RI Tak Lolos Fase Grup Piala Dunia U-17, Jokowi: Jadi Juara Tak Instan

Indonesia sukses jadi penyelenggara Piala Dunia U-17

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengaku tak masalah Timnas Indonesia gagal lolos di fase grup Piala Dunia U-17. Menurutnya, menjadi juara tidak bisa instan.

"Semuanya kan perlu proses, tidak bisa instan kemudian jadi juara. Saya kira paling baik semakin banyak mengikuti kompetisi, peringkat dunia akan semakin baik untuk U-17 atau U-20 kita. Sehingga, ini akan membangun masa depan sepak bola Indonesia, buka untuk sekarang, tapi sekali lagi semakin banyak kompetisi, akan semakin baik," ujar Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (4/12/2023).

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyebut Indonesia sukses sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17. Menurutnya, kesuksesan itu berdampak positif bagi persepsi sepak bola Indonesia.

"Alhamdulillah pada 2 desember 2023 yang lalu, telah selesai dilaksanakan World Cup untuk U-17, telah sukses dan penyelenggaraannya sangat baik dan ini diapresiasi oleh FIFA sebagai salah satu penyelenggaraan terbaik," ucap dia.

"Pencapaian ini merupakan kebanggaan bagi seluruh rakyat indonesia dan juga berdampak positif bagi persepsi citra Indonesia di mata dunia dan juga mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata bagi negara kita," sambungnya.

Presiden Jokowi lantas meminta PSSI untuk bisa menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2025.

"Saya telah memerintahkan kepada PSSI dan Kemenpora untuk menjajaki penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di tahun 2025 dan U-17 tahun 2025-2029, bidding bersama-sama dengan Singapura. Saya yakin indonesia dan Singapura akan dapat menjadi tuan rumah yang baik untuk kedua turnamen yang tadi saya sampaikan yaitu U-17 dan U-20," kata dia.

Baca Juga: Piala Dunia U-17 2023 Sukses, Jokowi Bidik Piala Dunia U-20

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya