Comscore Tracker

7 Pemain Dengan Biaya Transfer Termahal, Neymar Masih Pegang Rekor 

Tidak ada nama Messi dan Ronaldo!

Dunia sepakbola era modern sudah menjadi sebuah industri. Selain dari sponsor, hak siar, penjualan tiket, dan aksesori klub, perputaran uang dalam dunia sepak bola juga berasal dari transfer atau jual-beli pemain. Setiap pemain yang berkecimpung di sepak bola profesional memiliki nilai pasar yang menjadi harga jual untuk klub mana pun yang ingin mendatangkan dan menggunakan jasa pemain tersebut.

Harga seorang pemain dipengaruhi oleh berbagai faktor. Ada sejumlah pemain yang memiliki nilai pasar yang tinggi karena kemampuan yang mereka punya. Sejumlah klub juga berani mengeluarkan dana yang tidak main-main dan lebih besar dari harga pemain itu sendiri demi mendapatkan jasa dari pemain tersebut di klub mereka. Berikut adalah pemain dengan biaya transfer termahal sepanjang masa.

Baca Juga: 9 Pemain Termahal di Bursa Transfer Musim Panas Sedekade Terakhir

1. Neymar (Barcelona ke PSG), 222 Juta Euro

7 Pemain Dengan Biaya Transfer Termahal, Neymar Masih Pegang Rekor skysports.com

Rekor transfer termahal masih dipegang oleh Paris Saint German ketika mendatangkan Neymar dari raksasa Catalan, Barcelona. PSG menggelontorkan dana sebesar 222 juta euro atau sekitar 3,6 triliun rupiah untuk mendapatkan jasa superstar asal Brasil tersebut.

Di PSG, Neymar dikontrak selama 5 tahun hingga Juni 2022 mendatang. Transfer tersebut terjadi pada pertengahan 2017 lalu dan masih menjadi rekor termahal hingga saat ini.

2. Kylian Mbappe (AS Monaco ke PSG), 180 Juta Euro

7 Pemain Dengan Biaya Transfer Termahal, Neymar Masih Pegang Rekor eurosport.com

Urutan kedua masih dari raksasa Prancis, PSG. PSG tampaknya betul-betul ingin membuktikan bahwa mereka adalah klub besar yang kaya raya.

Setelah memecahkan rekor dengan mendatangkan Neymar, PSG mendatangkan Mbappe dari  AS Monaco dengan biaya 180 juta euro dengan rincian 145 juta euro ditambah bonus 35 juta euro. Transfer tersebut juga terjadi pada tahun 2017. Saat itu Mbappe masih berusia 18 tahun. 

3. Joao Felix (Benfica ke Atletico Madrid), 126 Juta Euro

7 Pemain Dengan Biaya Transfer Termahal, Neymar Masih Pegang Rekor beinsports.com

Joao Felix merupakan wonderkid asal Portugal yang berposisi sebagai penyerang. Ia didatangkan oleh Atletico Madrid tahun 2019 lalu dari Benfica. Atletico memboyongnya dengan banderol 126 juta euro atau sekitar 2 Triliun lebih jika dirupiahkan.

Ketika didatangkan ke Wanda Metropolitano, pemain yang juga bisa bermain sebagai winger ini masih berusia 19 tahun. 

4. Antoine Griezmann (Atletico Madrid ke Barcelona), 120 Juta Euro

7 Pemain Dengan Biaya Transfer Termahal, Neymar Masih Pegang Rekor beinsports.com

Berikutnya adalah striker Barcelona, Antoine Griezmann. Ia dibawa ke Barcelona dari sesama klub La Liga, Atletico Madrid. Ia didatangkan dengan mahar 120 juta euro atau sekitar 1,9 Triliun rupiah pada tahun 2019.

Pemain yang membawa Prancis juara piala dunia 2018 ini dikontrak oleh Barcelona hingga Juni 2024 mendatang.

Baca Juga: Barcelona Siap Tukar Griezmann dengan Neymar, PSG Pasang Harga Tinggi

5. Philippe Coutinho (Liverpool ke Barcelona), 120 Juta Euro

7 Pemain Dengan Biaya Transfer Termahal, Neymar Masih Pegang Rekor eurosport.com

Philippe Coutinho merupakan gelandang serang asal Brasil yang didatangkan Barcelona dari Liverpool pada 2018 lalu. Penampilan apiknya di Liverpool membuat Barcelona berani menggelontorkan biaya 120 juta euro atau sekitar 1,9 triliun rupiah untuk mendapatkan jasanya. Nilai tersebut menjadikannya sebagai gelandang termahal di dunia.

Namun, musim pertamanya di Barca kurang memuaskan sehingga ia dipinjamkan ke Bayern Munich pada musim selanjutnya. Di Bayern, Coutinho membuktikan kualitasnya dengan membantu Bayern meraih gelar Liga Champions keenam mereka.

6. Ousmane Dembele (Dortmund ke Barcelona), 105 Juta Euro

7 Pemain Dengan Biaya Transfer Termahal, Neymar Masih Pegang Rekor francefootball.fr

Berikutnya adalah transfer striker muda Prancis, Ousmane Dembele yang ditransfer dari Borussia Dortmund ke Barcelona. Ia didatangkan pada 2017 lalu dengan biaya mencapai 105 juta euro atau sekitar 1,7 triliun rupiah. Harga ini terbilang fantastis mengingat ketika itu Dembele masih berusia 20 tahun. 

7. Paul Pogba (Juventus ke Manchester United), 105 Juta Euro

7 Pemain Dengan Biaya Transfer Termahal, Neymar Masih Pegang Rekor goal.com

Paul Pogba ditransfer kembali ke Manchester United dengan nilai yang sama dengan Ousmane Dembele. Paul Pogba merupakan mantan pemain termahal dunia sebelum rekor tersebut dipecahkan oleh PSG ketika mendatangkan Neymar. Manchester United mengeluarkan dana sebesar 105 juta euro untuk membawa pemain Prancis tersebut ke dalam skuad asuhan Jose Mourinho saat itu.

Nilai pasar seorang pemain yang begitu tinggi tidak menjadi hambatan bagi sebuah klub yang ingin mendatangkannya. Apalagi jika pemain tersebut sedang dalam performa terbaiknya. Klub-klub besar yang punya kekayaan luar biasa tidak ragu merogoh kocek dalam-dalam hingga memecahkan rekor transfer demi pemain yang mereka inginkan.

Walaupun tidak semua pemain mahal tersebut tampil sesuai keinginan klub tersebut. Bukan tidak mungkin, pada masa depan rekor transfer ini akan kembali dipecahkan dengan nilai yang lebih fantastis lagi.

Muhamad Fathan Qoriban Photo Writer Muhamad Fathan Qoriban

Penggemar olahraga yang hobinya menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya