5 Rekrutan Pertama Luis Enrique sebagai Pelatih Barcelona

Mereka termasuk pembelian sukses!

Setelah Pep Guardiola berpisah pada akhir musim 2011/2012, Barcelona agak kesulitan untuk mendapatkan pelatih yang konsisten. Di antara nama yang ada, Luis Enrique jelas jadi yang terbaik setelah Barcelona kehilangan Guardiola.

Pria yang saat ini menjadi pelatih Timnas Spanyol ini sukses membuat lini serang Barcelona kembali tajam dengan Messi-Suarez-Neymar yang dikenal dengan nama trio MSN. Banyak pemain yang didatangkan Luis Enrique ketika melatih Barcelona.

Lalu siapa sajakah pemain pertama yang didatangkan Luis Enrique? Inilah daftar dan ulasannya.

1. Ivan Rakitic

5 Rekrutan Pertama Luis Enrique sebagai Pelatih BarcelonaIvan Rakitic (fcbarcelona.com)

Luis Enrique mulai melatih Barcelona pada 1 Juli 2014. Pada tanggal yang sama, Barcelona juga mendatangkan tiga pemain pesanan Enrique. Salah satunya ialah Ivan Rakitic yang didatangkan dari Sevilla.

Gelandang asal Kroasia ini terbukti sangat berguna dan menjadi pemain andalan Barcelona di lini tengah selama lima musim (2014—2020). Dalam kurun waktu tersebut, Rakitic sukses mencetak 35 gol dan 42 assists dari 310 pertandingan.

2. Claudio Bravo

5 Rekrutan Pertama Luis Enrique sebagai Pelatih BarcelonaClaudio Bravo (fcbarcelona.com)

Posisi kiper menjadi PR pertama bagi Luis Enrique ketika melatih Barcelona pada awal musim 2014/2015. Kala itu, Barcelona memutuskan tidak memperpanjang kontrak Victor Valdes dan Oier Olazabal. Selain itu, Jose Manuel Pinto juga pensiun semusim sebelumnya.

Oleh karena itu, ia mendatangkan Claudio Bravo dari Real Sociedad. Ketika berseragam Barcelona, Bravo berfokus untuk bermain di ajang LaLiga saja. Sedangkan ajang lain menjadi milik Ter Stegen. Bravo hanya bertahan dua musim dengan catatan 75 penampilan.

Baca Juga: 5 Nama Pemain Top yang Tak Dipanggil Luis Enrique di Timnas Spanyol

3. Marc-Andre Ter Stegen

5 Rekrutan Pertama Luis Enrique sebagai Pelatih BarcelonaMarc-Andre Ter Stegen (fcbarcelona.com)

Pada tanggal yang sama dengan kedatangan Ivan Rakitic dan Claudio Bravo, Barcelona juga meresmikan kedatangan Marc-Andre Ter Stegen. Kiper berkebangsaan Jerman ini didatangkan dari Borussia Monchengladbach.

Pada dua musim awal, Marc-Andre Ter Stegen berfokus untuk menjadi kiper Barcelona di Champions League dan Copa del Rey karena jatah LaLiga merupakan milik Bravo. Berbeda cerita dengan Bravo, hingga kini Ter Stegen masih berseragam Barcelona dan jadi kiper andalan, ia telah mencatat 332 laga.

4. Luis Suarez

5 Rekrutan Pertama Luis Enrique sebagai Pelatih BarcelonaLuis Suarez (fcbarcelona.com)

Barcelona melengkapi trio MSN pada era kepelatihan Luis Enrique. Pasalnya, Luis Suarez baru didatangkan oleh Barcelona pada 11 Juli 2014 dari Liverpool dengan banderol sebesar 81,72 juta euro (Rp1,2 triliun). Bukan lagi menjadi rahasia jika Luis Suarez sangat tajam di Barcelona.

Ia sukses membukukan 195 gol dan 113 assists dari 283 pertandingan selama enam musim (2014—2020) berseragam Barcelona. Penyerang asal Uruguay ini akhirnya dijual ke Atletico Madrid pada musim panas 2020 karena dinilai sudah menua.

5. Jeremy Mathieu

5 Rekrutan Pertama Luis Enrique sebagai Pelatih BarcelonaJeremy Mathieu (fcbarcelona.com)

Untuk menjadi pelapis dari Jordi Alba, Luis Enrique mendatangkan Jeremy Mathieu dari Valencia pada 23 Juli 2014. Bek yang yang memiliki tinggi 189 cm ini dibeli dengan banderol sebesar 20 juta euro (Rp300 miliar).

Sejak awal dibeli, Mathieu memang diplot untuk menjadi pemain pengganti. Namun, ia mampu mencetak 91 laga dengan torehan 4 gol dan 3 assists selama tiga musim. Pasalnya, Mathieu juga sering dimainkan sebagai bek tengah.

 

Lima pemain pertama yang didatangkan oleh Luis Enrique merupakan pemain yang sangat bersinar di klubnya masing-masing. Sehingga tak heran, jika Luis Enrique sangat kepincut untuk mendatangkan pemain-pemain ini.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Dimainkan Luis Enrique Saat Membesut Barcelona

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya