3 Penyerang Skotlandia yang Membela Klub EPL 2023/2024

Mereka belum bisa bersinar

Ketajaman Kenny Dalglish di Liverpool dan Duncan Ferguson di Everton berhasil meningkatkan pamor penyerang asal Skotlandia di Liga Inggris. Keduanya merupakan penyerang tajam dan sangat sulit dijaga. Mereka tercatat sebagai legenda karena kehebatannya itu.

Pada English Premier League 2023/2024, tiga penyerang Skotlandia berusaha melanjutkan warisan para legenda. Akan tetapi, ketiganya belum tampil maksimal karena sulit untuk bersaing.

Untukmu yang penasaran, inilah tiga penyerang Skotlandia yang membela klub Premier League 2023/2024.

1. Ben Doak masih mencari celah untuk mendapatkan menit bermain di Liverpool

3 Penyerang Skotlandia yang Membela Klub EPL 2023/2024Ben Doak (liverpoolfc.com)

Ben Doak merupakan seorang winger berusia 18 tahun yang lahir di Dalry, Skotlandia. Doak pindah ke Inggris pada awal musim 2022/2023 untuk bergabung dengan akademi Liverpool. Sebelumnya, ia merupakan pemain jebolan akademi Celtic FC.

Dengan usia yang masih muda, Doak tentu sulit untuk menembus tim utama. Apalagi, ia berada di Liverpool, tim besar yang memiliki segudang pemain hebat di posisi winger. Alhasil, Doak masih kekurangan menit bermain.

Kendati demikian, Juergen Klopp masih memberikan Doak kesempatan untuk tampil dan mencari pengalaman. Per 20 Maret 2024, Doak telah turun dalam 6 pertandingan di tim utama Liverpool di 4 kompetisi berbeda. Saat ini, Doak sendiri tinggal mencari celah untuk mendapatkan menit bermain lebih demi melanjutkan karier yang lebih cemerlang.

Baca Juga: 5 Tim Non-EPL Terakhir yang Lolos ke Semifinal Piala FA per 2024

2. Jacob Brown menjadi pemain pelapis di Luton Town

3 Penyerang Skotlandia yang Membela Klub EPL 2023/2024Jacob Brown (lutontown.co.uk)

Guna mengarungi English Premier League 2023/2024, Luton Town mendatangkan sejumlah pemain baru. Salah satunya Jacob Brown, penyerang asal Skotlandia yang dibeli dari Stoke City. Kedatangan Brown bertujuan untuk menambah opsi di lini serang Luton Town.

Hal ini terbukti dengan adanya empat penyerang yang kini bersaing di lini serang Luton Town. Akan tetapi, Brown hanya memiliki peran sebagai pemain pelapis. Ia jarang bermain penuh dan lebih sering datang dari bangku cadangan.

Dari 29 pertandingan yang dijalani Luton Town di EPL, Brown baru terlibat dalam 19 laga. Namun, ia hanya bermain selama 1.009 menit. Brown memiliki rata-rata 53 menit bermain tiap pertandingan. Dalam kurun waktu tersebut, Brown baru menorehkan dua gol.

3. Oliver McBurnie (Sheffield United) sudah akrab dengan atmosfer Premier League

3 Penyerang Skotlandia yang Membela Klub EPL 2023/2024Oliver McBurnie (instagram.com/oli_mcburnie)

Ben Doak dan Jacob Brown dapat disebut sebagai debutan di English Premier League. Namun, hal tersebut tak berlaku bagi Oliver McBurnie. Penyerang berusia 27 tahun ini telah memiliki pengalaman bermain di EPL sejak 2016/2017. Kala itu, ia masih membela Swansea City.

Bersama klubnya saat ini, Sheffield United, McBurnie juga memiliki pengalaman yang cukup. Ia pernah membela Sheffield United di EPL pada 2019--2021. Pada 2023/2024, ia kembali bersama Sheffield United yang sempat terdegradasi pada 2021/2022 dan 2022/2023.

Bicara soal performanya musim ini, McBurnie sebetulnya belum bisa tampil tajam. Namun, jika dibandingkan dengan dua nama sebelumnya, McBurnie jelas lebih baik. Sebab, ia telah mencetak 4 gol dan 2 assist dari 16 laga di EPL 2023/2024.

Memang, tak banyak penyerang Skotlandia yang bisa bersinar di English Premier League. Kebanyakan pemain berkebangsaan Skotlandia justru bermain di posisi gelandang. Hebatnya, mereka berhasil menjadi langganan banyak tim EPL untuk posisi tersebut.

Baca Juga: 5 Tim Premier League dengan Kebobolan Terbanyak dalam 1 Musim

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya