telah mencetak 2 gol untuk Timnas Yordania sejauh ini. Catatan tersebut termasuk satu golnya pada laga kontra Irak pada babak 16 besar. Permainan apiknya di lini pertahanan serta sumbangan satu golnya tersebut membuat Yordania akhirnya menang dengan skor 3-2 atas Irak.

Baca Juga: Ramadhan Sananta Masih Cedera Usai Bela Timnas di Piala Asia

4. Akram Afif kembali menjadi Man of the Match bagi Timnas Qatar

6 Pemain yang Tampil Mentereng pada Babak 16 Besar Piala Asia 2023Akram Afif (twitter.com/akramafif_)

Akram Afif kembali menjadi pahlawan bagi kemenangan Timnas Qatar di ajang Piala Asia 2023. Afif berhasil mencetak 1 gol dan 1 assist yang membawa Qatar menang dengan skor 2-1 atas Palestina. Hasil tersebut membawa Afif menjadi Man of the Match pada laga tersebut. Di sisi lain, hasil laga tersebut juga membuat mimpi Palestina di Piala Asia 2023 terhenti.

5. Cho Gue Sung memberikan harapan untuk Korea Selatan

6 Pemain yang Tampil Mentereng pada Babak 16 Besar Piala Asia 2023Cho Gue Sung (twitter.com/theKFA)

Arab Saudi berhasil mencetak gol terlebih dahulu pada menit ke-46 kala bersua Korea Selatan pada babak 16 besar. Pada menit ke-64, Juergen Klinsmann, pelatih Korea Selatan, memasukkan Cho Gue Sung untuk menggantikan Lee Jae Sung di lini serang. Keputusan tersebut ternyata efektif karena Cho sukses memberikan harapan besar bagi Taeguk Warriors. Cho menjadi pencetak gol penyama kedudukan yang tercipta pada menit ke 90+9. Selain itu, Cho juga berhasil menjalankan tugasnya sebagai algojo penalti dan membawa Korea Selatan menang dengan skor 4-2 lewat adu penalti.

6. Takefusa Kubo berperan besar untuk Jepang

6 Pemain yang Tampil Mentereng pada Babak 16 Besar Piala Asia 2023Takefusa Kubo (instagram.com/takefusa.kubo)

Sejak awal turnamen, Takefusa Kubo telah digadang-gadang akan menjadi kekuatan Timnas Jepang di Piala Asia 2023. Hal tersebut sejalan dengan peran besarnya bersama Real Sociedad musim ini. Prediksi tersebut ternyata mampu direalisasikan Kubo pada babak 16 besar saat Jepang bertemu dengan Bahrain. Pada laga ini, Kubo mencetak 1 gol, mencatat 82 persen akurasi umpan, serta menciptakan 2 peluang. Perannya itu ikut membawa Jepang menang dengan skor 3-1.

Mayoritas tim unggulan berhasil lolos ke babak delapan besar Piala Asia 2023. Pada babak ini, ada dua laga yang patut menjadi sorotan. Laga yang dimaksud adalah Australia vs Korea Selatan serta Jepang vs Iran. Di sisi lain, Tajikistan akan menantang Yordania serta Qatar yang akan bertemu Uzbekistan.

Baca Juga: Pulang dari Piala Asia, Marc Klok Tak Sabar Bertanding Bersama Persib 

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya