4 Winger Belgia yang Membela Klub Premier League 2023/2024

Trossard dan Doku paling mentereng

Belgia memang kaya dengan talenta pesepak bola di berbagai posisi. Salah satu posisi yang digandrungi banyak pesepak bola Belgia adalah posisi winger. Hal ini cukup wajar karena pendidikan muda sepak bola Belgia memang lebih sering menerapkan posisi 4-3-3 yang membutuhkan peran seorang winger.

Hal tersebut cukup berpengaruh kepada masa depan sepak bola Belgia. Sekarang ada banyak winger Belgia yang berlaga di luar negeri. Salah satu yang terbanyak ialah di English Premier League. Ada total empat winger Belgia yang membela klub Premier League 2023/2024.

1. Mike Tresor telah siap dipermanenkan pada akhir musim

4 Winger Belgia yang Membela Klub Premier League 2023/2024Mike Tresor (burnleyfootballclub.com)

Mike Tresor didatangkan Burnley dari KRC Genk sebagai pemain pinjaman pada bursa transfer musim panas 2023. Sejak itu, Tresor mulai dicoba oleh Vincent Kompany untuk menempati posisi winger Burnley. Ia sering disimpan sebagai pemain cadangan yang datang di tengah pertandingan dan tak jarang jadi pemain inti.

Akan tetapi, Tresor belum bisa mencetak satu pun gol maupun assist dari 14 laga dengan rincian 400 menit yang telah ia jalani di EPL sejauh ini. Hal tersebut jelas kurang membanggakan dan perlu ditingkatkan. Kendati demikian, Tresor telah mendapatkan jaminan untuk pindah ke Burnley secara permanen pada musim panas 2024.

2. Benson Manuel baru mencatat 74 menit hingga pekan ke-26 EPL 2023/2024

4 Winger Belgia yang Membela Klub Premier League 2023/2024Benson Manuel (twitter.com/BurnleyOfficial)

Selain Mike Tresor, Burnley juga memiliki winger lain asal Belgia. Sosok yang dimaksud adalah Benson Manuel, winger berusia 26 tahun yang memiliki darah Angola. Dibandingkan Tresor, nasib Benson justru lebih buruk.

Benson memiliki menit bermain yang lebih sedikit dibandingkan Tresor. Padahal, Benson tak mengalami kendala apa pun sejak awal musim, termasuk cedera. Bayangkan saja, Benson baru mencatat 74 menit bermain hingga pekan ke-26 EPL 2023/2024.

Baca Juga: 3 Winger asal Brasil yang Bermain untuk Klub EPL 2023/2024

3. Leandro Trossard kerap jadi pemecah kebuntuan Arsenal

4 Winger Belgia yang Membela Klub Premier League 2023/2024Leandro Trossard (arsenal.com)

Dari awal musim hingga pekan ke-26 EPL 2023/2024, Leandro Trossard baru 2 kali bermain selama 90 menit bersama Arsenal. Winger berusia 29 tahun ini terhitung sebagai pemain rotasi. Ia sering bermain sebagai pemain cadangan atau pemain inti yang jarang bermain penuh.

Oleh karena itu, Trossard memiliki menit bermain yang minim, yakni 918 menit dari 22 laga. Kendati demikian, Trossard mampu tampil efektif dan menjawab kepercayaan. Ia hadir ketika dibutuhkan Arsenal untuk memecah kebuntuan skor.

Bahkan, ia telah sukses mencetak 7 gol dan 1 assist di EPL sejauh ini. Torehan golnya jauh lebih produktif ketimbang Kai Havertz, Eddie Nketiah, dan Gabriel Martinelli yang memiliki menit bermain yang lebih banyak darinya. Dengan fakta tersebut, Mikel Arteta seharusnya bisa memberikan kepercayaan lebih banyak kepada Leandro Trossard.

4. Jeremy Doku jadi senjata Pep Guardiola di Manchester City

4 Winger Belgia yang Membela Klub Premier League 2023/2024Jeremy Doku (mancity.com)

Jeremy Doku didatangkan Manchester City dari Stade Rennes pada awal musim 2023/2024. Ia didatangkan untuk menggantikan Riyad Mahrez yang hengkang pada waktu yang hampir bersamaan. Kedatangan Doku jelas memberikan tenaga baru bagi Manchester City.

Akan tetapi, Doku tak sepenuhnya hadir sebagai pemain inti Manchester City. Ia kerap berperan sebagai pemain rotasi yang bermain pada laga-laga tertentu. Tak jarang, Doku juga hadir pada pertengahan laga sebagai senjata Pep Guardiola.

Gaya mainnya yang cepat dan dribel yang menusuk membuat Doku sangat diwaspadai. Selain itu, Doku juga memiliki kemampuan yang cukup baik dalam sepakan. Tiga faktor tersebut telah menjadi modal besar bagi Doku untuk bisa diandalkan. Torehan 2 gol dan 5 assist dari 18 laga adalah buktinya.

Sebelum empat pemain ini, Belgia juga pernah menempatkan winger hebat di English Premier League. Sebut saja Kevin Mirallas, Nacer Chadli, dan Eden Hazard. Dari tiga pemain tersebut, Hazard yang paling banyak diingat.

Baca Juga: 4 Winger Spanyol yang Membela Tim English Premier League 2023/2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya