6 Pesepak Bola Asia yang Pernah Menjadi Juara Premier League

Pemain asal Jepang menjadi yang terbanyak

English Premier League atau Liga Inggris dikenal sebagai salah satu liga sepak bola terbaik dan paling ketat di dunia. Ketatnya liga menjadikan setiap tim berusaha untuk mencari bakat-bakat sepak bola terbaik dari seluruh dunia guna bisa bersaing di liga ini.

Selain pemain dari benua Eropa, Premier League juga dipenuhi talenta berbakat asal benua Afrika dan juga Amerika Latin. Oleh karena itu, tak heran jika liga ini disebut liga paling ketat dengan gaya bermain yang beragam. Namun, selain pemain-pemain tersebut, kini pemain Asia mulai banyak menjamah liga-liga Eropa, termasuk Premier League.

Musim ini ada beberapa pesepak bola Asia yang berlaga di Premier League, termasuk Son Heung Min yang bersinar bersama Tottenham Hotspur. Namun, dari sekian banyaknya pesepak bola Asia yang pernah malang melintang di Premier League, hanya ada 6 pemain yang berhasil menjadi juara. Berikut kami tampilkan 6 pesepak bola Asia yang pernah menjadid juara di Premier League.

Baca Juga: Dibeli Mahal, 5 Pemain Ini Gagal Menunjukkan Kualitasnya di Arsenal

1. Junichi Inamoto (Arsenal)

6 Pesepak Bola Asia yang Pernah Menjadi Juara Premier Leaguetwitter.com/Chegiaevara

Tidak banyak tahu bahwa Junichi Inamoto pernah menjadi bagian dari skuad juara Arsenal musim 2001/2002. Inamoto didatangkan di awal musim dari Gamba Osaka dengan status pinjaman. Penampilan Inamoto yang impresif di beberapa musim sebelumnya menjadi alasan pemain muda asal Jepang ini didatangkan ke Highbury Stadium.

Bersama Arsenal, pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini hanya tampil 4 kali dan berhasil membawa Arsenal sebagai juara liga, sekaligus menjadikan dirinya sebagai pemain Asia pertama yang mengangkat trofi Premier League. Di Arsenal, Inamoto hanya bermain satu tahun sebelum dipinjamkan kembali ke Fulham.

2. Park Ji-Sung (Manchester United)

6 Pesepak Bola Asia yang Pernah Menjadi Juara Premier Leagueshoot.co.uk

Datang dari PSV Eindhoven pada tahun 2005, Park Ji Sung menjelma pemain Asia tersukses yang pernah bermain di Premier League hingga sejauh ini. Sifat pekerja keras yang dibarengi dengan stamina yang kuat membuat Park Ji Sung menjadi salah satu pemain andalan Sir Alex Ferguson untuk mengisi lini tengah Manchester United.

Total 4 gelar juara Premier League dan 1 gelar juara Liga Champions berhasil Ji Sung persembahkan selama 7 tahun kariernya bersama Manchester United. Pemain berkebangsaan Korea Selatan ini hengkang ke Queen Park Rangers pada tahun 2012.

3. Dong Fangzhuo (Manchester United)

6 Pesepak Bola Asia yang Pernah Menjadi Juara Premier Leaguethesun.co.uk

Menjadi sebuah kejutan kala Manchester United memboyong Dong Fangzhuo ke Old Trafford dari Dalian Shide pada tahun 2004. Pasalnya, kala masih bermain bersama Dalian Shide, Dong tidak tampil begitu bersinar. Banyak pengamat sepak bola menduga bahwa kedatangan Dong ke Manchester United merupakan sebuah strategi marketing yang dilakukan klub untuk menarik lebih banyak fans di Asia, khususnya di Tiongkok.

Benar saja, Dong hanya tampil 3 kali dalam laga resmi yang dilakukan Manchester United selama 4 tahun kariernya bersama setan merah. Walaupun jarang sekali bermain, tetap saja Dong Fangzhuo merupakan bagian dari tim juara Manchester United di Premier League musim 2006/2007.

4. Shinji Kagawa (Manchester United)

6 Pesepak Bola Asia yang Pernah Menjadi Juara Premier Leagueskysports.com

Pemain Asia lain yang berhasil meraih gelar juara Premier League bersama Manchester United adalah Shinji Kagawa. Pemain andalan Timnas Jepang ini didatangkan dari Borussia Dortmund dengan banderol 16 juta euro pada tahun 2012.

Di musim pertamanya bersama Manchester United, Kagawa berhasil mengemas 6 gol dari 20 penampilannya di liga, sekaligus mempersembahkan gelar juara Premier League musim 2012/2013 yang menjadi gelar terakhir Sir Alex Ferguson. Bersama Manchester United, Kagawa hanya bertahan 2 musim sebelum kembali lagi ke Borussia Dortmund pada tahun 2014.

5. Shinji Okazaki (Leicester City)

6 Pesepak Bola Asia yang Pernah Menjadi Juara Premier Leagueleicestermercury.co.uk

Salah satu sosok penting dari keberhasilan Leicester City merengkuh juara Premier League musim 2015/2016 ialah peran penyerang asal Jepang, Shinji Okazaki. Di musim tersebut, Okazaki menjadi salah satu andalan pelatih Claudio Ranieri. Ia berhasil mencetak 5 gol dan 2 assist dari 36 penampilannya bersama The Foxes.

Kombinasi hebatnya bersama Jamie Vardy di musim tersebut menjadikan mereka sebagai salah satu duet striker terbaik dan paling mengejutkan di sepanjang sejarah Premier League.

6. Takumi Minamino (Liverpool)

6 Pesepak Bola Asia yang Pernah Menjadi Juara Premier Leaguethisisanfield.com

Takumi Minamino menjadi pemain Asia terbaru yang berhasil meraih juara Premier League. Minamino datang ke Liverpool di pertengahan musim lalu dari RB Salzburg. Ia berhasil mencatatkan 10 penampilan di Premier League musim lalu. Kontribusi tersebut sekaligus melengkapi prestasinya di tahun tersebut dengan berhasil membawa Liverpool menjuarai Premier League untuk pertama kalinya.

Di transfer musim dingin ini, Minamino dipinjamkan Liverpool ke Southampton tanpa opsi pembelian. Menarik untuk ditunggu, apakah ke depannya Minamino akan bisa mempersembahkan gelar untuk Liverpool atau akan menjadi pemain yang bolak-balik dipinjamkan.

 

Itulah 6 pesepak bola Asia yang pernah menjadi juara Premier League. Semoga saja ke depannya para pesepak bola dari Asia bisa mencatatkan prestasi yang lebih banyak lagi di kancah Eropa, khususnya di Premier League.

Baca Juga: Takumi Minamino Cari Kesempatan Bermain di Southampton

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya