7 Rekrutan Pertama Luis Enrique saat Menjadi Pelatih AS Roma

Tujuh pemain ini tak bertahan lama

Tak banyak yang mengingat kiprah Luis Enrique sebagai pelatih AS Roma. Pasalnya, pelatih asal Spanyol ini gagal membawa I Giallorossi tampil gemilang pada 2011/2012. Bahkan, Enrique telah dipecat sebelum musim tersebut berakhir.

AS Roma merupakan klub profesional pertama Enrique setelah melatih La Masia selama 3 tahun (2008--2011). Kegagalan tersebut sebetulnya bisa menjadi cap jelek untuk karier Enrique. Namun, ia mampu bangkit dan menjadi pelatih hebat. Statistiknya kala melatih Barcelona menjadi titik balik keberhasilannya. Baru-baru ini, ia pun ditunjuk sebagai pelatih anyar Paris Saint-Germain.

Saat melatih AS Roma, Enrique sendiri cukup banyak mendatangkan pemain. Tercatat ada belasan pemain yang ia datangkan. Lalu, siapa sajakah nama-nama pertama yang ia bawa ke Stadio Olimpico? Inilah rekrutan pertama Luis Enrique saat menjadi pelatih AS Roma.

1. Gianluca Curci

7 Rekrutan Pertama Luis Enrique saat Menjadi Pelatih AS RomaGianluca Curci (asroma.com)

Gianluca Curci adalah nama lama di skuad AS Roma. Pemain yang berposisi sebagai kiper ini pernah berseragam AS Roma selama 4 tahun (2004--2008). Sempat membela Siena dan Sampdoria, Curci pulang pada 1 Juli 2011. Akan tetapi, ia hanya mencatatkan tiga penampilan pada kesempatan keduanya berseragam AS Roma.

2. Cote

7 Rekrutan Pertama Luis Enrique saat Menjadi Pelatih AS RomaCote (instagram.com/realsporting)

Luis Enrique resmi ditunjuk sebagai pelatih AS Roma pada 1 Juli 2011. Sekitar 18 hari kemudian, ia mendatangkan pemain anyar dari Sporting Gijon, Jose Angel Valdez Diaz alias Cote. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini cukup asing didengar. Sebab, ia hanya mampu bertahan semusim (2011/2012) di skuad I Giallorossi.

3. Bojan Krkic

7 Rekrutan Pertama Luis Enrique saat Menjadi Pelatih AS RomaBojan Krkic (twitter.com/BoKrkic)

Luis Enrique mencoba mengembalikan permainan Bojan Krkic di AS Roma. Ia pun mendatangkan sang pemain dari Barcelona ke Stadio Olimpico pada 22 Juli 2011. Sayangnya, usaha Enrique tak begitu terlihat. Sebab, Bojan hanya bisa mencetak 7 gol dan 1 assist dari 37 laga. Penyerang keturunan Serbia ini pun hengkang setelah bermain selama semusim.

Baca Juga: Luis Enrique Resmi Ditunjuk Sebagai Pelatih PSG

4. Gabriel Heinze

7 Rekrutan Pertama Luis Enrique saat Menjadi Pelatih AS RomaGabriel Heinze (asroma.com)

Pada tanggal yang sama dengan kedatangan Bojan Krkic, Luis Enrique mendapatkan Gabriel Heinze secara gratis dari Olympique Marseille. Bek berpengalaman asal Argentina ini sebetulnya diharapkan bisa bertahan lama. Namun, ia memilih untuk pulang ke Argentina setelah semusim (2011/2012) berseragam AS Roma.  Padahal, Heinze mampu mencatat 32 pertandingan pada musim pertamanya.

5. Maarten Stekelenburg

7 Rekrutan Pertama Luis Enrique saat Menjadi Pelatih AS RomaMaarten Stekelenburg (english.ajax.nl)

Permainan apik Maarten Stekelenburg pada Piala Dunia 2010 berhasil menarik minat banyak klub. Pada akhirnya, AS Roma menjadi klub yang mampu mendatangkannya pada 1 Agustus 2011. Namun, Stekelenburg kerap tampil angin-anginan di AS Roma. Kiper asal Belanda ini hanya bertahan selama 2 musim (2011--2013) dengan mencatat 17 nirbobol dari 55 penampilan.

6. Erik Lamela

7 Rekrutan Pertama Luis Enrique saat Menjadi Pelatih AS RomaErik Lamela (sevillafc.es)

Luis Enrique adalah sosok yang berjasa membawa karier Erik Lamela ke Eropa. Pemain asal Argentina ini didatangkan dari River Plate pada 6 Agustus 2011. Berbeda dengan beberapa nama sebelumnya, Lamela justru mampu bersinar kala berseragam AS Roma. Selama 2 musim, Lamela menorehkan 21 gol dan 13 assist dari 67 laga sebagai winger. Ia pun dijual ke Tottenham Hotspur dengan banderol yang cukup besar pada musim panas 2013.

7. Daniel Osvaldo

7 Rekrutan Pertama Luis Enrique saat Menjadi Pelatih AS RomaDani Osvaldo (twitter.com/FFootballShirts)

Pesepak bola asal Argentina lain yang didatangkan Luis Enrique ke AS Roma adalah Daniel Osvaldo. Ia didatangkan pada 25 Agustus 2011 dari RCD Espanyol. Bicara soal performanya di AS Roma, Osvaldo layak dikatakan gemilang. Sebab, ia mampu mencatatkan 28 gol dan 7 assist dari 57 laga, meski kerap absen karena cedera. Itu merupakan catatan terbaik dalam karier Osvaldo.

Pada bursa transfer musim panas 2012, Luis Enrique juga mendatangkan beberapa pemain ternama. Uniknya, mereka datang pada tanggal yang sama, yakni pada 31 Agustus 2012. Miralem Pjanic, Simon Kjaer, Fabio Borini, dan Fernando Gago merupakan deretan nama yang dimaksud.

Baca Juga: Lika-liku Penuh Drama PSG Mencari Pelatih Baru, Tunjuk Luis Enrique?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya