Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia, Jokowi Ucap Hamdalah 2 Kali

Jokowi harap Indonesia bisa menang lawan Australia

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo bersyukur Timnas Indonesia lolos ke-16 besar Piala Asia 2023. Jokowi mengaku percaya, Indonesia bisa membangun presiden sepak bola.

Jokowi kemudian mengucapkan hamdalah sebanyak dua kali.

"Alhamdulillah, alhamdulillah saya percaya kita bisa membangun prestasi sepak bola kalau kita betul-betul serius, betul-betul kerja keras," ujar Jokowi dalam pernyataannya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (26/1/2024).

Jokowi berharap, Indonesia bisa menang melawan Australia pada babak 16 besar mendatang. Dia juga mengucapkan selamat kepada PSSI atas sejarah yang terjadi.

Sebab, Indonesia baru pertama kali lolos ke fase 16 besar selama mengikuti ajang Piala Asia.

"Dan saya ingin mengucapkan selamat kepada timnas kita yang lolos 16 besar. Tentu saja selamat juga untuk PSSI ini adalah sejarah buat sepak bola Indonesia dan kita harapkan nanti dipertandingan besar yang pertama dengan Australia juga bisa memetik poin. Selamat, selamat," kata dia.

Diketahui, skuad Garuda akhirnya melenggang ke babak 16 besar lewat jalur peringkat tiga terbaik.

Kepastian ini didapat usai Oman gagal menang di laga pamungkas Grup F. Secara mengejutkan, mereka ditahan imbang Kyrgyzstan dengan skor 1-1 dalam duel yang berlangsung pasa Kamis (25/1/2024).

Kegagalan Oman otomatis memberikan karpet merah kepada Timnas Indonesia untuk melaju ke fase gugur.

Oman sejatinya tampil begitu dominan sejak peluit kick-off dibunyikan. Oman kian di atas angin untuk merebut tiket peringkat tiga terbaik dari Indonesia, setelah gol Muhsen Al Ghassani menggetarkan jala Kyrgzystan menit delapan.

Keunggulan itu kian membuat mereka bermain menyerang. Nahas, alih-alih memperlebar skor, Oman justru kecolongan. Kemenangan mereka yang sudah di depan mata mampu dibuyarkan oleh gol Joel Gojo saat duel berusia 80 menit.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia jadi negara terakhir yang memastikan tiket ke babak 16 besar.

Baca Juga: Timnas Indonesia Bersua Australia di Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya