Sejarah Warna Biru Sebagai Identitas Jersey Timnas Jepang

Faktor keberuntungan jadi alasan utama

Seperti yang banyak pecinta sepak bola ketahui, Timnas Jepang selalu identik dengan warna biru. Bahkan, mereka dijuluki sebagai Samurai Biru.

Namun, terdapat fakta menarik mengapa Timnas Jepang sangat identik dengan warna biru. Padahal, warna merah dan putih yang mendominasi warna bendera mereka.

Faktanya, tim nasional sepak bola sendiri menjadi satu-satunya tim olahraga Jepang yang menggunakan warna biru. Tim dari olahraga lain, mulai dari bola basket, voli, dan softball Jepang selalu merepresentasikan diri mereka dengan warna merah. 

Lantas, mengapa Timnas Jepang menggunakan warna biru? Apa alasan yang menjadi landasan keputusan tersebut?

1. Asal mula warna biru pada jersey Timnas Jepang

Sejarah Warna Biru Sebagai Identitas Jersey Timnas JepangTimnas Jepang dalam laga melawan Timnas Ekuador di Kirin Challenge Cup 2022. (jfa.jp)

Sebagian besar pengamat percaya bahwa warna biru di jersey Timnas Jepang ini terinspirasi dari Universitas Tokyo. Kisahnya berawal pada tahun 1930 saat Universitas Tokyo tampil mewakili Jepang di Ajang Far Eastern Championship Games.

Kala itu, mereka menggunakan jersey warna biru muda sesuai warna utama kampusnya. Hal tersebut memberikan inspirasi besar bagi tim sepak bola Jepang. Pada Olimpiade Berlin 1936, tim sepak bola Jepang pertama kali direpresentasikan dengan warna biru.

2. Sempat berganti warna menjadi merah

Sejarah Warna Biru Sebagai Identitas Jersey Timnas JepangJersey home Timnas Jepang pada 1990. (footballkitarchive.com)

Sejak Olimpiade Berlin 1936, identitas warna biru di tim nasional sepak bola Jepang cukup melekat. Identitas tersebut telah menjadi yang paling dikenal dari sepak bola Jepang hingga era modern.

Tetapi di balik itu, Timnas Jepang juga pernah mengubah warna jersey mereka dari biru menjadi merah dan putih selama tiga tahun. Akan tetapi, hal tersebut tidak berlangsung lama. Jepang hanya menggunakannya pada 1988--1991.

Baca Juga: Kisah Inspiratif Anime Blue Lock dan Giant Killing dalam Jersey Jepang

3. Alasan di balik kembalinya jersey Timnas Jepang ke warna biru

Sejarah Warna Biru Sebagai Identitas Jersey Timnas JepangShinji Kagawa (twitter.com/championsleague)

Era Jersey Jepang berwarna merah memang tidak berlangsung lama. Alasan faktor keberuntungan menjadi salah satu alasan unik di balik kembalinya Jepang ke identitas warna biru.

Kala memakai jersey warna merah, Jepang selalu mendapatkan hasil yang kurang baik pada beberapa kompetisi yang mereka ikuti. Kala itu, Jepang gagal lolos kualifikasi Piala Dunia 1990 dan Olimpiade 1992. Pada tahun 1992 itulah jersey Jepang kembali menggunakan warna biru kebanggaan hingga saat ini.

4. Kebangkitan sepak bola Jepang dengan warna biru

Sejarah Warna Biru Sebagai Identitas Jersey Timnas Jepangskuad Jepang di Piala Dunia 1998 (twitter.com/fifaworldcup)

Meski sekarang tampak megah dan sangat kuat, sepak bola Jepang dinilai baru bertumbuh setelah tahun 1992 saat mereka kembali menggunakan warna biru sebagai identitasnya. Untuk pertama kalinya, Jepang sukses meraih gelar juara Piala Asia pada edisi 1992.

Enam tahun berselang, Timnas Jepang sukses menembus Piala Dunia untuk pertama kalinya pada Piala Dunia 1998 di Prancis. Sejak itu, Jepang beranjak sebagai tim raksasa Asia dan tampil menyeramkan seperti julukan mereka, Samurai Biru.

5. Kiprah dan Perjalanan Jepang di Piala Dunia Qatar 2022

Sejarah Warna Biru Sebagai Identitas Jersey Timnas JepangSkuad Timnas Jepang pada Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Sejak edisi 1998, Timnas Jepang tak pernah sekali pun absen dari Piala Dunia, termasuk pada edisi 2022 yang diadakan di Qatar. Pada edisi kali ini, Jepang tampil luar biasa dengan menjadi juara Grup E setelah sukses menang atas Jerman dan Spanyol.

Namun, sayangnya langkah Jepang pada Piala Dunia 2022 hanya bertahan hingga 16 besar. Langkah mereka terhenti oleh Kroasia lewat drama adu penalti setelah skor sama kuat 1-1 hingga 120 menit.

Baca Juga: Cahaya Asia, Teladan dari Timnas Jepang dan para Suporternya

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya