5 Pesepak Bola Top yang Pernah Bela Wigan Athletic Sedekade Terakhir

Prestasi Wigan Athletic saat ini anjlok!

Di medio 2000-an, Wigan Athletic merupakan salah satu penghuni Premier League. Walaupun kerap berada di papan bawah, tetapi Wigan Athletic selalu bisa menjadi pengganggu bagi tim raksasa EPL yang berusaha konsisten di papan atas klasemen.

Namun pada tahun 2013, Wigan Athletic harus degradasi dan hingga saat ini belum bisa kembali lagi ke EPL. Wigan lebih sering berkutat di Divisi 2 ataupun 3 di Liga Inggris. Bahkan, di musim ini mereka harus finish di peringkat ke-20 klasemen League One yang setara dengan Divisi 3 Liga Inggris.

Padahal dalam kurun waktu sedekade terakhir, Wigan Athletic selalu memiliki tambahan tenaga dari para pemain yang bisa disebut sebagai pemain top, namun mereka belum bisa kembali lagi ke EPL. Lantas, siapa sajakah pemain top yang pernah membela The Latics dalam kurun waktu 10 tahun terakhir? Check this out!

1. Victor Moses

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Bela Wigan Athletic Sedekade TerakhirVictor Moses (manchestereveningnews.co.uk)

Jauh sebelum bergabung berstatus sebagai pemain Chelsea, Victor Moses merupakan salah satu pemain terpenting di skuad Wigan Athletic. Kala bermain untuk Wigan, pemain berkebangsaan Nigeria ini dikenal sebagai pemain berbakat yang memiliki kecepatan dan hebat dalam hal dribble. Sehingga tak heran, jika banyak tim besar yang berlomba-lomba untuk mendatangkannya.

Dari total dua musim Moses membela Wigan, Ia berhasil mencatatkan 9 gol dan 12 assists dari 80 pertandingan. Pada tahun 2012, Victor Moses akhirnya akhirnya berpisah dengan The Latics dan diboyong oleh Chelsea dengan banderol sebesar 11,5 juta euro atau sekitar Rp200 miliar.

2. Tom Cleverley

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Bela Wigan Athletic Sedekade TerakhirTom Cleverley (premierleague.com)

Di usia mudanya, Tom Cleverley dikenal sebagai salah satu talenta terbaik di lini tengah timnas Inggris bersama Jack Wilshere di Arsenal. Bahkan, persaingan kedua pemain tersebut menjadi salah satu topik panas jika Manchester United bersua Arsenal di antara tahun 2011 hingga tahun 2013.

Sebelum bermain secara reguler di skuad Manchester United, Cleverley sempat dipinjamkan ke beberapa klub lain, termasuk Wigan Athletic yang dibelanya di musim 2010/2011. Dalam kurun waktu tersebut Cleverley sukses menyumbang 4 gol dan 2 assists dari 25 laga yang Ia mainkan.

Penampilan impresifnya bersama Wigan Athletic inilah yang membuat Sir Alex Ferguson akhirnya mulai memasukan Cleverley ke daftar skuad Manchester United di musim selanjutnya.

Baca Juga: 5 Talenta Championship yang Bisa Direkrut Klub Premier League, Moncer!

3. Patrick van Aanholt

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Bela Wigan Athletic Sedekade TerakhirPatrick van Aanholt (skysports.com)

Nama selanjutnya ialah Patrick van Aanholt yang saat ini telah menjadi pemain andalan Crystal Palace dan timnas Belanda di posisi bek kiri. Sebelum namanya melambung bersama Crystal Palace, van Aanholt juga pernah berseragam Wigan Athletic pada musim 2011/2012 sebagai pemain pinjaman.

Kala itu, van Aanholt masih berstatus sebagai pemain Chelsea yang memiliki banyak pemain di skuadnya. Alhasil dipinjamkan adalah opsi terbaik bagi Van Aanholt untuk mencari pengalaman di EPL.

Bersama Wigan, van Aanholt hanya tampil dalam 3 laga dalam kurun waktu setengah musim, sebelum akhirnya dipinjamkan ke Vitesse Arnhem di Eredivisie untuk mendapatkan lebih banyak waktu bermain.

4. Harry Maguire

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Bela Wigan Athletic Sedekade TerakhirHarry Maguire (twitter.com/laticsofficial)

Saat ini, Harry Maguire dikenal sebagai salah satu bek hebat yang memiliki banderol termahal di antara bek-bek Inggris lain. Namun jauh sebelum itu, jarang ada yang mengetahui jika Harry Maguire pernah berseragam Wigan Athletic. Hal tersebut terjadi pada musim 2014/2015, kala Wigan bermain di Championship.

Sama seperti van Aanholt, Maguire juga datang sebagai pemain pinjaman dengan durasi setengah musim dari Hull City. Namun berbeda dengan van Aanholt yang kurang mendapatkan menit bermain, Harry Maguire justru berhasil tampil konsisten dalam 16 laga bersama Wigan Athletic di musim tersebut.

5. Reece James 

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Bela Wigan Athletic Sedekade TerakhirReece James (football.london)

Sebelum bergabung bersama skuad senior Chelsea di awal musim 2019/2020, Reece James sempat menghabiskan semusim kariernya bersama Wigan Athletic. Sama seperti kebanyakan pemain dalam daftar ini, Reece James juga datang sebagai pemain pinjaman dari tim akademi Chelsea.

Penampilan Reece James selama berseragam Wigan memang sangatlah gemilang dan sangat meyakinkan menejemen Chelsea untuk segera mempromosikannya ke tim senior. Di musim 2018/2019, Reece James berhasil mencatatkan 46 penampilan dengan sumbangan 3 gol dan 3 assists untuk Wigan Athletic.

Dengan torehan tersebut, Reece James dinobatkan sebagai Wigan Player of the Year di musim 2018/2019. Reece James mengakui bahwa Wigan merupakan salah satu klub yang paling berjasa dalam meningkatkan performanya saat ini.

 

Itulah 5 pemain top yang pernah membela Wigan Athletic dalam kurun waktu sedekade terakhir. Menurutmu akankah Wigan Athletic kembali lagi ke EPL dalam kurun waktu 5 musim ke depan? Menarik untuk ditunggu!

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 10 Fakta Terunik Klub-Klub Premier League

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya