Comscore Tracker

5 Pesepak Bola Top asal Belanda yang Pensiun di Liga Asia

Mereka sempat jadi langganan timnas!

Pemain yang mulai menua dan bosan dengan persaingan di benua Eropa sering kali memutuskan untuk hijrah ke Asia. Beberapa dari mereka bahkan memutuskan untuk pensiun di sini, termasuk pesepak bola asal Belanda yang dikenal punya kemampuan hebat di sepak bola.

Berikut ini lima pesepak bola top asal Belanda yang memutuskan untuk pensiun setelah membela tim di liga Asia. Siapa saja mereka?

1. Frank de Boer

5 Pesepak Bola Top asal Belanda yang Pensiun di Liga AsiaFrank de Boer (skysports.com)

Nama yang pertama ialah Frank de Boer. Legenda Timnas Belanda ini dikenal sebagai salah satu bek tajam dan berkualitas saat masih di Eropa bersama Ajax Amsterdam dan Barcelona. Pada bulan Juli 2004, Frank de Boer berlabuh ke Al Rayyan SC di Qatar Stars League dari Glasgow Rangers dengan status bebas transfer.

Setelah mencatatkan 16 penampilan dengna kontribusi 5 gol, Frank de Boer kemudian bergabung dengan Al-Shamal di kompetisi yang sama. Namun, Frank de Boer tak banyak tampil di sana. Ia memutuskan untuk pensiun di Al-Shamal.

2. Ronald de Boer

5 Pesepak Bola Top asal Belanda yang Pensiun di Liga AsiaRonald de Boer (skysports.com)

Ronald de Boer merupakan saudara kembar dari Frank de Boer. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini hampir selalu membela tim yang sama dengan Frank de Boer. Begitu pula saat keduanya tampil di Qatar Stars League bersama Al-Rayyan dan Al-Shamal.

Dibandingkan dengan Frank de Boer, Ronald tampil lebih banyak ketika membela Al-Shamal. Ronald bermain selama 2,5 musim untuk klub tersebut dengan torehan 8 gol dari 56 laga. Ia pun pensiun pada bulan Maret 2008.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Top Asal Italia yang Pensiun di Liga Asia

3. Phillip Cocu

5 Pesepak Bola Top asal Belanda yang Pensiun di Liga AsiaPhillip Cocu (skysports.com)

Nama selanjutnya ialah Phillip Cocu, gelandang bertahan andalan Timnas Belanda di beberapa edisi Piala Dunia dan Piala Eropa. Cocu juga punya karier cemerlang saat bermain untuk PSV Eindhoven dan Barcelona.

Pada awal musim 2008/2009, Cocu memutuskan untuk bermain di Liga Uni Emirat Arab bersama Al-Jazira. Cocu hanya bermain selama semusim di tim tersebut. Ia sukses catatkan 4 gol dari 17 penampilan. Ia pun pensiun pada akhir musim 2008/2009.

4. Wesley Sneijder

5 Pesepak Bola Top asal Belanda yang Pensiun di Liga AsiaWesley Sneijder (skysports.com)

Wesley Sneijder punya karier yang sangat hebat di Eropa, terutama saat masih membela Ajax Amsterdam, Real Madrid dan Inter Milan. Ia juga pernah jadi tulang punggung Timnas Belanda, terutama pada Piala Dunia 2010.

Menjelang akhir kariernya, Sneijder memutuskan untuk bermain di Qatar Stars League bersama Al-Gharafa SC. Sneijder hanya bertahan selama 7 bulan bersama klub tersebut dengan torehan 16 gol dan 6 assists dari 27 laga. Ia pensiun pada Agustus 2019.

5. Nigel de Jong

5 Pesepak Bola Top asal Belanda yang Pensiun di Liga AsiaNigel de Jong (skysports.com)

Pada awal musim 2021/2022, Nigel De Jong memutuskan untuk pensiun. Sama seperti De Boer bersaudara dan Wesley Sneijder, mantan gelandang Manchester City dan AC Milan ini pensiun di Qatar Stars League.

Sebelumnya, De Jong pernah bermain di Qatar Stars League selama 3 musim untuk 2 tim berbeda, yakni Al-Ahli (2018—2019) dan Al-Shahania (2019—2021). Dalam kurun waktu tersebut, De Jong sukses catatkan 37 laga dengan kontribusi 4 gol.

 

Liga Asia selalu jadi destinasi menarik bagi para pesepak bola veteran yang lelah bermain di Eropa. Selain karena gaji yang ditawarkan biasanya lebih tinggi, liga-liga di Asia juga punya keketatan kompetisi yang relatif lebih rendah dibanding Eropa.

Baca Juga: Masih Main di Klub, 5 Pemain Top Ini Sudah Pensiun di Timnas

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya