4 Winger Spanyol yang Membela Tim English Premier League 2023/2024

Belum bisa menjadi pilihan utama

Banyak tim English Premier League (EPL) 2023/2024 yang gemar memakai formasi melibatkan posisi pemain sayap atau winger. Hal tersebut membuat kebutuhan terhadap winger di EPL makin meningkat. Oleh karena itu, mereka berlomba-lomba mendatangkan winger dari berbagai negara, termasuk Spanyol.

Kedatangan pemain Spanyol ke sepak bola Inggris sebetulnya tak mengherankan. Ini telah menjadi tradisi dari musim ke musim. Namun, jika bicara soal kiprah winger Spanyol di EPL 2023/2024, tampaknya penampilan mereka tak begitu baik. Pasalnya, keempat winger asal Spanyol ini tak bisa bersinar dan belum mendapatkan tempat yang semestinya sejauh ini.

1. Bryan Gil tak kunjung bersinar di Tottenham Hotspur

4 Winger Spanyol yang Membela Tim English Premier League 2023/2024Bryan Gil (twitter.com/SpursOfficial)

Bryan Gil telah bergabung dengan Tottenham Hotspur sejak awal musim 2021/2022. Itu artinya, Gil telah memasuki tahun ketiganya berseragam The Lillywhites. Dengan hal tersebut, ia seharusnya sudah bisa berbaur dan menjadi bagian penting dari klub ini. Sayangnya, Gil tampil di luar ekspektasi. Ia sulit berkembang dan hanya sanggup menjadi pemain pelapis.

Sebagai seorang winger kiri, Bryan Gil selalu kalah saing dari Son Heung Min. Hal tersebut diperburuk dengan hadirnya Manor Solomon dan Timo Werner yang makin mempersulit Gil untuk tampil. Per 28 Januari 2024, Gil baru mencatat 10 laga dengan rincian 217 menit.

2. Pablo Sarabia jadi senjata rahasia Wolverhampton Wanderers

4 Winger Spanyol yang Membela Tim English Premier League 2023/2024Pablo Sarabia (wolves.co.uk)

Serupa dengan Bryan Gil, Pablo Sarabia juga belum bisa menembus tim utama Wolverhampton Wanderers sepenuhnya. Namun, Sarabia memiliki peran yang lebih baik dari Gil. Pasalnya, Sarabia kerap dijadikan senjata rahasia Wolves apabila tim tersebut mengalami kebuntuan.

Sarabia yang kerap bermain sebagai pemain pengganti sering berkontribusi dalam hal gol dan assist. Dalam beberapa pertandingan, Sarabia terbukti melakukan hal tersebut dan menyelamatkan Wolves dari kekalahan. Sejauh ini, Sarabia telah mencetak 1 gol dan 8 assist dari 1.040 menit dalam 18 laga di seluruh ajang yang diikuti Wolves.

Baca Juga: 5 Gol Paling Lambat dalam Sejarah Premier League

3. Cedera hamstring membuat Adama Traore absen lama bersama Fulham

4 Winger Spanyol yang Membela Tim English Premier League 2023/2024Adama Traore (fulhamfc.com)

Adama Traore didatangkan Fulham dari Wolverhampton Wanderers pada bursa transfer musim panas 2024. Sejak itu, Traore ternyata belum bisa berbuat banyak untuk Fulham, meski memiliki segudang pengalaman bermain di sepak bola Inggris. Pemain keturunan Mali ini hanya dipilih sebagai pelapis dari Harry Wilson di posisi winger kanan.

Keadaan tersebut diperparah dengan cedera hamstring yang ia alami pada September 2023 dan November 2023. Hal tersebut membuat Traore absen lama. Alhasil, Traore baru mencatat 5 laga dengan perincian 101 menit sejauh ini.

4. Ansu Fati mengalami sejumlah masalah selama dipinjamkan kepada Brighton & Hove Albion

4 Winger Spanyol yang Membela Tim English Premier League 2023/2024Ansu Fati (brightonandhovealbion.com)

Berpredikat sebagai wonderkid, kedatangan Ansu Fati ke Brighton & Hove Albion sempat meramaikan pembicaraan publik sepak bola. Banyak pihak menyangka jika The Seagulls akan menjadi tempat bagi Fati untuk berkembang lebih baik. Akan tetapi, kiprahnya tertahan oleh cedera dan inkonsistensi performa yang ia tunjukkan.

Pemain yang dipinjam dari Barcelona ini masih kalah saing dari Kaoru Mitoma yang biasa mengisi posisi winger kiri. Hal itu membuatnya kerap dipasang sebagai pemain pelapis. Tak sampai di situ, Fati juga ternyata memiliki masalah dengan cedera.

Sejak November 2023, Fati mengalami cedera betis yang mengharuskannya absen hingga akhir Februari 2024. Oleh karena itu, Fati baru mencatat 17 laga dengan perincian 665 menit. Kendati demikian, Fati cukup produktif dengan torehan 4 gol dan 1 assist.

Dapat disimpulkan kiprah winger Spanyol di English Premier League 2023/2024 tak berjalan dengan baik. Tak ada satu pun dari mereka yang seutuhnya menjadi pilihan utama. Padahal, winger asal Spanyol selalu menjadi komoditas yang bagus pada tiap musim EPL.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Dipinjam Napoli dari Klub Premier League

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya