6 Transfer Termahal Pekan Pertama Juli 2023, Chelsea Cuan!

Transfer gelandang mendominasi pekan ini

Bursa transfer sepak bola Eropa musim panas 2023 mulai menggeliat, bahkan sebelum resmi dibuka pada 1 Juli 2023. Beberapa kejutan terjadi kala bursa transfer memasuki minggu pertama (1--7 Juli 2023). Pasalnya, beberapa pemain senior dengan nama besar justru keluar dari tim yang sudah lama ia bela.

Sebut saja nama-nama, seperti Cesar Azpilicueta, Granit Xhaka, dan Jordi Alba. Namun, ketiga nama tersebut tak masuk dalam daftar transfer termahal pada pekan pertama bulan Juli 2023. Mereka yang masuk dalam daftar ini justru didominasi oleh pemain muda potensial. Siapa saja dan berapa nilai transfernya?

1. Mason Mount

6 Transfer Termahal Pekan Pertama Juli 2023, Chelsea Cuan!Mason Mount (manutd.com)

Mason Mount yang pindah dari Chelsea ke Manchester United, Rabu (5/7/2023), merupakan deal transfer termahal pekan ini. Gelandang serang Timnas Inggris ini ditebus dengan biaya sebesar 64,2 juta euro (Rp1,068 triliun). Meski ditebus dengan harga mahal, kepergian Mount sempat membuat banyak penggemar Chelsea protes. Sebab, Mount merupakan pemain yang besar sebagai anggota dari tim akademi. Ia juga merupakan penggemar Chelsea. Kepindahannya ke Manchester United yang notabene rival pun menyisakan rasa kecewa.

Baca Juga: Transfer Mewah Upaya Liverpool Rebut Gelar EPL Musim 2023/2024

2. Sandro Tonali

6 Transfer Termahal Pekan Pertama Juli 2023, Chelsea Cuan!Sandro Tonali (nufc.co.uk)

Kepindahan Sandro Tonali ke Newcastle United pun turut meninggalkan rasa kecewa bagi penggemar AC Milan. Pasalnya, gelandang berkebangsaan Italia ini memang sedang panas-panasnya. Bahkan, ia sempat digadang-gadang menjadi kapten AC Milan di masa depan. Namun, impian itu pupus pada, Senin (3/7/2023). Sandro Tonali sepakat hijrah ke Inggris dengan biaya sebesar 64 juta euro (Rp1,064 triliun).

3. Manuel Ugarte

6 Transfer Termahal Pekan Pertama Juli 2023, Chelsea Cuan!Manuel Ugarte (en.psg.fr)

Negosiasi antara PSG dan Sporting CP mengenai transfer Manuel Ugarte telah terjalin sebelum musim 2022/2023 usai. Namun, kata sepakat baru terjadi pada, Jumat (7/7/2023). Pemain berkebangsaan Uruguay ini pindah dengan biaya sebesar 60 juta euro (Rp998 miliar). Di PSG nanti, Ugarte akan bersaing mendapatkan posisi utama di lini tengah bersama mantan pemain Liga Portugal lain, seperti Vitinha, Renato Sanches, dan Danilo Pereira.

4. Felix Nmecha

6 Transfer Termahal Pekan Pertama Juli 2023, Chelsea Cuan!Felix Nmecha (tv.bvb.de)

Untuk menggantikan Jude Bellingham yang hengkang ke Real Madrid, Borussia Dortmund pun mendatangkan gelandang serang baru. Dia adalah Felix Nmecha, pemain muda berkebangsaan Jerman yang diboyong dari VfL Wolfsburg. Kesepakatan transfer Nmecha terjadi pada, Senin (3/7/2023). Nominal yang terlibat untuk transfer ini berada di angka 30 juta euro (Rp498 miliar). Dengan segala potensi yang ia miliki, Felix diprediksi bisa memberikan yang terbaik di hadapan The Yellow Wall. 

Baca Juga: Menanti Revolusi Juventus pada Bursa Transfer Musim Panas 2023

5. Jota

6 Transfer Termahal Pekan Pertama Juli 2023, Chelsea Cuan!Jota (twitter.com/ittihad_en)

Setelah mendatangkan Karim Benzema dan N'Golo Kante, Al-Ittihad kembali mendatangkan pemain hebat dari Eropa. Dia adalah Joao Pedro Neves Filipe alias Jota, winger yang diboyong dari Celtic FC, Senin (3/7/2023). Sebelum bergabung dengan Al-Ittihad, Jota memang diincar oleh banyak klub besar Eropa. Namun, Celtic FC terlebih dahulu menerima tawaran sebesar 29,1 juta euro (Rp483 miliar) dari Al-Ittihad.

6. Nathan Collins

6 Transfer Termahal Pekan Pertama Juli 2023, Chelsea Cuan!Nathan Collins (brentfordfc.com)

Nathan Collins memang baru semusim berseragam Wolverhampton Wanderers. Namun, ia langsung ditawar Brentford pada musim panas 2023. Dengan uang sebesar 26,85 juta euro (Rp446 miliar), bek asal Rep. Irlandia ini pun dilepas Wolves ke Brentford pada, Selasa (4/7/2023). Kedatangan bek muda satu ini jelas akan memperkuat pertahanan Brentford yang sedang dibangun Thomas Frank.

Beberapa nama besar, seperti Andre Onana, Christian Pulisic, dan Jurrien Timber masih berada di tahap pembicaraan pada pekan pertama bursa transfer Juli 2023. Mereka tampaknya akan resmi pindah pada pekan kedua. Akankah kepindahan mereka benar bakal segera terealisasi dalam waktu dekat?

Baca Juga: 6 Transfer Termahal sebelum Bursa Transfer Musim Panas 2023 Dibuka

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya