5 Tim Austria yang Pernah Mentas di Babak Gugur Liga Champions Eropa

Rapid Vienna paling mentereng

Tim asal Austria memang jarang terlihat tampil di Liga Champions Eropa. Jika pun ada, tim asal Austria biasanya tersingkir di fase grup alias gagal menembus fase gugur. Materi pemain menjadi faktor utama tim-tim Austria kalah saing oleh tim-tim dari negara dengan kekuatan sepak bola besar, seperti Inggris, Spanyol, Italia, Jerman, atau Prancis.

Meski begitu, tentu tetap ada beberapa klub Austria yang pernah tampil di fase gugur Liga Champions Eropa. Hingga edisi 2023/2024, telah ada lima klub asal Austria yang mampu menorehkan capaian tersebut. Penasaran, klub mana saja yang pernah mewakili Austria di fase gugur Liga Champions Eropa? Cek daftar dan ulasannya ini!

1. SK Rapid Vienna paling sering tampil di fase gugur

5 Tim Austria yang Pernah Mentas di Babak Gugur Liga Champions EropaSK Rapid Vienna (skrapid.at)

SK Rapid Vienna merupakan klub yang paling banyak meraih gelar juara Liga Austria. Oleh karena itu, Rapid Vienna memiliki banyak kesempatan untuk tampil di kompetisi Eropa, khususnya Liga Champions. Total, 13 kali mereka tampil di Liga Champions, baik dengan format European Cup maupun UEFA Champions League.

Bicara soal prestasi, Rapid Vienna juga telah sembilan kali masuk ke fase gugur. Itu merupakan angka terbanyak di antara keberhasilan tim Austria lain dalam menembus fase gugur. Rapid Vienna juga memiliki prestasi tertinggi di antara tim Austria lain, yakni pernah menembus babak semifinal pada edisi 1961. Kala itu, mereka akhirnya kalah dengan agregat 0-6 dari SL Benfica.

Baca Juga: 5 Pemain Gaek yang Mencetak Gol di Leg Pertama 16 Besar UCL 2023/2024

2. Austria Vienna pernah tampil di semifinal

5 Tim Austria yang Pernah Mentas di Babak Gugur Liga Champions EropaAustria Vienna (twitter.com/FKAustriaWien)

Austria Vienna juga tak kalah berprestasi dari Rapid Vienna. Tim asal ibu kota Austria ini pernah 17 kali mentas di ajang Liga Champions. Namun, mereka hanya lolos sebanyak tujuh kali ke babak gugur.

Momen terbaik mereka terjadi pada European Cup 1979. Kala itu, mereka sukses menembus babak semifinal. Sayangnya, Austria Vienna harus mengakui keunggulan Malmo FF dengan agregat 0-1.

3. Wiener Sport Club kini terdampar di divisi tiga Liga Austria

5 Tim Austria yang Pernah Mentas di Babak Gugur Liga Champions EropaWiener Sport Club (twitter.com/WienerSportClub)

Wiener Sport Club pernah tiga kali menjadi juara Liga Austria. Berbekal hal tersebut, Wiener SC bisa dua kali mengikuti Liga Champions. Hebatnya lagi, Wiener SC mampu menembus babak delapan besar cukup dari dua kesempatan itu saja.

Pada edisi 1959, mereka lolos ke babak delapan besar sebelum akhirnya kalah dari Real Madrid dengan agregat 1-7. Sedangkan pada edisi 1960, Wiener SC kalah dari Eintracht Frankfurt dengan agregat 2-3. Akan tetapi, hal tersebut kini menjadi cerita sejarah. Sebab, Wiener SC tengah terdampar di divisi ketiga Liga Austria 2023/2024.

4. Edisi 1978 menjadi momen terbaik FC Wacker Inssbruck di Liga Champions

5 Tim Austria yang Pernah Mentas di Babak Gugur Liga Champions EropaFC Wacker Innsbruck (twitter.com/wackerinnsbruck)

Nama selanjutnya adalah FC Wacker Innsbruck. Peraih 10 kali gelar juara Liga Austria ini pernah 7 kali ikut serta di ajang Liga Champions. Dari sederet kesempatan itu, mereka berhasil lolos ke fase gugur sebanyak tiga kali ketika format turnamen masih European Cup.

Momen tersebut terjadi pada edisi 1978, 1990, dan 1991. Prestasi terbaik mereka ialah menembus babak delapan besar pada edisi 1978. Kala itu, FC Wacker Innsbruck disingkirkan oleh Borussia Monchengladbach dengan agregat 1-5.

5. RB Salzburg dibantai Bayern Munich pada fase gugur pertamanya

5 Tim Austria yang Pernah Mentas di Babak Gugur Liga Champions EropaRed Bull Salzburg (twitter.com/FCRBS_en)

Red Bull Salzburg atau RB Salzburg mungkin menjadi tim asal Austria yang paling dikenal oleh penggemar sepak bola Indonesia saat ini. Selain karena memiliki kaitan erat dengan RB Leipzig, RB Salzburg juga memang mendominasi Liga Austria dalam beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu, mereka sering mentas di Liga Champions Eropa.

Akan tetapi, RB Salzburg hanya sekali lolos ke babak gugur Liga Champions. Momen tersebut terjadi pada musim 2021/2022. Kala itu, mereka harus berhadapan dengan raksasa Bundesliga Jerman, Bayern Munich. Pada momen tersebut, mereka kalah pada babak 16 besar dengan agregat yang mencolok, yakni 2-8.

Meningkatkan kualitas skuad guna menaikkan kualitas liga tampaknya menjadi satu-satunya jalan bagi tim-tim Liga Austria untuk bisa berprestasi. Dengan cara itu, mereka bisa berbicara banyak di level Eropa, khususnya Liga Champions Eropa. Bukan tak mungkin jika mereka sukses meraih gelar juara turnamen ini pada kemudian hari.

Baca Juga: Kiprah 3 Tim Italia pada Leg Pertama 16 Besar UCL 2023/2024, Impresif?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya