6 Rekrutan Unai Emery selama Menjabat sebagai Pelatih Aston Villa

Mencuat meski irit belanja

Aston Villa menjadi salah satu tim medioker yang tampil di luar ekspektasi pada putaran pertama English Premier League (EPL) 2023/2024. Tim asal Kota Birmingham, Inggris, ini biasanya menghuni papan tengah, bahkan papan bawah. Namun, per pekan 19 EPL 2023/2024, Aston Villa sukses bertengger di posisi ketiga klasemen sementara.

Kehebatan The Villans ini tak lepas dari peran pelatih mereka, Unai Emery. Pria asal Spanyol ini memang terkenal jago dalam meracik taktik dan memaksimalkan pemain yang ada. Bahkan, Emery belum banyak mendatangkan banyak pemain baru sejak datang pada November 2022.

Hal ini menilik fakta bahwa hanya ada enam pemain baru yang didatangkan Aston Villa sejak Unai Emery melatih Aston Villa. Siapa sajakah keenam pemain yang dimaksud dan bagaimana pengaruh mereka terhadap tim?

1. Alex Moreno melengkapi kebutuhan tim di posisi bek kiri

6 Rekrutan Unai Emery selama Menjabat sebagai Pelatih Aston VillaAlex Moreno (avfc.co.uk)

Pemain pertama yang didatangkan oleh Unai Emery ke Aston Villa adalah Alex Moreno. Pemain asal Spanyol ini didatangkan dari Real Betis pada 11 Januari 2023. Moreno hadir sebagai salah satu pelengkap yang mengisi kebutuhan tim untuk posisi bek kiri. Dengan kapasitasnya yang mumpuni serta bekal pengalaman, Moreno dinilai bisa bersaing dengan Lucas Digne yang memiliki segudang pengalaman di EPL.

2. Jhon Duran masih harus berjuang untuk mendapat menit bermain

6 Rekrutan Unai Emery selama Menjabat sebagai Pelatih Aston VillaJohn Duran (mlssoccer.com)

Jhon Duran didatangkan pada bursa transfer yang sama dengan Alex Moreno. Pemain asal Kolombia ini didatangkan dari tim Major League Soccer (MLS), Chicago Fire. Bermain hebat di Negeri Paman Sam bukan jaminan Duran bisa berjaya di Negeri Raja Charles. Pasalnya, Duran masih harus berjuang untuk mendapatkan menit bermain. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini harus pintar memanfaatkan peluang jika ingin tetap bersaing dengan Ollie Watkins yang tengah tampil subur.

3. Youri Tielemans masih mencari peran

6 Rekrutan Unai Emery selama Menjabat sebagai Pelatih Aston VillaYouri Tielemans (avfc.co.uk)

Youri Tielemans datang ke Aston Villa pada musim panas 2023 setelah Leicester City terdegradasi. Pemain asal Belgia ini ditawari posisi yang nyaman untuk bermain di lini tengah Aston Villa oleh Unai Emery. Nyatanya, Tielemans tampak masih mencari peran karena Emery cenderung banyak melakukan rotasi beberapa nama gelandang. Hal tersebut sempat membuat Tielemans kesal dan sempat mengancam akan pindah pada bursa transfer musim dingin 2024 mendatang.

4. Pau Torres jadi kunci utama Unai Emery di lini pertahanan

6 Rekrutan Unai Emery selama Menjabat sebagai Pelatih Aston VillaPau Torres (avfc.co.uk)

Datang dengan pamor sebagai bek berkualitas dari Villarreal, Pau Torres terbukti mampu mewujudkan ekspektasi. Bek asal Spanyol ini berhasil tampil hebat dan menjadi kunci utama Unai Emery di lini pertahanan. Bahkan, Torres mampu menggeser beberapa nama lama di barisan bek Aston Villa, seperti Tyronne MIngs, Diego Carlos, Kortney Hause, dan Callum Chambers.

5. Moussa Diaby memberikan pengaruh besar di lini serang

6 Rekrutan Unai Emery selama Menjabat sebagai Pelatih Aston VillaMoussa Diaby (avfc.co.uk)

Tak jauh berbeda dengan Pau Torres, Moussa Diaby juga memberikan pengaruh yang signifikan bagi Aston Villa. Pemain yang didatangkan dari Bayer Leverkusen pada musim panas 2023 ini tampil hebat. Bahkan, ia juga menjadi salah satu pemain paling produktif yang dimiliki oleh Aston Villa hingga pekan ke-19 EPL 2023/2024. Total, ada 4 gol dan 5 assist dari 25 laga yang telah dimainkan Diaby bersama Aston Villa di berbagai kompetisi.

6. Nicolo Zaniolo dipinjam dari Galatasaray

6 Rekrutan Unai Emery selama Menjabat sebagai Pelatih Aston VillaNicolo Zaniolo (avfc.co.uk)

Nicolo Zaniolo dipinjam dari Galatasaray untuk membantu lini serang. Namun, pengaruh Zaniolo belum begitu terasa seperti Moussa Diaby. Sebab, Zaniolo tampak harus bekerja lebih keras untuk beradaptasi dengan tim. Kendati demikian, perlahan pemain asal Italia ini mulai menemukan performa terbaiknya di tanah Britania.

Melesatnya performa Aston Villa di English Premier League bagaikan sebuah fenomena. Pertanyaannya, mampukah Aston Villa di bawah asuhan Unai Emery mempertahankan performa hingga merebut jatah tiket Liga Champions musim depan?

Baca Juga: 5 Pemain Aston Villa dengan Harga Pasar Tertinggi pada 2023/2024

Baca Juga: 5 Momen Comeback Aston Villa di EPL 2023/2024, Bukti Mental Kuat!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya