Performa 4 Mantan Pemain Liga Top Eropa di Charlotte FC 2023

Ada dua mantan pemain EPL

Pengalaman pemain senior yang pernah bermain di liga top Eropa sangat membantu perkembangan sebuah tim baru. Hal ini juga berlaku bagi Charlotte FC, tim Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat yang baru berdiri pada 2019.

Meski telah berdiri 4 tahun lalu, Charlotte FC sendiri bermain di MLS pada 2022. Itu artinya, mereka baru menjalani 2 musim di MLS. Charlotte FC masih berstatus sebagai tim muda di kancah sepak bola profesional.

Dengan status sebagai tim baru, Charlotte FC tentu membutuhkan deretan pemain berpengalaman. Oleh karena itu, mereka merekrut empat pemain yang pernah bermain di kasta tertinggi liga top Eropa. Siapa sajakah nama yg dimaksud? Begini performa mantan pemain liga top Eropa di Charlotte FC 2023.

1. Bill Tuiloma jadi bek pelapis Charlotte FC di MLS 2023

Performa 4 Mantan Pemain Liga Top Eropa di Charlotte FC 2023Bill Tuiloma (mlssoccer.com)

Bill Tuiloma adalah bek berusia 28 tahun asal Selandia Baru yang pernah membela Olympique Marseille (2013--2017). Akan tetapi, karier Tuiloma tak begitu mentereng ketika berseragam Marseille. Sebab, ia jarang berada di tim utama dan hanya mencatatkan dua penampilan di Ligue 1 Prancis.

Setelah 4 tahun membela Marseille, Tuiloma pindah ke MLS untuk membela Portland Timbers pada 2017. Sekitar 5 tahun berselang, Tuiloma pun pindah ke Charlotte FC, tim yang ia bela musim ini. Bicara soal performa, Tuiloma tampil cukup percaya diri dengan perannya sebagai pelapis Adilson Malanda dan Andrew Privett. Di MLS 2023, Tuiloma mencatat 17 laga.

2. Brecht Dejaegere belum bisa berbicara banyak pada musim pertamanya

Performa 4 Mantan Pemain Liga Top Eropa di Charlotte FC 2023Brech Dejaegere (mlssoccer.com)

Brecht Dejaegere baru bergabung dengan Charlotte FC pada pertengahan musim. Gelandang asal Belgia ini didatangkan secara gratis dari FC Toulouse. Datang pada tengah musim bukan hal yang muda bagi Dejaegere untuk bisa cepat beradaptasi.

Pasalnya, Dejaegere belum bisa tampil maksimal pada musim pertamanya di MLS. Ia pun hanya mencatat 9 laga dengan perincian 469 menit bermain. Padahal, ia bisa melakukan lebih banyak dari itu.

Sebelum berkarier di MLS, Dejaegere pernah 30 kali tampil di Ligue 1 Prancis bersama FC Toulouse. Dalam kurun waktu tersebut, Dejaegere berhasil mencatat 4 gol dan 1 assist. Angka tersebut bisa saja lebih besar jika FC Toulouse yang dibelanya tak terlalu lama bermain di Ligue 2.

Baca Juga: 3 Pemain yang Memutuskan untuk Pensiun pada Akhir Musim MLS 2023

3. Meski baru, Scott Arfield langsung mengambil peran penting

Performa 4 Mantan Pemain Liga Top Eropa di Charlotte FC 2023Scott Arfield (charlottefootballclub.com)

Berbeda dengan Brecht Dejaegere, Scott Arfield justru mampu cepat beradaptasi. Meski terhitung baru karena bergabung pada musim panas 2023, Arfield telah sanggup mengambil peran penting. Tak heran jika Arfield bisa mencetak 2 gol dari 13 laga di MLS 2023.

Sebelum pindah ke MLS, Arfield memiliki pengalaman yang cukup mumpuni bersama tim ternama. Gelandang asal Skotlandia ini tercatat pernah membela Rangers FC, Burnley, dan Huddersfield. Namun, catatan penampilannya di kasta tertinggi liga top Eropa hanya dicatat bersama Burnley (2014--2018) di English Premier League.

4. Ashley Westwood menjadi kapten Charlotte FC 2023

Performa 4 Mantan Pemain Liga Top Eropa di Charlotte FC 2023Ashley Westwood (charlottefootballclub.com)

Ashley Westwood merupakan pesepak bola Inggris yang cukup berpengalaman. Westwood pernah tercatat bermain di empat divisi berbeda di sepak bola Inggris. Ia juga terhitung sering bermain di English Premier League kala membela Aston Villa (2012--2017) dan Burnley (2017--2023).

Pengalaman yang dimilikinya membuat Westwood dipilih Dean Smith, pelatih Charlotte FC, sebagai kapten tim ini. Padahal, Westwood baru bergabung dengan Charlotte FC pada awal 2023. Kendati demikian, ia mampu menjalankan perannya dengan hebat, baik sebagai kapten maupun gelandang tengah.

Pada musim keduanya di MLS, Charlotte FC sudah tampil cukup baik. Mereka sempat lolos ke babak playoff Eastern Conference. Sayangnya, mereka harus gugur pada fase tersebut karena dikalahkan New York Red Bull dengan skor 2-5.

Baca Juga: 5 Pemain Top Prancis yang Pernah Bermain di MLS sebelum Hugo Lloris

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya