Preview Man United Vs Liverpool: Ujian Mental Juara The Reds

Harus menang demi kembali ke puncak klasemen

Usai absen di pekan lalu, English Premier League (EPL) akan kembali menghibur para pecinta sepakbola Inggris mulai Jumat (22/2) malam waktu setempat atau Sabtu (23/2) dini hari waktu Indonesia barat. Pada gameweek 27 ini terdapat empat tim yang akan absen berlaga, yaitu Chelsea, Everton, Manchester City, dan Brighton & Holve Albion. Hal tersebut terjadi lantaran Chelsea dan Manchester City akan menjalani partai final Carabao Cup pada hari Minggu 24 Februari.

Meski begitu keseruan kompetisi sepakbola kasta teratas di Inggris tersebut dijamin tak akan kehilangan daya tariknya. Sebab, akan ada big match antara Manchester United melawan Liverpool yang akan berlangsung di Old Trafford.

Selain menjadi laga adu gengsi antara dua tim pemegang gelar Juara liga Inggris terbanyak yaitu MU dengan 20 gelar, dan Liverpool 19 gelar, laga ini akan menjadi ujian mental juara buat The Reds yang sedang bersaing ketat dengan Manchester City di posisi satu klasemen.

1. The Reds datang ke Old Trafford di saat yang tidak tepat

Preview Man United Vs Liverpool: Ujian Mental Juara The Redsm.sportskeeda.com

Ya, kalimat tersebut memang cocok menggambarkan performa Liverpool, yang sejak awal tahun 2019 memang mengecewakan. Hanya meraih 3 kemenangan dari delapan laga di berbagai kompetisi, performa yang inkonsisten tersebut membuat Liverpool di antaranya harus lengser dari peringkat 1 Premier League. Padahal anak asuh Jurgen Klopp ini sempat unggul 8 poin dengan peringkat kedua Manchester City.

Selain itu, The Reds juga harus tersingkir dari Piala FA usai dikandaskan sesama tim Premier League lainnya, Wolverhampton Wanderers. Bahkan sebelum menyambangi Old Trafford pun, Liverpool gagal menambah kepercayaan diri karena hanya mampu bermain imbang 0-0 dengan Bayern Muenchen di ajang Champions League.

2. Statistik buruk Liverpool di Theatre of Dreams

Preview Man United Vs Liverpool: Ujian Mental Juara The Redswww.dailymail.co.uk

Laga yang akan berlangsung di Old Trafford markas Manchester United juga akan menjadi ujian berat bagi anak asuh Jurgen Klopp. Pasalnya, secara statistik Liverpool kerap kesulitan menang melawan United jika bersua di Theatre of Dreams. Dalam 7 laga terakhir di kandang MU, Liverpool hanya bisa satu kali menang, dua imbang dan sisanya selalu kalah.

Kemenangan terakhir itu didapat The Reds saat masih dilatih Brendan Rodgers, di mana dalam laga tersebut mereka berhasil mempermalukan United dengan skor telak 0-3. Sementara pada lawatan terakhir ke Old Trafford di musim lalu, Liverpool takluk 2-1 lewat brace Marcus Rashford.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Gagalkan Liverpool Juara Liga Inggris Musim Ini

3. Performa United bersama Solskjaer sedang on fire

Preview Man United Vs Liverpool: Ujian Mental Juara The Redswww.skysports.com

Tak hanya didukung statistik buruk saat bertandang ke Old Trafford, Liverpool juga akan menghadapi United yang sedang on fire di bawah asuhan Ole Gunnar Solksjær. Sejak Solksjaer menukangi The Red Devils sejak Desember 2018 lalu, Manchester United baru mengalami satu kekalahan, yakni saat takluk 2-0 dari PSG di perdelapan final UCL beberapa waktu lalu.

Sementara di kompetisi domestik MU tampil dominan dengan memenangi 12 dari 13 pertandingan (1 laga lain berakhir imbang), dan yang teranyar mereka baru saja menyingkirkan Chelsea di 16 besar Piala FA.

4. Jurgen Klopp tak anggap laga ini sebagai penentuan juara

Preview Man United Vs Liverpool: Ujian Mental Juara The Redswww.sportsjoe.ie

Meski merupakan laga sarat gengsi, dan kemenangan akan membawa The Reds kembali ke puncak klasemen, pendapat berbeda justru muncul dari pelatih Liverpool Jurgen Klopp. Dirinya mengungkapkan bahwa ia tidak menganggap laga kontra MU sebagai penentuan siapa yang akan menjuarai liga. Baginya, perjuangan timnya untuk menjuarai liga tidak ditentukan pada satu atau dua pertandingan, melainkan berjuang hingga akhir musim.

"City dan Tottenham memiliki keuntungan karena mereka bisa mengejar dari belakang, sementara kami akan menghadapi United. Itu yang orang-orang lihat," ujar Klopp dilansir dari Skysports.

"Tapi tidak ada yang bisa ditentukan pekan ini atau pekan depan. Yang harus kami lakukan adalah berjuang hingga akhir untuk mendapatkan gelar," tambahnya.

Berikut prakiraan formasi kedua tim:

Manchester United (4-2-3-1)

De Gea - Young - Smalling - Lindelof - Young - Ander Herrera - Matic - Pogba - Mata - Alexis - Rashford

Liverpool (4-3-3)

Alisson - Trent Alexander Arnold - Virgil Van Dijk - Joel Matip - Robertson - Fabinho - Henderson - Wijnaldum - Salah - Mane - Firmino

Baca Juga: Resmi, Chelsea Dijatuhi Larangan Belanja Selama Dua Bursa Transfer 

Muhammad Fajar Rivaldi Photo Writer Muhammad Fajar Rivaldi

Mahasiswa semester akhir yang sedang hobi menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya