5 Pesepak Bola Top yang Membela Trabzonspor dalam Sedekade Terakhir

Mampukah Trabzonspor meraih gelar juara musim ini?

Peta kekuatan Liga Super Turki pada musim 2021/2022 sangat berubah drastis. Papan atas klasemen yang biasanya dihuni oleh tiga tim asal kota Istanbul seperti Fenerbahce, Galatasaray, dan Besiktas kini telah bergeser.

Puncak klasemen kini dipegang oleh Trabzonspor hingga pekan ke-24, disusul Konyaspor dan Adana Demirspor. Jika dilihat dari rekam jejak selama sedekade terakhir, Trabzonspor memang sangat berusaha keras untuk berada di papan atas.

Terbukti, beberapa pemain hebat berlabel bintang pernah didatangkan oleh Trabzonspor. Penasaran siapa saja? Berikut kami sajikan ulasan lima di antaranya.

1. Burak Yilmaz

5 Pesepak Bola Top yang Membela Trabzonspor dalam Sedekade TerakhirBurak Yilmaz (ligue1.com)

Sebelum namanya dikenal publik karena penampilan gemilangnya bersama LOSC Lille pada musim 2020/2021, Burak Yilmaz pernah punya karier hebat di Liga Super Turki.

Yilmaz tercatat pernah membela enam klub Liga Super Turki, salah satunya ialah Trabzonspor. Burak Yilmaz bertahan selama dua musim, tepatnya dari tahun 2010 hingga 2012.

Bersama Trabzonspor, Burak Yilmaz mampu mengemas 86 gol dan 12 assists dari 125 pertandingan, sekaligus membawanya menjadi top skor Liga Super Turki musim 2011/2012.

2. John Obi Mikel

5 Pesepak Bola Top yang Membela Trabzonspor dalam Sedekade TerakhirJohn Obi Mikel (skysports.com)

John Obi Mikel merupakan salah satu gelandang terbaik yang pernah dimiliki oleh timnas Nigeria. Karier pria berusia 34 tahun ini dikenal publik saat ia membela Chelsea selama sebelas musim. Setelah pindah dari Chelsea pada tahun 2017, Obi Mikel sempat membela Tianjin Teda dan Middlesbrough.

Barulah pada tahun 2019, John Obi Mikel mencoba peruntungan di Liga Super Turki dengan bergabung bersama Trabzonspor. Tidak ada catatan yang istimewa dan terlalu menonjol dari karier Obi Mikel di Trabzonspor. Pasalnya, ia hanya mampu tampil sebanyak 27 penampilan dalam kurun waktu semusim.

Baca Juga: 5 Pemain Gagal Liverpool yang Kini Bermain di Liga Turki

3. Jose Bosingwa

5 Pesepak Bola Top yang Membela Trabzonspor dalam Sedekade TerakhirJose Bosingwa (skysports.com)

Mantan rekan setim John Obi Mikel di Chelsea, Jose Bosingwa juga pernah membela Trabzonspor. Bek sayap berkebangsaan Portugal ini datang pada tahun 2015, setelah lima musim bermain di English Premier League bersama Chelsea dan Queen Park Rangers.

Dalam karier sepak bola Bosingwa, Trabzonspor pernah dua kali ia bela. Pada kesempatan pertama ia berhasil mencatatkan 70 penampilan dengan sumbangan 6 assists dalam kurun waktu 1,5 musim.

Sempat tak memiliki klub, Bosingwa kembali direkrut Trabzonspor untuk bermain selama setengah musim. Ia mencatatkan 12 penampilan dalam kesempatan keduanya. Bosingwa pun akhirnya pensiun pada Juli 2016 bersama klub berjuluk Karadeniz Firtinasi ini.

4. Daniel Sturridge

5 Pesepak Bola Top yang Membela Trabzonspor dalam Sedekade TerakhirDaniel Sturridge (skysports.com

Daniel Sturridge menjadi mantan pemain Chelsea lain yang pernah membela Trabzonspor dalam daftar ini. Sturridge memang memiliki nama besar sejak masih berseragam Chelsea. Akan tetapi, pamornya semakin meningkat ketika ia berseragam Liverpool.

Setelah menjadi bagian dari kubu The Reds selama enam musim, Sturridge memutuskan untuk pindah ke Trabzonspor pada tahun 2019 dan menandatangani kontrak selama tiga musim. Walaupun tampil cukup tajam dengan torehan 7 gol dan 4 assists dari 16 pertandingan, kerja sama tersebut diputus setelah 7 bulan berjalan.

5. Marek Hamsik

5 Pesepak Bola Top yang Membela Trabzonspor dalam Sedekade TerakhirMarek Hamsik (sempreinter.com)

Marek Hamsik telah dianggap sebagai legenda oleh penggemar sepak bola Slovakia dan penggemar Napoli. Hingga tahun 2022, Hamsik masih tercatat sebagai top skor kedua Napoli sepanjang masa dan menjadi pemegang 8 kali gelar pesepak bola terbaik Slovakia.

Hamsik merupakan salah satu bagian kesuksesan Trabzonspor becokol di papan atas klasemen Liga Super Turki musim ini. Walaupun terhitung baru di dalam tim, namun Hamsik telah berhasil memberikan kontribusi yang sangat besar bagi Trabzonspor dengan 2 gol dan 4 assists-nya.

 

Hingga pekan ke-25, Trabzonspor masih unggul 12 poin dari Konyaspor yang berada di posisi kedua. Dengan menyisakan 13 belas pertandingan, mampukan Trabzonspor mematahkan dominasi tim-tim asal Istanbul yang telah bertahan sangat lama?

Baca Juga: Kiper Andalan Trabzonspor Dikabarkan Akan Bergabung dengan Liverpool

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya