6 Transfer Termahal Tim Ligue 1 pada Musim Dingin 2024

Didominasi transfer tim besar

Ligue 1 Prancis menjadi salah satu kompetisi yang paling banyak mendatangkan pemain baru pada bursa transfer musim dingin 2024. Ada total 58 pemain baru yang bergabung dengan klub Ligue 1. Mereka datang sebagai pemain pinjaman dan pemain yang dibeli secara permanen.

Jika dilihat dari daftar belanja, tim besar Ligue 1 memiliki intensitas belanja pemain yang lebih ramai ketimbang tim mediokernya. Tak heran jika uang besar juga ikut disertakan pada transfernya. Berikut inilah enam transfer termahal tim Ligue 1 Prancis sepanjang bursa transfer musim dingin 2024.

1. Lucas Beraldo (PSG) menjadi yang termahal dengan banderol 20 juta euro

6 Transfer Termahal Tim Ligue 1 pada Musim Dingin 2024Lucas Beraldo (id.psg.fr)

Dalam beberapa musim terakhir, Paris Saint-Germain (PSG) selalu merajai bursa transfer di Ligue 1 Prancis. Pada bursa transfer musim dingin 2024 pun demikian. Klub asal ibu kota Prancis ini menempatkan Lucas Beraldo dan Gabriel Mescardo sebagai yang termahal dengan banderol 20 juta euro (Rp336 miliar). Beraldo sendiri berposisi sebagai bek tengah dan diboyong dari Sao Paulo. Pemain berusia 20 tahun ini bernasib baik karena langsung dipasang sebagai pemain utama PSG.

2. Setelah dibeli seharga 20 juta euro oleh PSG, Gabriel Moscardo langsung dipinjamkan

6 Transfer Termahal Tim Ligue 1 pada Musim Dingin 2024Gabriel Moscardo (en.psg.fr)

Meski datang pada waktu yang hampir bersamaan dengan Lucas Beraldo, Gabriel Moscardo justru memiliki nasib berbeda. Setelah dibeli dari Corinthians seharga 20 juta euro (Rp336 miliar), Moscardo tak langsung bergabung dengan PSG. Sebab, ia kembali dipinjamkan ke Corinthians hingga akhir musim 2023/2024. Moscardo sendiri masih berusia 18 tahun dan merupakan seorang gelandang bertahan yang sangat potensial.

3. Olympique Lyon gelontorkan dana 17 juta euro untuk Malick Fofana

6 Transfer Termahal Tim Ligue 1 pada Musim Dingin 2024Malick Fofana (ol.fr)

Olympique Lyon belanja banyak pemain pada bursa transfer musim dingin 2024. Hal ini dilakukan agar mereka bisa selamat dari zona degradasi. Pemain termahal yang mereka beli untuk misinya kali ini adalah Malick Fofana. Sayap kiri asal Belgia ini dibeli dari KAA Gent seharga 17 juta euro (Rp289 miliar). Dengan transfernya ini, Fofana jelas diharapkan untuk bersinar dan bisa membawa Lyon bangkit dari keterpurukan.

Baca Juga: 7 Rekrutan Olympique Lyon pada Bursa Transfer Januari 2024

4. Azor Matusiwa ditebus Stade Rennes seharga 15,5 juta euro

6 Transfer Termahal Tim Ligue 1 pada Musim Dingin 2024Azor Matusiwa (staderennais.com)

Keuntungan besar didapat oleh Stade Rennes ketika mereka mendapatkan Azor Matusiwa dari Stade Reims. Pasalnya, Matusiwa merupakan seorang gelandang bertahan tangguh yang memiliki potensi besar untuk berkembang. Uang sebesar 15, 5 juta euro (Rp265 miliar) yang dikeluarkan Rennes tampaknya tak akan membuat mereka rugi. Sebab, Matusiwa bisa menjadi pengganti yang pas dari Nemanja Matic yang hengkang ke Olympique Lyon.

5. Gift Orban diboyong Olympique Lyon seharga 12 juta euro

6 Transfer Termahal Tim Ligue 1 pada Musim Dingin 2024Gift Orban (tengah) (ol.fr)

Pemain baru Olympique Lyon lain yang masuk ke dalam daftar transfer termahal klub Ligue 1 pada bursa transfer musim dingin 2024 adalah Gift Orban. Penyerang muda asal Nigeria tersebut diboyong dari KAA Gent dengan banderol 12 juta euro (Rp204 miliar). Dengan kemampuan yang ia miliki, Orban tampaknya mampu berbuat banyak untuk klub barunya. Ia akan mampu membuat kombinasi yang padu dengan Malick Fofana di lini serang Lyon.

6. Orel Mangala dipinjam dengan biaya 11,7 juta euro oleh Olympique Lyon

6 Transfer Termahal Tim Ligue 1 pada Musim Dingin 2024Orel Mangala (ol.fr)

Orel Mangala memang bermain apik bersama Nottingham Forest pada setengah musim 2023/2024. Oleh karena itu, Lyon berani mengeluarkan uang sebesar 11,7 juta euro (Rp196 miliar) hanya untuk meminjam Mangala. Meski sangat besar, harga ini tampaknya cukup pantas bagi Mangala yang mampu mendominasi lini tengah. Di sisi lain, Lyon pun butuh seorang seperti Mangala. Jika permainan Mangala pada masa peminjaman dinilai mengesankan, maka dirinya akan dipermanenkan Lyon pada akhir musim. 

Pada bursa transfer musim dingin 2024, Olympique Lyon menjadi tim yang paling banyak belanja pemain. Mereka berani mengeluarkan uang banyak guna menyelamatkan diri dari zona degradasi. Selain tiga pemain yang telah disebutkan, Malick Fofana, Gift Orban, dan Orel Mangala, Lyon juga mendatangkan Nemanja Matic, Said Benrahma, Adryelson, dan Lucas Perri.

Baca Juga: 4 Pemain Amerika Selatan di Skuad Lyon 2023/2024, Ada 2 Nama Baru

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya